Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

Tergiur gurihnya keuntungan bisnis sampingan boleh dan hal yang wajar. Tetapi, persiapan adalah hal yang penting, pikirkan dahulu matang-matang sebelum memulainya.

Ketika kebutuhan meningkat dan penghasilan tidak mencukupi binis sampingan sering dijadikan sebagai cara untuk menambah pemasukan. Kebanyakan orang yang melakukan bisnis sampingan adalah karyawan ataupun ibu rumah tangga.

Contoh bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan yaitu bisnis online, bisnis kuliner, jual pulsa elektronik, buka kos-kosan dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu repot mengurusnya setiap hari dan pendapatan yang dihasilkan juga lumayan besar.

Tetapi dalam memulai sebuah bisnis sampingan terdapat hal-hala yang perlu diperhatikan agar nantinya bisnis yang dijalankan lancar dan sukses. Berikut ini adalah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai bisnis sampingan.

1. Modal Usaha

Modal merupakan hal utama yang harus Anda pikirkan, sebab tanpa modal mustahil sebuah bisnis bisa berjalan. Tentukanlah berapa jumlah modal usaha yang Anda butuhkan. Buatlah semacam kalkulasi untuk pengeluaran yang diperlukan.

Dengan mengetahui besar kebutuhan modal akan lebih baik karena kita telah memperkirakan pengeluaran awal dan biaya operasiomal usaha, sehingga Anda tidak keteteran dalam mengatur keuangan bisnis nantinya

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan sejumlah modal, cara paling mudah adalah dari tabungan yang sudah Anda persiapkan. Cara lainnya adalah bisa dengan meminjam dari sahabat, kerabat ataupun keluarga.

Tetapi cara ini terkadang dapat membebani Anda dan bisa saja merubah hubungan baik jika terjadi kesalahan dikemudian hari. Selain itu Anda juga bisa mencoba mengajukan pinjaman dari bank.

2. Pilihan Usaha yang Tepat

Memilih jenis usaha yang tepat untuk bisnis sampingan yang akan dijalankan memerlukan pertimbangan yang matang. Anda tidak dapat menjalankan sebuah bisnis tanpa mengetahui jenis bisnis apa yang paling cocok dengan Anda, dan sebarapa jauh Anda pahan dengan bidang tersebut.

Jadi sebaiknya pilihlah jenis bisnis yang memang Anda kuasai. Usaha sampingan adalah tempat dimana Anda berinvestasi bukan jadi ketahuilah dahulu mengenai bisnis yang akan dijalankan secara luar dalam. Agar jika sewaktu-waktu terdapat masalah Anda dapat menghadapinya dengan baik.

Dalam memilih usaha sampingan sebaiknya pilihlah bidang yang paling Anda sukai. Sebuah usaha dikatakan tepat jika sejalan dengan hati dan pemikiran pemilik usaha tersebut. Maka dari itu Anda harus mempertimbangkan dengan baik segala aspek mengenai bidang usaha yang akan dijalankan.

3. Survei Produk

Setelah Anda menentukan jenis bisnis sampingan yang ingin dijalankan tidak ada salahnya untuk melakukan survei produk apa saja yang akan dijual. Cari tahu produk apa yang sedang ngetren saat ini dan akan terus dicari sepanjang masa.

Menjual produk yang sulit untuk dijual malah akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan baik atau sulit berkembang. Lakukan riset untuk mengetahui produk apa yang lebih banyak diminati. Misalnya, untuk bisnis sampingan di bidang fashion, Anda bisa melihat tren mode saat ini.

4. Pemasaran

Teknik memasarkan produk juga harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha sampingan. Pemasaran memegang peranan penting untuk menunjang keberhasilan bisnis sampingan. Saat ini banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pemasaran bisa secara langsung atau melalui internet.

Anda bisa membuat promosi menarik ataupun iklan di internet agar masyarakat lebih mengenal produk yang Anda jual. Cara pemasaran yang bisa digunakan adalah secara online, memanfaatkan gadget, pemasangan iklan, secara konvensional, ataupun menggunakan sales.

5. Sistem Keuangan

Pengelolaan sistem keuangan pun tidak boleh luput dari perhatian Anda dan harus dipikirkan dengan baik. Sebaiknya pisahkan dengan keuangan pribadi, agar mudah dalam mengontrolnya. Anda bisa membuat dua rekening yang berbeda, yang satu untuk binis dan satunya lagi untuk pekerjaan dan pribadi.

Dengan rekening terpisah, Anda akan lebih mudah memeriksa aliran masuk dan arus uang ke luar. Selain jika rekening pribadi dan bisnis digabung secara otomatis pencatatan keuangan pribadi dan bisnis pun digabung, itu membuat perencanaan untuk mengembangkan bisnis akan lebih sulit dilakukan.

Nah, itulah 5 hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum Anda memulai bisnis sampingan. Selain 5 hal di atas mungkin masih banyak lagi hal yang perlu dipikirkan, karena membuka sebuah bisnis membutuhkan pemikiran yang matang.

Baca juga: 5 Cara Cari Uang Tambahan dengan Cara Sederhana

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama