Mengagumkan! Tokopedia Dapat Dana Rp15,95 Triliun dari Softbank dan Alibaba

Toko online terpopuler di Indonesia, Tokopedia, mendapat pendanaan seri baru sebesar Rp15,95 triliun (US$1,1 miliar) dari Softbank dan Alibaba.

Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018, Tokopedia mendapat pendanaan sebesar Rp15,95 triliun (US$1,1 miliar, kurs Rp14.500) dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Selain kedua perusahaan raksasa tersebut, Softbank Ventures dan investor Tokopedia lainnya turut berpartipasi dalam pendanaan.

Berdasarkan riset situs pembanding e-commerce, iPrice, Tokopedia adalah toko online terpopuler di Indonesia. Toko online lokal ini telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Hingga kini, Tokopedia telah menjangkau 93% kecamatan dan lebih dari 17 ribu pulau di Indonesia.

Selain itu, gross merchandise value (GMV) Tokopedia tahun ini meningkat hingga empat kali lipat! Beberapa alasan inilah yang membuat Softbank Vision Fund dan Alibaba Group memutuskan untuk memberi suntikan dana yang amat besar kepada Tokopedia.

Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Tokopedia dengan dana sebesar itu? Menurut CEO dan co-founder Tokopedia, William Tanuwijaya, toko online tersebut akan berinvestasi dalam bidang teknologi dan infrastruktur di Indonesia.

(Sumber foto: Dakonan)

"Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," papar William.

William berharap misi tersebut dapat segera terwujud demi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Ia juga berharap untuk membuka peluang bagi ratusan juta pengguna serta memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Anda yang ingin memulai usaha sendiri, baik online maupun offline, juga bisa mendapat tambahan dana melalui KTA. Beberapa contoh KTA yang bisa Anda ajukan secara online adalah CTBC Bank KTA Dana CintaStandard Chartered BankBank DBS Dana Bantuan SahabatKTA KEB Hana Bank dan Panin Bank Kredit Express.

(Sumber: CNBC IndonesiaIDN TimesDetik Finance)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama