Pemilihan Presiden AS Pengaruhi Lonjakan Harga Emas Dunia?

Pemilihan Presiden AS yang akan digelar 8 November 2016 diperkirakan tidak hanya mempengaruhi perekonomian AS saja namun juga harga emas dunia. Siapapun pemenangnya, harga emas akan semakin mahal.

Pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016 ini masih menyisakan ketidakpastian karena keduanya masih memiliki kemungkinan menang yang sama.

Siapapun yang terpilih menjadi presiden pada awal pemerintahannya akan ada dampak Fiscal Cliff atau jurang fiskal terjadi di AS yang akan menyeret seluruh ekonomi dunia dalam pusaran ketidakpastian.

Hal ini ditimbulkan oleh para pelaku pasar yang masih melihat kebijakan-kebijakan perekonomian dengan pemimpin yang baru.

Kemenangan Donald Trump

Kendati demikian, dalam riset yang ditulis oleh Bloomberg yang dilansir dari situs Kontan, Chief Precious Metals Analyst HSBC James Steel mengatakan bahwa kemenangan Donald Trump dari Partai Republik yang paling menyokong laju emas dibanding kemenangan Hillary Clinton.

Di luar semua itu, HSBC memprediksi, harga emas akan melompat 8% terlepas dari siapa pun yang memenangkan pemilu.

HSBC juga memprediksi, jika Trump memenangkan pemilu kali ini, harga emas dapat melompat ke posisi US$1.500 per troy ounce. Sementara, jika Clinton menang, harga emas akan melaju ke US$1.400 per troy ounce pada akhir tahun.

Melihat fenomena ini, tidak ada salahnya Anda mulai berpikir untuk berinvestasi emas. Berikut ini adalah beberapa bentuk investasi emas.

Harga emas melonjak

Perhiasan dan Koin Emas

Biasanya perhiasan menjadi primadona di kalangan kaum hawa. Perhiasan, selain untuk investasi, biasanya digemari karena bisa menjadi aksesoris juga. 

Sedangkan koin emas sangat bernilai dalam investasi, terutama koin emas yang langka. Namun, sebenarnya investasi macam ini memiliki keuntungan yang sedikit.

Emas Batangan

Investasi emas batangan memberikan tingkat keuntungan dan dan rasa aman yang lebih tinggi. Investasi dan membeli emas batangan lebih terjamin karena akan diberikan sertifikat keaslian yang didalamnya memberikan informasi mengenai nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya.

Jenis emas batangan bagi sejumlah ekonom dinilai sebagai yang terbaik untuk investasi. Pasalnya, di manapun dan kapan pun Anda ingin menjual, nilainya akan mengikuti standar internasional. Selain itu, emas batangan tidak memerlukan ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan.

Emas Voucher

Bentuk investasi emas yang satu ini bisa jadi andalan bagi Anda yang masih mengalami kendala dana. Jika Anda belum mempunyai dana yang cukup, Anda bisa membeli emas dengan menggunakan emas voucher.

Emas voucher ini terdiri dari 3 jenis pilihan nominal yang berbeda, mulai dari Rp110.000, Rp220.000, hingga Rp550.000. Anda bisa membeli emas dengan dana awal yang minim, dimulai dari Rp110.000.

Setelah itu, Anda bisa top up dengan nominal voucher yang tersedia hingga mencapai harga emas sesuai dengan keinginan. Memudahkan Anda dalam berinvestasi bukan?

#InvestasiEmas

Baca juga:
Intip Berbagai Bentuk Investasi Emas yang Menguntungkan
Beragam Keuntungan Investasi Emas yang Harus Anda Coba

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama