Mencari Penghasilan Tambahan Melalui Endorsement di Instagram

Ingin dapat penghasilan tambahan? Manfaatkanlah akun Instagram Anda, yaitu dengan meng-endrose suatu produk. Lantas, bagaimana caranya supaya Anda bisa di-endorse?

Anda pengguna sosial media Instagram? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan endorse. Ya, endorsement adalah suatu bentuk kerja sama dalam memberikan dukungan oleh seseorang atau pihak tertentu untuk memasarkan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa.

Nah, Instagram menjadi wadah tepat untuk melakukan endorse. Selain mudah dan cepat, salah satu metode promosi ini juga langsung tertuju ke calon pembeli.

Biasanya, sang penjual produk akan meng-endorse seseorang yang sudah memiliki influencer di Instagram, baik artis, blogger, atau bahkan orang yang belum cukup terkenal sekalipun.

Tugas si influencer adalah mengunggah fotonya yang sedang menggunakan produk tersebut ke Instagram, ditambah dengan mention akun online store tersebut.

Umumnya, proses endorse adalah hanya memberikan barang yang mau dipromosikan secara cuma-cuma kepada endorser. Namun ternyata tidak hanya barang, tapi terkadang pihak penjual produk juga memberikan imbalan uang kepada calon endorser.

Seperti yang dialami oleh Sasyachi, seorang Beauty Blogger sekaligus endorser dari beberapa online shop make-up. Sebagai endorser, ia tidak hanya mendapatkan bayaran berupa barang, tapi juga uang. Ia mendapat bayaran selama setahun layaknya model.

Dari kalangan artis, ada Acha Sinaga yang mematok harga endorse mulai Rp 300 ribu sampai satu juta rupiah per unggah foto. Bila sang penjual produk memintanya untuk menggunggah sebanyak dua kali, ia akan meminta bayaran dobel.

4 Kiat Agar Akun Instagram di Endorse

Agar akun Instagram di-endorse, Anda harus mengetahui beberapa ketentuan. Biasanya, ketentuan ini ditetapkan oleh pihak yang ingin meng-endorse. Ketentuan ini bisa membantu menunjang agar akun Instagram Anda di-endorse oleh pihak tertentu. Berikut adalah penjelasannya.

1. Unggah Foto Bagus dan Menarik

Karena Instagram adalah jejaring sosial yang lebih banyak memainkan foto, maka Anda harus menyediakan foto berkualitas bagus dengan angle menarik. Pastikan fotonya jelas dan cerah. Buatlah sekreatif dan se-catchy mungkin. Jangan lupa juga untuk menghadirkan sisi unik.

Perhatikan pula profil Instagram Anda. Cantumkanlah kontak pribadi, supaya nanti jika ada pihak yang mau meng-endorse, akan gampang menghubungi Anda.

Baca juga: 5 Situs untuk Mencari Penghasilan Tambahan

2. Rutin Mengunggah Foto

Walau foto sudah digarap sekeren mungkin, akun Instagram Anda tidak akan dilirik jika frekuensi mengunggah fotonya jarang.

Oleh karena itu, tetaplah jaga konsistensi dan eksistensi Anda di Instagram dengan cara rutin mengunggah foto. Jangan lupa mencantumkan hashtag yang mendukung.

3. Memiliki Banyak Followers

Agar di-endorse, sebenarnya tidak harus menjadi selebgram (selebriti Instagram). Anda hanya cukup memperbanyak jumlah followers atau pengikut. Karena di Instagram, jumlah followers bisa mempengaruhi minat pihak tertentu untuk meng-endorse Anda.

Lantas, bagaimana cara agar mendapat followers banyak? Dengan konsisten melakukan poin 1 dan 2, otomatis followers biasanya akan bertambah.

Jika followers-nya banyak, maka akan lebih mudah mendapatkan tawaran endorse. Selain itu, bayaran atau tarifnya juga bisa lebih mahal. Semakin banyak jumlah followers, maka semakin bagus dan semakin berpeluang untuk di-endorse.

4. Memiliki Banyak Jumlah ‘Like’

Jumlah ‘like’ juga mempengaruhi minat pihak yang ingin meng-endorse. Jumlah ‘like’ bisa menunjukkan banyak atau sedikitnya jumlah followers aktif yang ada di akun Instagram Anda.

Karena meskipun jumlah followers banyak, tapi jika jumlah ‘like’ atau yang aktif di Instagram sedikit, itu akan percuma.

Biasanya, pihak yang ingin meng-endorse lebih memilih akun Instagram yang mendapatkan banyak ‘like’. Hal ini terjadi karena dinilai lebih efektif mempromosikan produk ke followers aktif. Oleh karena itu, usahakanlah antara jumlah followers dan ‘like’ tetap seimbang.

Sudah siapkah Anda mencari penghasilan tambahan dengan cara meng-endorse produk di Instagram? Jika iya, lakukanlah secara konsisten dalam mengunggah foto terbaik. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips dan Trik Online Shop di Instagram

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama