Mengenal Rekening Bersama Dalam Bertransaksi Online

Saat ini fasilitas 'rekber' atau rekening bersama sering digunakan dalam bertransaksi online. Apakah peranannya dan keuntungan apa saja yang ditawarkan.

Rekening bersama memegang peranan penting dalam transaksi online saat ini. Rekening bersama atau lebih sering dikenal dengan ‘rekber’ menawarkan kemudahan transaksi yang melibatkan beberapa pihak dalam proses transaksi jual beli di internet.

Bagi Anda yang sudah sering berbelanja online, apakah sudah mengenal istilah ‘rekber’? jika belum mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari rekening bersama tersebut. Rekening bersama di luar negeri disebut dengan Escrow Service.

Rekening bersama (Rekber) adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral, tidak memihak penjual maupun pembeli. 

Jadi ketika penjual dan pembeli bertransaksi, rekening bersama akan menyimpan pembayaran pembeli sementara waktu hingga barang yang dipesan sampai, baru kemudian penjual bisa mendapatkan uangnya.

Sistem Penggunaan Rekening Bersama

Dalam bertransaksi dengan menggunakan rekening bersama terdapat beberapa prosedur. Prosedur tersebut terdiri dari:

1. Pertama dimulai dengan pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan layanan rekening bersama.

2. Kemudian, pembeli melakukan pembayaran atau transfer ke rekening pengelola ‘rekber’.

3. Selanjutnya pengelola ‘rekber’ akan memberitahukan kepada penjual sudah dilakukan pembayaran agar segera memproses atau mengirim produknya kepada pembeli.

4. Setelah itu penjual memproses pengiriman produk kepada pembeli. Setelah barang sampai, pembeli akan mengkonfirmasi kepada pengelola ‘rekber’ bahwa barang sudah diterima.

5. Jika barang sudah sampai maka tahap terkahirnya pengelola ‘rekber’ mentransfer dana dari pembayaran pembeli kepada penjual.

Jika Anda membaca penjelasannya mungkin terlihat rumit namun dalam prakteknya sangat sederhana dan mudah. Pada dasarnya dana dari pembeli dititipkan ke pihak ‘rekber’, kemudian setelah barang yang dibeli telah diterima, baru dana yang berada di pihak ‘rekber’ diteruskan ke penjual.

Peran Rekening Bersama dalam Transaksi Online

Maraknya pembohongan dalam jual beli dan transaksi online menjadi alasan mengapa layanan rekening bersama ini ada. Kasus yang sering terjadi adalah pembeli tidak mendapatkan barang yang dipesan padahal dia sudah mentransfer dan sesuai dengan harga barang tersebut.

Dalam contoh kasus tersebut rekening bersama dapat berperan sebagai perantara transaksi sekaligus sebagai pengawas transaksi tersebut. Dengan ‘rekber’ tersebut sangat kecil terjadi bahkan mustahil. Karena uang dan barang akan aman sampai transaksi berhasil dilakukan.

Peranan lainnya adalah penggunaan rekening bersama akan memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli yang memiliki rekening berbeda Bank, karena biasanya rekening bersama menyediakan banyak sekali pilihan bank yang bisa digunakan dan biasanya biaya transfer antar bank lebih murah bahkan gratis.

Keuntungan dan Kerugiannya

Keuntungannya bila Anda bertaransaksi online dengan menggunakan rekening bersama adalah memperkecil risiko pembohongan, transaksi akan lebih aman dan terjamin, menghilangkan kesan ketidakpercayaan pembeli kepada penjual, dan meningkatkan kredibilitas penjual.

Namun tidak hanya keuntungan saja, penggunaan rekening bersama juga memiliki beberapa kerugian. Pada situasi tertentu masih ada juga modus pembohongan dengan menggunakan rekening bersama untuk itu Anda harus hati-hati dalam memilih penyedia layanan ‘rekber’.

Kerugian lainnya adalah barang akan dikirim lebih lama daripada bila pembeli mengirimkan dana langsung ke penjual. Sementara penjual biasanya mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya rekening bersama.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Dalam menggunakan layanan rekening bersama ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal buruk dalam transaksi yang Anda lakukan.

1. Perhatikanlah metode setiap penyedia layanan, sebab tidak semua penyedia layanan ‘rekber’ memiliki metode yang sama. Jadi, perhatikan dulu cara kerja penyedia layanan rekening bersama sebelum memakai jasanya.

2. Beban biaya yang dikenakan setiap penyedia layanan pun berbeda. Pembebanan biaya rekening bersama dapat Anda diskusikan terlebih dahulu dengan penjual.

3. Pilihlah penyedia layanan ‘rekber’ yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Saat ini banyak terdapat penyedia layanan ‘rekber’ contohnya seperti EkiPay, Speed Cash, PiggyBank, Mang Rekening bersama, dan sebagainya.

Jadi tetaplah berhati-hati dalam bertransaksi, segala bentuk pembohongan dalam berbelanja online dapat saja terjadi kapan pun.

Baca juga: Inilah Biaya Transfer Antar Bank via ATM

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama