Penting, Cek 5 Hal di Kendaraan Sebelum Mudik

Mudik dengan kendaraan pribadi banyak dilakukan oleh beberapa orang yang ingin merayakan lebarannya di Kampung Halamannya. Usahakan, untuk melakukan pengecekan kembali terhadap kendaraan pribadi yang akan digunakan.

Melakukan servis ketika akan bepergian jarak jauh dengan mobil Anda itu wajib dilakukan. Tentu sangat tidak menyenangkan apabila melakukan perjalanan, namun saat di tengah jalan terhambat karena kendaraan yang ditumpangi mengalami gangguan. Makanya, sangat di anjurkan untuk mengunjungi bengkel langganan agar perjalanan berjalan lancar. Nah, yang Anda perlu ketahui yaitu beberapa fungsi di kendaraan yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

Roda Mobil

Perhatikan kelayakan roda mobil apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Misalnya saja ban mobil gundul atau botak karena tidak pernah di ganti serta tidak mengalami kelayakan. Jangan lupa juga untuk memastikan tekanan angin apakah sesuai dengan tumpangan atau berat muatan. Perlu diingatkan juga periksa kembali ban cadangan, jika di tengah perjalanan terjadi sesuatu Anda bisa dengan mudah mengganti roda mobil tersebut dengan ban cadangan.

Lampu

Bagian lampu di mobil ketika akan melakukan perjalanan jauh juga perlu diperhatikan. Apabila lampu di bagian depan mobil sudah kelihatan redup segeralah untuk mengganti lampu tersebut. Alasannya karena lampu sangat berfungsi ketika mobil melakukan perjalanan di malam hari. Risiko kecelakaan akibat lampu yang tidak terlalu menyala sangat mungkin terjadi.

Rem

Nah kalau yang satu ini tentu tidak boleh terlewatkan, perhatikan kanvas  rem di bagian mobil. Jika terasa masih bagus dan juga tebal cukup hanya dibersihkan dari kotoran. Namun, jika terasa tidak memungkinkan lebih baik ganti kanvas rem dengan yang baru. Masalahnya, semua kualitas rem yang kurang baik akan berpengaruh dalam pengereman. Usahakan untuk menyiapkan segala peralatan dan juga lakukan agar fungsinya berjalan semestinya.

Tune Up dan Ganti Oli

Tune up sangat perlu dilakukan apabila melakukan perjalanan jarak jauh apabila menggunakan kendaraan pribadi. Dengan melakukan tune up, mobil bisa kembali ke setingan awalnya lagi. Maka dari itu sungguh diperlukan melakukan tune up supaya saat ditengah perjalanan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja mogok, percayalah hal ini akan merugikan waktu tempah anda. Terlebih lagi jika hal itu terjadi di tengah kendaraan dalam lalu lintas yang macet. Tentunya hal ini akan merugikan orang lain juga.

Air Radiator

Periksa kembali air radiator di kendaraan Anda. Usahakan untuk tetap terjaga dan penuh, karena dalam perjalanan jarak jauh suhu mesin mobil akan meningkan dan mengakibatkan cepat panas. Makanya air radiator memungkin akan cepat habis. Apabila hal ini terjadi mobil bisa mengeluarkan dan dan memungkinkan terjadi korsleting hingga mengeluarkan asap.

Dari beberapa hal yang sudah disebutkan tadi, perlu juga memperhatikan bahan bakar kendaraan (bensin). Sangat tidak menyenangkan apabila mobil harus berhenti di tengah jalan akibat kekurangan bensin. Nah, jika tidak memiliki uang tunai, Anda tidak perlu ragu untuk mengisi ulang bahan bakar kendaraan menggunakan kartu kredit Danamon. Selain itu, Anda juga berhak mendapatkan cashback 5% yang akan terlihat di biaya tagihan. Perlu diingat cashback 5% untuk pembelian bahan bakar kendaraan hanya berlaku bagi untuk kartu kredit Classic,Gold, dan Platinum. Namun, bagi Anda yang belum menggunakan kartu kredit, KreditGoGo bisa membantu Anda untuk mengajukan pengajuan kartu kredit secara mudah. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

Baca Juga : 
3 Alasan Mudik Lebih Irit dengan kendaraan Pribadi
5 Tips Menghemat BBM Ketika Liburan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama