Presiden Jokowi: Ganti Raskin dengan Voucher Belanja

Tahun 2017 nanti bantuan sosial raskin akan diganti dengan voucher belanja. Banyak keuntungan lebih yang bisa dirasakan, masyarakat akan mendapat kebutuhan pokok yang lebih lengkap.

Presiden Joko Widodo mengganti program pemberian beras untuk masyarakat miskin atau raskin dengan voucher belanja. Masyarakat miskin tak hanya mendapat beras saja tetapi bisa beli bahan makanan pokok lainnya.

Jokowi mengatakan, dengan voucher belanja ini, masyarakat tak mampu tidak hanya akan mendapat karbohidrat dari beras saja, voucher belanja bisa digunakan untuk membeli telur, atau bahan pokok lainnya di pasar dan toko.

Masyarakat yang belum sejahtera bisa memiliki banyak pilihan, mereka dapat membeli berbagai kebutuhan pokok di pasar atau toko dengan kualitas yang lebih baik dan bisa dapat nutrisi yang lebih seimbang.

Mekanisme Pengantian Voucher Belanja

Penggunaan voucher belanja ini ditargetkan mulai berlaku awal 2017 di beberapa daerah di Indonesia. Sementara tahap uji coba akan dilakukan pada Agustus-September 2016 di delapan kota/kabupaten seperti Medan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Bogor, Surakarta, Malang, Sidoarjo dan Makassar.

Moda transaksi voucher belanja ini rencananya menggunakan kartu serta fasilitas Komunikasi Jarak Dekat (NFC) di telepon pintar untuk penukaran kebutuhan pangan. Pengelolaan dana voucher belanjanya akan diatur oleh sejumlah bank BUMN seperti BNI, BRI, Mandiri, BTPN dan BPD Jateng serta perusahaan telekomunikasi PT Telkomsel.

Presiden Joko Widodo berharap sejumlah warung kecil dapat diberdayakan menjadi agen penukaran kupon digital (e-voucher) bantuan pangan pengganti program beras untuk keluarga miskin (raskin). 

Dengan memberdayagunakan warung-warung kecil maka pemerintah turut andil dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masyarakat.

Voucher Cara Hemat dalam Berbelanja

Voucher memang sering digunakan dalam bertransaksi ketika berbelanja di supermarket dan pasar modern lainnya. Ini bisa menjadi cara ampuh dalam menghemat anggaran belanja Anda. Saat ini Anda dapat membeli voucher melalui website seperti Lakupon, GroupOn dan LivingSocial.

Ataupun Anda juga bisa mendapatkan gratis voucher belanja dari kartu kredit. Voucher bisanya dijadikan hadiah menarik dalam penawaran pengajuan kartu kredit. Jadi ketika mengajukan kartu kredit, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis voucher belanja dalam jumlah tertentu apabila pengajuan kartu kredit disetujui.

Salah satu yang memberikan voucher menarik ketika pengajuan kartu kredit adalah bank HSBC. Jika mengajukan Kartu Kredit HSBC, Anda akan mendapatkan voucher belanja gratis hingga Rp1,5 juta untuk belnaja online di Blibli.

Untuk Kartu Kredit HSBC Utama yang disetujui, Anda akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  • Signature: Voucher belanja Blibli senilai Rp 1.500.000,-
  • Platinum: Voucher belanja Blibli senilai Rp 1.000.000,-
  • Gold: Voucher belanja Blibli senilai Rp 500.000,-

Selain voucher belanja online, khusus untuk pengajuan Kartu Kredit HSBC melalui KreditGoGo Anda bisa mendapatkan voucher belanja sebesar Rp1 juta dari MAP. Voucher MAP adalah voucher belanja yang dikeluarkan oleh PT. Mitra Adi Perkasa Indonesia, dan bisa dibelanjakan di toko-toko yang bergabung dalam perusahaan tersebut.

Anda bisa berbelanja di departemen store merchant MAP dseperti Sogo, Seibu, Debenhams dan Lotus/Java. Untuk yang suka fashion voucher belanja MAP bisa digunakan di banyak merek ternama seperti Dorothy Perkins, TopMan, TUMI, Warehouse, ZARA, dan lain sebagainya.

Kalu ingin berbelanja makanan Anda bisa menggunakan voucher belanja MAP, di Starbucks, Pizza Marzano, Burger King, Cold Stone, Domino’s Pizza, Food Hall, Chatterbox, Spicegarden, dan Courtyard.

Jadi, jangan ragu untuk ajukan kartu kredit online di KreditGoGo, ada banyak pilihan produk kartu kredit dari bank - bank ternama di Indonesia, dan raihlah untung lebih banyak!

Baca juga:
Nikmati Keuntungan Berbelanja dari HSBC Platinum
Memaksimalkan Kartu Kredit Saat Belanja

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama