Tembak Sektor Pertanian, BRI Luncurkan Kartu Tani

Dalam memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2016 lalu, Bank BRI meluncurkan Kartu Tani untuk para petani di seluruh Indonesia. Berikut ulasannya.

ari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2016 lalu diperingati di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia, HPS dimeriahkan dengan berbagai pesta rakyat atau pameran produk-produk pertanian.

Sementara itu, Bank BRI sebagai Bank BUMN yang fokus terhadap pengembangan usaha mikro termasuk sektor pertanian, memiliki cara sendiri dalam memperingati kegiatan tersebut.

Kartu Tani BRI

BRI Luncurkan Kartu Tani di Boyolali

Untuk memperingati HPS ke-36, Bank BRI dan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah meluncurkan Kartu Tani di hadapan 1.700 petani di seluruh Indonesia.

Acara yang digelar di Kota Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2016) ini juga turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Direktur Mikro Bank BRI Mohammad Irfan.

Melalui program Kartu Tani, seluruh stakeholder petani di Indonesia nantinya akan memperoleh banyak manfaat, diantaranya:

1. Subsidi yang diberikan oleh pemerintah lebih tepat sasaran,

2. Adanya informasi mengenai ketersediaan pupuk bersubsidi,

3. Informasi perkiraan jadwal panen tiap komoditas beserta sebaran wilayahnya yang lebih akurat,

4. Petani pemegang Kartu Tani akan memperoleh kemudahan dalam akses jasa layanan perbankan baik simpanan maupun pinjaman, terutama KUR dan transaksi pembelian sarana produksi pertanian serta penjualan hasil panen yang tidak menggunakan uang tunai (cashless) dan terintegrasi.

Apa Itu Kartu Tani?

Kartu Tani sendiri merupakan kartu identitas bagi petani sekaligus berfungsi sebagai kartu debit (ATM) yang diterbitkan oleh Bank BRI yang memuat database petani.

Data tersebut bersumber dari pemerintah daerah setempat yang terdiri dari data petani dengan system by name by address, data lahan, dan data komoditas.

Kumpulan data tersebut merupakan data tunggal yang dapat diakses oleh seluruh stakeholder melalui sebuah sistem yang bernama Sistem Informasi Pertanian Indonesia atau yang biasa disebut dengan SINPI.

BRI sebagai Bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar, juga telah menyalurkan KUR sebesar Rp73,04 triliun dimana 20,69 persen di antaranya diserap oleh sektor pertanian.

Dalam rangkaian acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 tersebut, Bank BRI juga melakukan pemberian bantuan CSR kepada para petani sebesar Rp209.000.000 yang diberikan oleh Pemimpin Bank BRI Wilayah Yogyakarta Andik Eko Putro, di Komplek Perkantoran Terpadu Boyolali, Sabtu (29/10/2016) lalu.

Melalui bantuan ini, Bank BRI berkomitmen untuk mendukung peningkatan produksi pertanian guna tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Boyolali.

Ini Manfaat Kartu Tani

Manfaat kartu tani

Beberapa manfaat Kartu Tani diantaranya yaitu:

1. Pemerataan Distribusi Pupuk Bersubsidi

Manfaat Kartu Tani ini adalah sebagai kartu debit yang dapat digesek pada EDC BRI yang ditempatkan di distributor pupuk di seluruh Indonesia.

Penerbitan Kartu Tani ini diharapkan dapat membantu pemerataan distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani yang berhak mendapatkannya, sehingga penyalurannya dapat tepat sasaran.

Dengan begitu, proses tanam petani tidak terganggu lagi karena kesulitan mendapatkan pupuk.

BRILink

2. Mengedepankan Edukasi Produk Perbankan

Manfaat yang dirasakan dari kerja sama ini tidak hanya dalam segi pemasaran, tetapi kerja sama ini juga mengedepankan edukasi terhadap para pelaku usaha mikro.

Dengan menggunakan Kartu Tani, para pelaku usaha mikro menjadi terbiasa untuk menggunakan produk perbankan dan peran perbankan untuk melaksanakan financial inclusion dapat terwujud.

3. Memudahkan Pemerintah Memantau Pupuk Bersubsidi

Manfaat yang sama baiknya tidak hanya dapat dirasakan oleh para petani, namun juga pemerintah, yaitu memudahkan pemantauan pupuk bersubsidi sampai dengan individu penerima subsidi.

Bank BRI menyatakan kesiapannya untuk mendukung program pemerintah yang ditujukan untuk petani.

Cara Membuat Kartu Tani

Cara membuat kartu Tani

Petani yang ingin mendapatkan Kartu Tani pun tinggal langsung mendatangi unit kerja BRI terdekat dan menyerahkan KTP.

Jika data tersebut cocok dengan server SIMPI (Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia), petani dapat langsung membuka rekening BRI dan juga mendapatkan Kartu Tani.

Produk Bank BRI Lainnya

Selain Kartu Tani sebagai kartu debit, adapun produk perbankan lainnya yang diterbitkan oleh BRI, diantaranya yaitu kartu kredit BRI, deposito, dan masih banyak yang lainnya.

Temukan produk perbankan lainnya dari bank-bank terbaik di Indonesia hanya di KreditGoGo.com.

#KartuDebit

Baca Juga: Jokowi Tetapkan 31 Oktober Jadi Hari Menabung Nasional
Inilah Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama