Mengenang Kembali 10 Jajanan Khas Tahun 90-an

Apa saja jajanan yang pernah kamu makan di tahun 90-an? Berbeda dengan jajanan zaman sekarang, dahulu harganya jauh lebih murah dan rasanya betul-betul bikin kangen.

Ada yang bilang bahwa generasi 90-an adalah salah satu generasi terbaik yang pernah ada. Tentu saja Anda yang sudah berusia 20-30 tahunan, menyadari betul betapa indahnya hidup di masa itu. Mulai dari tren fashion, lagu favorit hingga jajanan yang tidak akan pernah terlupakan.

Bagi Anda generasi yang pernah merasakan era 90-an (1990-1999) tentu akan mudah mengingat beragam jajanan yang saat itu ramai dikonsumsi anak-anak. Selain dulu harga makanan ringan masih sangat murah, jajanan ini pun sudah sulit ditemukan sekarang. Berganti dengan jajanan modern yang makin bervariasi.

Untuk mengenang masa-masa itu mari kita lihat kembali daftar jajanan khas 90-an yang sering Anda makan waktu itu, berikut ini adalah daftarnya:

1. Anak Mas

Ini dia salah satu jajanan yang paling laris di era 90-an. Cara makan mie kering ini yaitu harus diremas, lalu dicampur dengan bumbu. Dahulu musadh sekali mendapatkan jajanan ini di warung-warung.

Namun, sekarang sudah mustahil mendapatkannya karena tidak ada lagi yang menjual, karena memang sudah tidak diproduksi lagi. Dulu jajanan Anak Mas harganya kisaran 500-an rupiah, dan ada dua varian rasa yaitu keju dan ayam bawang.

2. Permen Jagoan Neon

Dahulu kalau habis makan permen ini lidah Anda akan berubah jadi biru. Jika Anda ingat kembali dengan permen satu ini pasti akan tertawa, gara-gara permen ini akan membuat Anda berbuat konyol.

Contohnya yaitu setelah makan permen ini Anda akan pamer lidah yang menjadi biru ke teman-teman. Lidah kamu bisa berubah warna jadi merah, hijau, oranye, atau biru! Yang menjadi favorit anak-anak waktu itu adalah warna biru.

3. Gulali Rambut Nenek

Tekstur gulali ‘rambut nenek’ ini menyerupai helaian-helaian rambut dan biasanya berwarna pucat seperti rambut nenek yang telah memutih. Biasanya, gulali rambut nenek berwarna krem, merah muda, dan hijau, dan diapit oleh sejenis kerupuk yang bertekstur renyah.

Sampai sekarang jajanan ini sebenarnya masih ada, namun memang sangat sulit dijumpai karena sudah jarang yang menjualnya.

Baca juga: Mahalnya Harga Makanan Indonesia di Luar Negeri

4. Harum Manis

Harum Manis atau juga sering disebut permen kapas. Cara membuatnya pun menggunakan mesin. Gula pasir diletakkan ditengah-tengah mesin, kemudian dipanaskan dengan api sambil diputar hingga tercipta jaring-jaring kapas.

Jaring-jaring kapas ini kemudian dililit dengan tangkai kayu hingga cukup besar lalu dibungkus dengan plastik. Harum Manis biasa dijual di sekolah-sekolah atau pada saat pasar malam. Sampai sekarang pun masih ada yang menjual khususnya di taman bermain.

5. Es Serut

Es ini menjadi favorit banyak anak-anak. Parutan es, kemudian dicetak dalam wadah, disajikan dengan siraman macam-macam sirup dan susu kental manis. Meski terlihat sangat sederhana, ternyata seru sekali loh menyeruput es serut ini di siang hari setelah pulang sekolah atau ketika selesai bermain sepakbola bersama teman.

6. Permen Karet Yosan

Permen karet ini sangat populer dan paling disukai apalagi mananti-nanti untuk mengumpulkanm semua huruf yang ada pada setiap bungkusnya. Apabila Anda ingat dulu permen karet ini ada semacam undian berhadiah gitu?

Jadi di setiap bungkus ada satu huruf dari kata “y-o-s-a-n”. Kemudia kita akan berlomba-lomba untuk menyusus semua huruf disatuin menajdi satu kata jadi yosan. Tetapi herannya sudah beli banyak tidak pernah menang, konon katanya satu huruf terakhir, "N" memang tidak pernah ada!

7. Coklat Payung

Siapa yang tidak kenal permen payung yang nge hits ini? Permen ini dikemas dengan bentuk seperti payung dan dibungkus dengan pembungkus yang lucu. Ketika dibuka, Anda bisa menikmati coklat yang lezat.

8. Cokelat Jago

Ini juga salah satu coklat yang paling disukai anak-anak dahulu. Bentuknya batangan dengan rasa manis yang ngangenin. Karena coklat ini juga, terus banyak muncul produk-produk serupa dan rasanya tidak jauh beda.

9. Gulali Lolipop

Bentuknya sama dengan permen lollipop, namun bedanya gulali ini bisa dibentuk macam-macam tidak hanya bulat saja. Ada bentuk seperti ayam, bunga dan balon tiup. Biasanya gulali ini hadir dalam dua warna: merah dan hijau, atau kombinasi antara keduanya.

10. Chiki Balls

Jika saat ini sudah banyak jenis makanan ringan seperti chiki balls ini tetapi jajanan satu ini kanmembuat Anda mengingat kembali masa-masa kecil dulu. Chiki Balls adalah salah satu jajanan paling populer di tahun 90-an. Jajanan ini hadir dengan varian rasa coklat dan keju serta ada hadiahnya yang namanya tazos.

Nah, itulah 10 jajanan khas tahun 90-an, Menurut kamu, jajanan apa lagi nih yang ngangenin dari taun 90an?

Baca juga: Berhemat dengan Tidak Membuang Makanan Sisa

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama