Serunya Naik TransJakarta Gratis ke Asian Games 2018, Catat Tanggalnya!

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memberikan layanan gratis saat libur nasional dan akhir pekan bagi warga yang ingin nonton Asian Games 2018. Ayo catat tanggalnya!

(Sumber foto: Tribunnews)

Tahun lalu, masyarakat Indonesia yang ingin mendukung atlet nasional secara langsung saat pertandingan Asian Games harus mengeluarkan banyak biaya karena ajang olahraga tersebut dilangsungkan di Malaysia. Kali ini, Asian Games 2018 berlangsung di dua kota di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang, dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September. Karena berlangsung di negara sendiri, mereka yang berdomisili di kedua kota tersebut tentu tidak perlu mengeluarkan uang untuk akomodasi dan semacamnya. Namun, ternyata warga Jakarta masih harus berhadapan dengan masalah lainnya: macet!

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)telah melakukan beberapa hal untuk mengatasi kemacetan Jakarta seperti menata 17 titik kemacetan di stasiun kereta, sistem pembayaran e-ticket, menyediakan lajur khusus Transjabodetabek, membatasi penggunaan motor, pengembangan Mass Rapid Transit (MRT) dan menerapkan sistem ganjil-genap. Sayangnya, sistem ganjil-genap justru menambah kemacetan pada periode Asian Games.

Sistem ganjil-genap mengatur kendaraan yang boleh melintasi beberapa jalur tertentu berdasarkan dua nomor terakhir pelat kendaraan. Kendaraan dengan nomor pelat ganjil boleh beroperasi pada tanggal ganjil, sementara kendaraan dengan nomor pelat genap beroperasi pada tanggal genap. Aturan ini resmi berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2018 dan siapa pun yang melanggar akan dikenakan sanksi.

(Sumber foto: Puskominfo Bid Humas Polda Metro Jaya)

Jalur yang dikenakan sistem ganjil-genap adalah:

  • Jl. HR Rasuna Said
  • Jl. MT Haryono (simpang UKI – simpang Pancoran – simpang Kuningan)
  • Jl. Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan – simpang Slipi)
  • Jl. Jenderal S. Parman (simpang Slipi – simpang Tomang)
  • Jl. Jenderal D.I. Pandjaitan (simpang Pemuda – simpang Kalimalang – simpang UKI)
  • Jl. Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis – simpang Pemuda)
  • Jl. Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb – Kupingan Ancol)
  • Jl. Metro Pondok Indah
  • Jl. R.A. Kartini

Sebelumnya waktu operasi jalur ganjil-genap ini adalah Senin hingga Jumat pukul 07.00-10.00 dan 16.00-20.00 WIB, saat Asian Games 2018 akan diperluas menjadi setiap hari, mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Sebagai catatan tambahan, sistem ini berlaku untuk semua kendaraan roda empat, tidak terbatas pada yang berpelat B. Wah, terbayang kan, betapa macetnya Jakarta saat Asian Games?

Bagi Anda yang ingin nonton Asian Games 2018 secara langsung tapi takut terjebak macet atau malas menyetir, ada kabar gembira! PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyediakan fasilitas gratis saat libur nasional dan akhir pekan untuk memudahkan masyarakat menuju lokasi pertandingan.

"Kami berikan layanan gratis pada hari libur nasional dan saat akhir pekan selama Asian Games. Hal ini mengingat adanya pembatasan kendaraan pribadi melalui perluasan ganjil-genap di sejumlah ruas, serta minimnya kantung-kantung parkir yang disediakan pada kawasan tersebut,"kata Budi Kaliwono, Direktur Utama TransJakarta, seperti yang dikutip dari Kompas.

Layanan TransJakarta gratis bisa Anda nikmati pada 17-19 Agustus, 22 Agustus, 25-26 Agustus serta 1-2 September 2018. “Selama Asian Games, kami menyediakan 1.750 bus bagi layanan reguler, serta layanan dengan rute khusus menuju venue pertandingan, seperti Stasiun Palmerah-Gelora Bung Karno (GBK),"lanjut Budi. Selain membantu mengurangi kemacetan, naik TransJakarta ramai-ramai dengan baju merah-putih pasti lebih seru!

(Sumber: Merdeka, Humas Polda Metrojaya, Detik, Kompas, Tribunnews, Viva, IDN Times)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama