Rekomendasi Tempat Belanja Barang Bekas berkualitas

Barang bekas bukan berarti jelek dan usang. Di Jakarta ada beberapa tempat yang menjajakan barang-barang seken tetapi kualitas masih terjamin. Dimanakah itu?

Untuk sebagian orang barang bekas dianggap sebelah mata dan sudah tidak bisa digunakan lagi. Tetapi bagi sebagian orang barang-barang yang dikenal dengan istilah kerennya preloved items ini tidak selamanya usang dan harus dibuang. Masih banyak barang bekas yang memiliki nilai yang tinggi.

Di Jakarta banyak tempat-tempat khusus yang menjual barang bekas dengan kulitas yang baik. Berikut ini adalah 5 rekomendasi tempat untuk mencari barang bekas berkualitas.

1. Pasar Poncol Senen

Pasar yang berlokasi di Jakarta Pusat ini sudah bertahun-tahun lamanya menjadi pusat belanja barang-barang bekas. Banyak barang yang dijajakan mulai dari jam tangan, aksesoris, tas, sepatu dan baju fashion bermerek. Walaupun Anda harus menyusuri lorong sempit dan gelap, Anda dapat menemukan barang-barang bekas yang tidak terduga.

Jika Anda jeli mencari mungkin dapat menemukan barang-barang antik, seperti aksesoris klasik model victoria, koper tua, tas dan dompet kulit. Untuk harga yang dijajakan jangan ditanya lagi, Anda bisa mendapatkan harga miring dengan kualitas barang yang masih baik. Harga baju dimulai dari Rp 1000 sampai Rp 100.000.

Untuk aksesori, seperti kalung, gelang, cincin, dan giwang bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 5.000 sampai Rp 150.000. Aneka jam antik dijual dengan harga Rp 400.000 sampai Rp 1,2 juta, tas dan dompet kulit Rp 10.000 sampai Rp 25.000

2. Pasar Antik Jalan Surabaya

Anda pencinta barang antik, maka tempat ini adalah lokasi yang tepat. Pasar yang berlokasi di Jalan Surabaya Menteng, Jakarta Pusat ini terdapat banyak kios-kios yang menjajakan berbagai barang vintage, mulai dari furnitur antik, barang elektronik kuno, alat masak, instrumen musik, hingga buku-buku langka.

Seperti kebanyakan pasar loak Anda harus mengandalkan ilmu menawar untuk mendapatkan harga yang miring. Harga rata-rata yang ditawarkan adalah diatar Rp 100 ribu, tergantung dari jenis barang, usia dan nilai historinya. Sebuah radio antik yang masih berfungsi, contohnya, dibanderol seharga 2,5 juta hingga 3 juta rupiah.

Pasar Barang Antik Jalan Surabaya berada tak jauh dari Stasiun Cikini. Untuk mencapai ke sana bila Anda menggunakan transportasi umum, cukup banyak bus atau Metromini yang melalui Jalan Surabaya. Seperti Metromini 49 jurusan Pulogadung-Manggarai, Mikrolet 17 jurusan Manggarai - Pasar Senen, atau bus P213 jurusan Kampung Melayu - Grogol.

3. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring berada di kawasan Mayestik, Jakarta Selatan, dulunya dikenal sebagai pasar yang menjual sepatu reject pabrik-pabrik merek besar yang beroperasi di Jabodetabek. Selain itu pasar yang terbagi menjadi dua lantai ini juga menjual aneka onderdil kendaraan dan juga peralatan olahraga, ada yang bekas, ada pula bebarapa yang baru. Walau demikian, Pasar Taman Puring didominasi oleh sepatu.

Harga sepatu di Pasar Taman Puring lebih murah jika dibandingkan dengan mall, karena sebagian sepatu dan sandal yang dijual di Pasar Taman Puring adalah barang reject. Biasanya harga sepatu dan sandal kualitas original yang dijual disana bisa berbeda Rp 300.000-Rp 500.000 per pasang dengan harga sepatu di mall.

4. Pasar Ular Pelumpang

Di Jakarta Utara, Jalan Pelumpang Raya, Koja ada namanya Pasar Ular. Pasar ini tidak menjual berbagai jenis ular melainkan menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang sangat murah. Mulai dari baju, sepatu, tas, dompet, kacamata, jam sampai topi. Di Pasar Ular, Anda akan menemukan 200 kios yang ditata berhadapan di sebuah lorong sempit.

Barang-barang yang dijual rata-rata merupakan barang sisa ekspor yang dibawa oleh para anak buah kapal, sehingga barang yang dijual bukan barang-barang bekas melainkan barang baru dan masih bersegel.

Harga barangnya pun bervariasi, jika Anda pintar menawar, Anda dapat membawa pulang barang berkualitas bagus dengan harga yang miring. Seperti kemeja dengan harga Rp 80000, dress Rp 50000, celana jeans Rp 50000-Rp 100000 dan masih banyak lagi.

5. Pasar Rumput Manggarai

Jika Anda mencari sepeda bekas, ataupun pekakas kamar mandi bekas tetapi berkualitas Pasar Rumput tempatnya. Pasar Rumput berlokasi di Jl. Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan. Anda akan menemukan beragam dagangan mulai dari closet, kursi roda, tongkat (alat bantu jalan), raket tenis, sepeda dan masih banyak lagi.

Harga yang dipatok pun pasti murah, Kloset merek toto atau american standard hanya dihargai Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribuan, masih bisa nego. 5 rekomendasi tempat ini dapat Anda masukan dalam daftar tempat belanja yang ingin didatangi di liburan nanti.

Baca juga: Perbedaan Harga Antara Pasar Tradisional dengan Pasar Modern

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama