Tips Hemat Dekorasi Rumah untuk Lebaran

Ingin punya tampilan rumah baru saat lebaran? Berikut tips hemat dari KreditGoGo untuk mendekorasi rumah dengan gaya unik, tanpa harus menjebol tabungan!

Sebelum merayakan Lebaran, banyak orang merenovasi rumahnya agar mendapatkan nuansa berbeda. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan setiap tahun karena renovasi rumah butuh biaya yang tidak bisa dibilang sedikit.

Ada cara lain untuk mendapatkan tampilan rumah baru saat hari raya, yaitu dengan mendekorasi ulang. Rumah Anda akan tampak lebih indah dan nyaman untuk menyambut tamu, tanpa harus menguras isi dompet.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendekorasi ulang rumah saat Lebaran.

1. Cat Ulang Dinding Kusam dan Kotor

Mengecat ulang seluruh dinding rumah akan menghabiskan banyak biaya. Selain membeli berkaleng-kaleng cat dinding, Anda juga harus menyiapkan dana untuk menyewa jasa tukang.

Untuk mengurangi pengeluaran, Anda bisa menyiasatinya dengan mengecat hanya di area-area tertentu. Prioritaskan ruangan yang digunakan menyambut tamu, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

Cara lain berhemat adalah dengan mengecat ulang tembok-tembok yang terlihat kusam kotor, atau berjamur saja. Dengan cara ini, Anda bisa melakukannya sendiri dan tak perlu menyewa jasa tukang.

2. Ubah Tata Letak Ruangan

Mengubah tata letak ruangan juga dapat menjadikan rumah terlihat lebih segar dan berbeda. Misalnya, menggeser posisi sofa dengan lemari pajangan atau menukar letak lukisan dan foto.

Tak sekedar menukar tempat, Anda pun dapat menambahkan beberapa elemen dekorasi yang ukurannya tidak terlalu besar tapi mengubah suasana. Misalnya, meletakkan karpet berbulu dan bantal kursi di ruang keluarga, atau vas bunga di ruang makan dan ruang tamu.

3. Ganti Aksesoris Ruangan

Setiap ruangan di rumah memiliki aksesorisnya masing – masing. Misalnya, gorden di ruang tamu, taplak meja di ruang makan, serta vas bunga atau lukisan di ruang keluarga. 

Untuk membuat kesan berbeda, gantilah aksesoris pada setiap ruangan.

Percantik ruang tamu Anda dengan menggunakan gorden baru. Pilih warna cerah dan bersih, seperti putih atau hijau, Gunakan gorden yang jatuh serta panjang agar tercipta kesan luas pada ruangan.

Di ruang makan, ubah suasana dengan mengganti taplak meja. Sesuaikan warnanya dengan tatakan piring atau gelas. Jika tidak digunakan, sebaiknya kosongkan meja makan untuk menciptakan kesan rapi dan bersih.

Ruangan yang terang bisa membuat suasana lebih rileks dan luas. Jadi, jangan ragu menambahkan lampu hias di ruang keluarga Anda. Sesuaikan desain lampu dengan bentuk serta warna perabot lainnya.

4. Memasang Aromatherapy

Pasang lilin aromatherapy pada sudut - sudut ruangan untuk menciptakan suasana nyaman dan penuh kehangatan.

Agar lebih hemat, tak perlu membeli jenis aromatherapy elektrik yang mahal. Pertimbangkan jenis aromatherapy berbentuk seperti dupa atau lilin yang harganya lebih terjangkau.

Jika lilin aromatherapy masih terlalu mahal, manfaatkan saja pengharum ruangan. Dengan cara seperti ini, para tamu akan tetap merasa nyaman dan hangat saat berkunjung ke rumah Anda.

Tidak terlalu sulit kan mendekorasi rumah Anda dengan anggaran terbatas? Selamat mencoba ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama