Mau Tubuh Proporsional? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini!

Semua orang pasti suka makan, namun tidak ada yang suka tampil gemuk. Jangan khawatir! Dengan 5 makanan ini, tubuh Anda tetap sehat dan sedap dipandang.

Siapa sih yang tidak suka makan? Tentu jawabannya tidak akan ada, semua orang menyukai hal ini. Ya, makan memang lah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika makanan yang terhidang di meja makan adalah makanan kesukaan Anda, tentu satu piring nasi pun terasa kurang.

Namun, hal menyenangkan ini tidak baik lho jika dilakukan berlebihan! Seperti yang sudah diketahui, jika asupan makanan yang kita konsumsi berlebih, maka ancaman bobot badan yang kian meningkat pun siap mengintai. Tak hanya itu, dari bobot yang berlebih itu akan menimbulkan beberapa ancaman lain, sepertibahaya obesitas, serangan jantung, kolesterol dan masih banyak lagi. Nah lho!

Pasti Anda tidak mau kan hal ini sampai terjadi. Maka dari itu, kita perlu mencegah hal ini sedini mungkin. Lalu, bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari rajin berolahraga untuk mencegah penumpukan lemak dari makanan yang dikonsumsi, hingga melakukan diet ketat.

Biasanya, yang paling banyak memberikan perhatian terhadap apa saja yang dikonsumsi tubuh ialah para wanita. Mengapa? Ini dikarenakan banyak perempuan ingin selalu terlihat ramping dan enak dipandang. Maka dari itu, banyak perempuan yang sangat menjaga penampilan tubuhnya. Meskipun saat ini juga sudah mulai banyak pria yang menjaga bentuk tubuhnya.

Baik pria maupun wanita rela menghabiskan waktunya berjam-jam dalam sebuah tempat kebugaran agar mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Tak hanya itu, rupiah yang mereka habiskan pun terbilang cukup besar. Pada sebuah tempat kebugaran ternama di ibu kota, biaya per bulan yang dikenakan untuk fitness bisa mencapai Rp 600 ribu. Biaya tersebut diluar biaya admin lho!

Selain pergi ke tempat kebugaran, ada pula yang melakukan program diet untuk mendapatkan bobot tubuh yang mereka inginkan. Baru-baru ini program diet yang sangat terkenal ialah diet mayo. Program yang dikeluarkan oleh Mayo Klinik ini memiliki metode diet selama 13 hari dengan mengonsumsi makanan sehat tanpa garam dan air es. Untuk mengikuti program diet dalam kurun waktu 13 hari ini, kurang lebih biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan-bahan makanan sebanyak Rp 285 ribu.

Dari ke dua contoh tersebut, apakah salah satunya ada yang telah Anda lakukan? Mungkin sebagian dari Anda beranggapan bahwa pergi ke tempat fitness menghabiskan terlalu banyak biaya, dan melakukan diet mayo terasa sangat berat karena harus mengonsumsi makanan tanpa garam. Jika memang demikian, masih ada lho cara lain yang bisa Anda tempuh agar tubuh tetap sehat dan memiliki tampilan menarik tanpa harus bermodal besar. Bagaimana caranya? Anda bisa mengonsumsi satu dari lima jenis makanan berikut ini.

1. Kayu Manis

Tak sulit untuk menemukan rempah yang satu ini. Cobalah tengok isi bahan-bahan memasak yang ada di dapur, Anda akan dengan mudah menemukannya. Lantas untuk apa rempah ini? Menurut sebuah peneilitian, jika Anda menumbuk halus kayu manis dan menaburkannya ke dalam sebuah masakan atau minuman, Anda bisa mengurangi konsumsi gula dan juga garam dalam tubuh. Ini dikarenakan cita rasa manis dan asin yang tidak berlebihan dari kayu manis, sehingga dapat mengurangi risiko terserang diabetes tipe 2.

2. Buah Berry

Mulai sekarang gantilah cemilan Anda dengan beragam cemilan buah berry. Buah-buahan ini memberikan rasa manis alami yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dari biasanya. Sehingga, bobot tubuh Anda dapat selalu terjaga dan menjadi lebih sehat.

3. Obat

Sarapan apa yang biasanya Anda konsumsi sehari-hari? Apakah nasi uduk atau bubur ayam? Cobalah ganti sarapan Anda dengan makanan yang lebih menyehatkan seperti oat ini. Rasanya memang terasa hambar, tetapi manfaatnya sangat besar.

Jangan khawatir dengan rasa hambar ketika mengonsumsi oat. Anda bisa menambahkan sedikit kayu manis dan juga buah berry pada semangkuk oat tersebut, sehingga rasa hambar pun hilang dan menjadi makanan yang lezat untuk disantap.

4. Kacang-kacangan

Banyak orang mengatakan jika mengonsumsi kacang akan menyebabkan tumpukan lemak di dalam tubuh semakin meningkat. Padahal, lemak yang terkandung di dalamnya ialah lemak alami yang menyehatkan, dan tubuh kita tentunya membutuhkan lemak tersebut. Meskipun demikian, konsumsinya harus dibatasi ya! Anda cukup mengonsumsi kacang sebanyak ¼ cup saja dalam sehari dan pastikan kacang tersebut tidak dibubuhi garam ya.

5. Tomat

Jenis bahan makanan yang satu ini sangat mudah didapatkan. Hampir setiap saat tomat selalu ada di pasaran. Harganya pun terbilang murah, untuk 1kg buah tomat kurang lebih berkisar Rp 30.000. Jumlah sebanyak itu bisa Anda gunakan untuk lebih dari dua hari konsumsi. Selain itu, tomat juga bagus untuk tubuh Anda baik dikonsumsi secara mentah atau dimasak. Pengolahannnya pun terbilang mudah, Anda bisa menambahkannya pada salad, sandwich, dan juga jus. Yang paling penting ialah, tomat mengandung antioksidan yang bisa mencegah tubuh Anda terserang kanker.

Nah, dari ulasan tersebut Anda tinggal memilih jenis bahan makanan seperti apa yang ingin dikonsumsi. Selain itu, jika Anda tetap berkeinginan pergi ke tempat fitness juga lebih baik lho, agar semakin menunjang kesehatan dan juga penampilan tubuh Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama