Tak Kalah Unik, Tradisi Lebaran di 11 Negara

Ternyata tradisi Lebaran juga dilakukan di beberapa negara lainnya. Seperti di Xinjian, China pria mengenakan jas, perempuan memakai kerudung serta baju baru. Ingin tahu yang lain?

Di Indonesia umumnya memiliki tradisi dengan melakukan perjalanan mudik, bersalaman dengan keluarga, tetangga, serta masyarakat lainnya, dan lainnya. Bahkan di Indonesia punya hari libur Idul Fitri selama dua hari penuh.Tradisi hari raya Lebaran juga dilakukan di beberapa negara lainnya.

Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, dan Brunei

Negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Brunei ternyatamenyebut hari raa Idul Fitri dengan sebutan Hari Raya Puasa atau Hari Raya Aidil Fitri. Saat Lebaran bagi mereka juga membawa arti kemenangan dan kebesaran Tuhan.

Di perkampungan, biasanya banyak masyarakat yang menghidupkan pelita atau obor. Banyak bank, perkantoran swasta ataupun pemerintahan yang tutup selama perayaan Idul Fitri hingga akhir minggu perayaan. Warganya biasamengucapkan ‘ Selamat Hari Raya’ atau ‘Salam Aidil Fitri’ dan ‘Maaf lahir dan batin’, sebagai cara menyampaikan permintaan maaf. Di Malaysia terdapat tradisi balik kampung atau mudik di Indonesia dan membagikan amplop yang disebut duit raya.

Asia Selatan (Bangladesh, India, dan Pakistan)

Di tiga negara ini malam Takbiran disebut Chand Raat atau malam bulan. Terlihat aktivitas para warga mendatangi bazar atau shopping di mal. Biasanya mereka membeli beragam keperluan untuk anak dan keluarga mereka. Terlihat para perempuan berusia muda mereka menggunakan hena serta memakai rantai warna-warni

Terdapat juga tradisi beri uang untuk anak-anak yang disebut Eidi. Pada Hari Idul Fitri mereka akan mengenakan busana baru. Banyak orang tua dan anak laki-laki pergi ke masjid atau lapangan terbuka, tradisi ini disebut Eidgah atau salat Id. Setiap muslim diwajibkan untuk membayar Zakat Fitri. Sebagian muslim juga berziarah ke makam anggota keluarga. Usai bertemu dengan keluarga dan sahabat-sahabat, mereka akan menggelar pesta dan karnaval di taman-taman dengan memasang kembang api dan petasan.

Xinjiang, Tiongkok

Pada umat muslim di Xinjiang, Tiongkok, Lebaran dimeriahkan dengan para pria memakai kopiah putih dan jas khusus. Sementara para perempuan memakai kerudung dan baju baru.

Arab Saudi

Di Arab Saudi, tepatnya di Riyadh, umat Islam menghias rumah mereka menjelang Idul Fitri datang. Terdapat berbagai perayaan yang diadakan seperti pertunjukkan teater, pembacaan puisi, parade, musik, dan sebagainya. Mereka menikmati hidangan daging domba, nasi, dan sayur.

Iran

Perayaan Lebaran di Iran kurang meriah.Hal ini disebabkan mayoritas umat Islam di sana merupakan pengikut ajaran Syiah. Mereka mempunyai tradisi usai salat Id di masjid atau lapangan, mereka melanjutkan silaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Bagi keluarga kayabiasanya akan memberikan makanan pada fakir miskin.

Turki

Di Turki, Idul Fitri disebut dengan Bayram. Lazimnya setiap orang akan saling mengucapkan ‘Bayramnz Kutlu Olsun’,‘Mutlu Bayramlar, atauBayramnz Mübarek Olsun’. SaatLebaran,warga Turki akan memakai pakaian terbaik mereka atau bayramlik. Mereka juga akan berkunjungke keluarga, tetangga, dan teman-teman. Selain itu merekaakanberziarah ke makam keluarga. Anak-anak atau yang lebih muda akan mencium tangan yang lebih tua dan menyampaikan salam Bayram. Anak-anak akan diberi cokelat, permen, dan uang kecil.

Eropa

Di Eropa, perayaan Lebaran juga tidak terlalu meriah. Misalnya saja di Inggris Idulfitri tidak diperingati sebagai hari libur nasional. Idul Fitri dirayakan secara sederhana di Inggris. Khotbah disampaikan oleh Imam masjid setempat, dilanjutkan dengan bersalam-salaman. Biasanya di salah satu area yang banyak kaum muslim, kantor,  dan beberapa sekolah akan memberikan izin satu hari libur untuk merayakan Lebaran.

Turki

Di Turki, Idul Fitri disebut dengan Bayram. Lazimnya setiap orang akan saling mengucapkan ‘Bayramnz Kutlu Olsun’,‘Mutlu Bayramlar, atau 'Bayramnz Mübarek Olsun’. SaatLebaran,warga Turki akan memakai pakaian terbaik mereka atau bayramlik. Mereka juga akan berkunjungke keluarga, tetangga, dan teman-teman. Selain itu mereka akan berziarah ke makam keluarga. Anak-anak atau yang lebih muda akan mencium tangan yang lebih tua dan menyampaikan salam Bayram. Anak-anak akan diberi cokelat, permen, dan uang kecil.

Amerika Utara

Di Amerika Utara pada umumnya umat muslim merayakan Idul Fitri dengan cara yang tenang dan khidmat. Orang Amerika Utara yang berada di wilayah timur kadang merayakan Idul Fitri pada hari yang berbeda dibanding mereka yang di bagian Barat. Pada umumnya, saat Ramadan berakhir akan diumumkan via e-mail, website, atau telepon.

Baca juga:

Tips Penting Antisipasi Arus Balik Lebaran 2016

6 Fakta Menarik Mudik Lebaran 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama