Pembantu Pengganti, Asisten yang Tak Tergantikan di Pasca Lebaran

Di bulan biasa, kita biasa dibantu oleh asisten rumah tangga. Tapi di masa Lebaran, si asisten rumah tangga harus mudik ke kampung halaman. Aduh susahnya cari pengganti si mbak!

Anda termasuk salah satu keluarga yang memiliki asisten rumah tangga di rumah? Jika iya, percaya deh, pasti di musim libur Lebaran ini pembantu rumah tangga (sekarang istilah tersebut lebih dikenal “asisten rumah tangga”) pasti mudik untuk pergi menemui keluarga tercintanya di kampung halaman. Nah salah satu kesulitan yang pasti anda hadapi, di mana ya cari pengganti si mbak?

Salah satunya adalah pembantu pengganti atau pembantu infal.

Apa itu Pembantu Infal?

Pembantu infal, atau lebih dikenal asisten rumah tangga pengganti, adalah asisten rumah tangga yang tugasnya mengganti asisten rumah tangga kita sebelumnya. Ketika mau masuk pekan Lebaran, biasanya asisten rumah tangga akan meminta cuti untuk pulang ke kampung halaman. Di satu sisi, Anda harus siapkan keuangan yang lebih untuk pembantu yang mudik itu. Di sisi lain, Anda juga harus menambah isi dompet untuk membayar pembantu infal sebagai penggantinya.

Jasa pembantu pengganti atau pembantu rumah tangga sementara ini selalu marak menjelang Lebaran. Bahkan ketika Lebaran usai pun, pembantu infal memang masih dibutuhkan kala pembantu yang biasa mengurus rumah memang sedang mudik di kampung halaman.

Berapa sih dana membayar pembantu pengganti?

Menurut penelusuran Mbah Google, jasa pembantu infal tahun 2014 bisa berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Dan itu per hari lho! Jadi jika dihitung-hitung, jika bekerja selama 15 hari kerja dengan upah 200.000/hari, si pembantu infal bisa meraih keuntungan Rp 3.000.000. Atau paling kecil jika 100.000, maka selama 15 hari kerja bisa mendapat Rp 1.500.000. Sedangkan pembantu biasanya, upah tersebut didapatkan untuk satu bulan kerja.

Tapi jangan salah, umumnya pembantu pengganti tersebut memiliki pengalaman minimal 5 (lima) tahun sebagai asisten rumah tangga. Itu yang bikin honor mereka mahal. Karena harga yang ditawarkan dihitung berdasarkan pengalaman tenaga infal, maka jangan heran. Semakin berpengalaman maka harganya pun semakin tinggi. Itu sebabnya hampir sebagian besar tenaga pengganti pembantu tidak ada yang pemula.

Dan satu lagi, tenaga pembantu pengganti ini rata-rata minimal harus 15 hari masa kerja di rumah. Jadi kalau Anda cuma ingin dilayani seorang pembantu infal selama seminggu, mending Anda urus rumah sendiri kan? Anggap saja Anda berolahraga selama seminggu di rumah sendiri; mencuci baju, mengepel lantai, bahkan bersih-bersih. Hehehe…

pembantu infal

Ibarat keluarga yang sangat dibutuhkan

Bagi orang urban, khususnya di kota-kota besar, pembantu infal ibarat anggota keluarga yang memang dibutuhkan. Apalagi jasa mereka memang dibutuhkan untuk membantu keluarga urban yang memang supersibuk. Tapi jangan salah, jangan terlalu menggantungkan kepada mereka untuk hal-hal sepele. Melakukan sendiri di rumah sebenarnya bisa menjadi keasyikan tersendiri jika Anda senang beres-beres rumah. Misalnya bikin kue. Jangan gantungkan keahlian membuat kue hanya dari pembantu rumah tangga. Coba bikin sendiri, dan lakukanlah bersih-bersih rumah sendiri setelah itu.

Jika aktivitas itu masih kurang repot, coba cuci pakaian kotor sendiri dan jemur. Berpikirlah selayak Anda sedang berolahraga kalau mengepel lantai.

Tapi bukan hanya itu, istilah “infal” juga ada pada pengasuh bayi. Itu disebut babysitter infal. Profesi ini juga berfungsi sama seperti pengasuh pengganti. Bedanya, yang diurus adalah bayi. Memang ada umur tertentu yang bisa cocok diasuh.

Profesi ini umumnya hanya menggantikan pengasuh anak yang sebelumnya mudik. Mengenai harga, babysitter infal ini umumnya lebih mahal dari sebelumnya. Itu karena mereka masih perlu waktu menyesuaikan diri dengan watak si anak yang diasuh.

Berbagi berkah, tidak ada salahnya kan?

Jika Anda berpikir bahwa menjadi pembantu infal itu bisa meraup upah besar dalam waktu singkat, coba dipikir lagi deh. Mereka itu sebenarnya rela tidak mudik ke kampung halaman, iklas tidak bertemu keluarga tercinta. Itu karena mereka juga ingin mencari uang tambahan untuk keluarga di kampung halaman. Sebagian besar pembantu pengganti memang rela tidak berlebaran, dan itu dilakukan dengan iklas.

Apalagi jika keluarga Anda membutuhkan tenaga mereka. Pantaslah jika dibayar dengan sedikit lebih mahal. Terlepas dari banyaknya kontroversi bahwa pembantu infal ini memang ingin mencari uang sebanyak-banyaknya, toh tidak bisa dipungkiri, tenaga mereka memang dibutuhkan.

Nah kalau memang pembantu infal memiliki jiwa kejujuran, cermat bekerja, dan teliti, serta ramah, tidak ada salahnya kita membayar mereka sedikit lebih mahal.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama