Tips Lolos Seleksi CPNS 2017 Tanpa Sogokan!

Pendaftaran CPNS 2017 bakal ditutup 26 Agustus 2017. Tahap selanjutnya, tes seleksi dan interview. Ribuan orang yang mendaftar bakal jadi saingan Anda. Persiapkan diri jadi yang terbaik!

Ada tiga tes yang tergabung dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang harus dijalani pelamar seleksi CPNS 2017. Tes tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKB).

Dengan banyak pendaftar CPNS 2017 yang ditujukan untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukham), Kementerian PAN-RB pun memberikan batas penilaian (passing grade) tersendiri.

Daftar CPNS 2017

Dari 19.120 kuota lowongan yang disediakan, dibagi 1.684 untuk MA dan 17.526 untuk Kemenhukham. Untuk jadi orang yang termasuk ke dalam salah satunya, perhatikan tiga hal berikut dari KemenPAN-RB yang wajib Anda lakukan!

Lengkapi Persyaratan

Gaji yang mumpuni disertai tunjangan setiap bulan, dan jaminan masa pensiun. Tak heran jika segenap masyarakat Indonesia mendambakan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Makanya, persaingan antar pesertanya pun sengit.

Untuk itu, persiapannya harus dilakukan secara maksimal. Bukan cuma soal kemampuan dan wawasan diri saja,tapi juga kelengkapan berkas administrasi dan persyaratan dengan teliti.

Baca juga: Daftar CPNS, Pahami Dulu Tata Cara dan Persyaratannya!

Banyak pelamar CPNS yang ditolak pada tahap awal seleksi karena masalah dokumen yang tidak lengkap. Unggah seluruh dokumen sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Lamar posisi sesuai dengan kebutuhan formasi. Ingat, Anda tidak bisa berbohong mengenai latar belakang pendidikan terakhir. Anda juga tidak diperbolehkan melamar posisi yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan terakhir.

Ketahui Kisi-kisi Tes CPNS

tes seleksi CPNS 2017

Setelah Anda lolos seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah SKD. Dikabarkan langsung oleh Suwardi, Kabag Komunikasi Publik Kementerian PAN-RB, seleksi CPNS 2017 dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT).

Seluruh peserta diwajibkan lolos ambang batas yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB. Untuk lolos dalam tahapan ini peserta perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari seluruh kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh masing-masing Kementerian.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), akan dinilai terkait penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia pada keseharian. Empat pilar kebangsaan yang dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NKRI yang dimaksud adalah sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan, hingga posisi strategis Indonesia dalam hubungan kemasyarakatan dunia, dan kualitas berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga: CPNS Banyak Saingan, Bisnis Franchise Jadi Rencana Cadangan

2. Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah kemampuan verbal dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu menilai juga tentang kemampuan numerik peserta dalam perhitungan angka dan melihat hubungan antar angka-angka dan juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKB) dalam seleksi CPNS 2017 menilai integritas diri Anda. Terdiri dari semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan, orientasi bersosial serta kemampuan beradaptasi.

Sebagai CPNS, Anda juga akan dituntut untuk mampu mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, serta kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan. Menurut Suwardi, kemampuan TKP akan menguji kemampuan kerjasama dalam kelompok dan kapabilitas berkoordinasi dengan orang lain.

Pilih Posisi PNS yang Anda Inginkan

tes seleksi CPNS 2017

Jangan pikir Anda berhasil lolos menjadi CPNS setelah melewati tiga tes CPNS 2017 di atas. Untuk tahun ini, ada fase lanjutan yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang wajib diikuti oleh seluruh peserta.

Peserta yang bisa mengikuti SKB diambil berdasarkan peringkat nilai tertinggi SKD. Namun, meski nilai passing grade SKD Anda cukup, juga belum cukup menjamin posisi Anda lanjut ke tahap SKB.Kualifikasi dalam tahap ini juga berdasarkan jumlah kebutuhan jabatan yang dibutuhkan, paling banyak tiga kali dari kuota.

Baca juga: Cara Berinvestasi Rumah Kontrakan yang Tepat Sasaran

Tips terakhir, selama mengikuti proses seleksi, ada baiknya agar Anda tetap menjaga kesehatan. Tubuh yang fit dan bugar dapat membuat cara berpikir menjadi lebih cemerlang. Walau tidak dipungkiri, faktor keberuntungan juga bisa jadi salah satu penyebab Anda dapat lolos.

Apabila Anda sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah memiliki waktu untuk berwirausaha dan dapat memperoleh modal usaha dengan memanfaatkan SK Kepegawaian. Jadi, semakin bersemangat ikut dalam seleksi CPNS 2017, dong?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama