Paspor Hilang? Inilah Cara Mengurusnya

Pospor menjadi dokumen penting ketika Anda bepergian ke luar negeri. Namun apa yang terjadi jika paspor itu hilang? Berikut kami rangkum cara-cara mengurusnya.

Kehilangan dokumen seperti paspor bisa saja terjadi pada setiap orang. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Jadi bagi orang yang sering berpergian ke luar negeri paspor adalah dokumen penting yang wajib ada. Jika Anda mengalami kehilangan paspor, jangan panik. Hal ini bisa diurus kok, caranya pun mudah, Anda bisa menempuh langkah-langkahnya dibawah ini.

Syarat dan Ketentuan Mengurus Paspor Hilang

Untuk mengurus paspor yang hilang ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan. Pada umumnya syaratnya sesuai dengan permohonan paspor baru seperti berikut ini:

1. Bukti domisili,

2. KTP,

3. Kartu Keluarga, akta kelahiran/ ijazah, akta perkawinan/ surat nikah/ surat baptis (bagi umat Kristiani),

4. Bukti kewarganegaraan Indonesia, surat keputusan ganti nama, rekomendasi (bagi pemohon yang berstatus karyawan/ PNS/ ABRI), dan buku pelaut, PKL, crew list (bagi ABK)

Sesuai mekanisme dan prosedur, ada beberapa ketentuan untuk mengajukan permohonan paspor duplikasi (penggantian) paspor baru. Di antaranya:

1.Membuat laporan kehilangan paspor kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia atau pihak yang berwenang apabila anda berada di luar negeri.

2.Apabila paspor hilang, diminta agar segera melapor ke Kantor Imigrasi dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian.

3.Penggantian paspor yang hilang, dilaksanakan setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.

4.Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima,pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua) tahun.

5.Apabila paspor hilang/rusak di luar negeri, laporlah segera kepada Perwakilan RI di luar negeri.

Baca juga: Sering ke Luar Negeri? Yuk, Manfaatkan Fitur Keamanan Kartu Kredit

Cara Mengurus Paspor Hilang

Setelah Anda mengetahui syarat dan ketentuannya maka berikut ini adalah cara mengurus paspor yang hilang. Dalam mengurus paspor yang hilang prosedurnya berbeda dengan membuat paspor yang baru. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Membuat laporan kepolisian tentang kehilangan paspor ke kantor kepolisian terdekat jika paspor anda hilang atau pihak yang berwenang jika anda berada diluar negeri. Selain itu laporkan juga kehilangan paspor tersebut ke Kedutaan Besar negara yang pernah memberi visa kepada Anda.

2. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan berita acara pemeriksaan.Anda bisa mendatangi Kantor Imigrasi tempat Anda berdomisili dengan membawa berkas seperti foto kopi KK, KTP, akte lahir, dan surat nikah.

3. Setelah berkas tersebut di serahkan di loket, petugas akan memberitahukan Anda untuk datang kembali melakukan wawancara. Anda akan menghadap pejabat Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) dan membuat BAP. Biasanya Anda akan diminta datang 3 hari kemudian.

4. Pada saat wawancara Anda akan ditanyakan kenapa paspor bisa hilang atau rusak. Jika alasan yang Anda kemukakan diterima, Anda akan mendapatkan dokumen BAP untuk dibawa ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM.

5. Selanjutnya di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM, berkas Anda akan diproses dan jika disetujui, Anda akan diberikan surat persetujuan untuk penggantian paspor hilang kepada Kantor Imigrasi.

6. Lalu anda Kembali ke Wasdakim imigrasi dengan membawa surat persetujuan,biasanya kita akan diberikan slip untuk bayar denda dan biaya paspor baru. Pembayaran biaya denda dilakukan melalui Bank BNI.

Setelah menyelesaikan pembayaran biaya denda dan biaya pembuatan paspor baru Anda kembali ke Kantor Imigrasi untuk mengambil nomor antrean foto dan wawancara untuk pembuatan paspor baru.

Biaya Pengurusan Paspor Hilang

Biaya pengurusan paspor yang hilangdisesuaikan dengan jenis paspor dan penyebab kehilangannya. Untuk paspor RI 48 halaman yang hilang/rusak karena kelalaian, biayanya Rp 455.000.

Untuk paspor RI 48 halaman yang hilang/rusak karena bencana, biayanya Rp 255.000. Untuk paspor RI 24 halaman yang hilang/rusak karena kelalaian, biayanya Rp 155.000. Untuk paspor RI 24 halaman yang hilang/rusak karena bencana, biayanya Rp 105.000.

Paspor adalah dokumen yang penting jadi Anda harus berhati-hati, walaupun begitu kemungkinan kehilangan paspor tetap saja ada, dan jika itu sampai dialami, Anda tidak perlu pusing lagi karena Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah diuraikan di atas.

Baca juga: Ingin Dapat Tiket Pesawat Gratis? Ini Caranya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama