Terbang Gratis Mencari Kopi Terbaik Di Indonesia

Saat ini, kopi bukan jadi minuman kalangan orang tua. Kopi sudah menjadi lifestyle semua orang, baik anak muda, orang tua, laki-laki, dan perempuan.

Lucky Fayoga, lelaki keturunan Jawa berusia 25 tahun ini adalah seorang atlet tenis. Lucky dipercaya pelatihnya untuk memperkuat tim Jawa Barat pada acara PORDA tiap tahunnya. Di balik kesuksesan Lucky sebagai seorang atlet, ternyata Lucky adalah seorang pengusaha. Dia memiliki sebuah coffee shop di daerah Bandung. Ketika berbincang dengan tim KreditGoGo ia sangat antusias sekali menceritakan usaha barunya ini, berikut ulasannya.

Usaha apa yang sedang Anda jalani saat ini?

Saat ini saya sedang menjalankan usaha di ranah kuliner. Akan tetapi penjualannya saya fokuskan kepada kopi yang saya beri nama Lucky Coffee. Saya juga menyediakan makanan, mulai dari makanan ringan sampai  berat.

Kenapa lebih memilih bisnis kopi ketimbang yang lainnya?

Pada saat ini, kopi bukan jadi minuman untuk para orang tua. Kopi sudah menjadi lifestyle semua orang, baik anak muda, orang tua, laki-laki, dan perempuan. Saya melihat peluang besar berbisnis kopi terutama di kota Bandung. Selain itu, kecintaan saya dengan kopi membuat diri lebih yakin untuk memulai bisnis coffee shop ini.

Apa kesulitan dalam menjalankan bisnis ini?

Selama dua tahun dalam menjalankan bisnis ini, hal tersulit yang saya alami mencari bahan baku. Saya selalu menginginkan kopi dengan kualitas terbaik di coffee shop saya, agar para pelanggan saya tidak kecewa dengan hasil yang didapatkannya. Karena itu, dalam pencarian bahan baku saya sendiri yang langsung mengurusnya. Mulai dari ke Aceh, Bali, Medan, dan daerah penghasil kopi terbesar lainnya.

Bagian sulit lainnya adalah pemasarannya. Di Bandung Selatan khususnya daerah Kopo, mayoritas warga masih terbiasa dengan kopi sachet. Mereka masih terlalu asing dengan kehadiran single coffee yang berasal dari kopi-kopi dari tiap daerah yang ada di Indonesia. Maka dari itu saya selalu menemani beberapa tamu saya untuk mengobrol, dan memberi pengetahuan tentang kopi yang ada di Indonesia. Mulai dari manfaatminum kopi, perkembangan kopi di Indonesia, mengenal jenis kopi, sampai cara mengolah kopi dari bahan dasar menjadi bubuk kopi pilihan.

Hal apa yang ingin Anda kembangkan dalam bisnis ini?

Saya ingin me-roasting kopi sendiri untuk Lucky Coffee, dimulai dari memilih green bean dari tangan petani, pengolahan dan proses menjadi biji kopi, sampai menyangrai kopi. Selanjutnya adalah menentukan setting profile dari kopi tersebut. Lalu, setelah semua berjalan mulus, saya kemudian bisa menjadi supplier dari hasil kopi yang saya rosting sendiri.

Selain berbisnis kopi, hal apa yang Anda kerjakan?

Saya sangat suka traveling. Untungnya saat ini banyak kemudahan dalam penggunaan kartu kredit yang saya miliki yang membuat semua travelling menjadi lebih mudah dan cepat. Hal tersebut sangat membantu saya dalam menjalankan bisnis ini. Dalam melakukan cupping kopi, hampir setiap bulannya saya harus ke luar kota. Pada daerah yang dikunjungi, saya akan datang ke coffee shop yang ada di sana. Selain menikmati kopi di tempat yang saya kunjungi, saya pasti bertukar pikiran dan berbagi ilmu pada barista tersebut. Dan tentunya bisa menambah relasi untuk bisnis yang sedang saya jalani ini.

Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa saya dapatkan dengan menggunakan kartu kredit ini. Karena selain bisa mendapatkan  terbang gratis saya juga bisa mendapatkan penawaran hotel sangat murah dengan menggunakan kartu kredit tersebut. Semoga saja ke depan bisnis kopi ini makin maju dan saya aka terus semangat memperkenalkan kopi Indonesia ke anak-anak muda. 

Baca juga :

Begini Bangun Bisnis Kuliner Kawula Muda yang Menggiurkan

Begini Memulai Berbisnis E-commerce

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama