Kurangi Macet, Waktunya Bayar Tol Secara Elektronik

Pada 2018 seluruh jalan tol tidak akan terima tunai untuk kurangi kemacetan panjang di pintu tol. Perlahan akan menerapkan pembayaran elektronik untuk bayar tol atau e-money.

e-money

Tahun 2018, tol tidak akan terima pembayaran tunai. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya menargetkan dalam dua tahun ke depan tidak akan ada lagi transaksi menggunakan uang tunai di pintu tol.

Kebijakan ini merupakan respon pemerintah terhadap pelayanan jalan tol yang masih buruk. Kemacetan yang sering terjadi di pintu tol adalah faktor utama pemerintah menerapkan sistem pembayaran elektronik. Seperti arus mudik kemarin, kemacetan panjang sempat terjadi di tol Brebes Timur Exit (Brexit).

Kemacetan yang mencapai 20 kilometer tersebut diduga karena gerbang tol keluar Brebes tersebut masuk dalam kategori yang kecil dan juga karena sistem pembayarannya masih tunai. Padahal, kendaraan yang lewat begitu banyak.

Sehingga, nantinya dalam dua tahun kedepan bayar tol akan menggunakan sistem pembayaran elektronik. Salah satu cara pembayaran elektronik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kartu elektronik atau e-money yang sudah diterapkan di beberapa pintu tol.

Namun karena tidak semua pintu tol menggunakan sistem pembayaran elektronik, maka orang masih lebih memilih bayar tol menggunakan uang tunai. Pada tahun 2018 nanti, bayar tol dengan uang tunai sudah dihapuskan, jadi Anda harus segera beralih ke sistem pembayaran elektronik.

Tujuan Diterapkan Pembayaran Elektronik

Gardu Tol Otomatis (GTO)

Rencana penghapusan pembayaran tunai di pintu tol ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pelayanan transaksi, memangkas antrean kendaraan, dan mengurangi potensi kemacetan di dalam tol.

Pelayanan transaksi yang lebih cepat membuat pengendara tidak perlu antre panjang, sehingga kemacetan panjang di pintu tol yang sering terjadi bisa diatasi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan bila pembayaran tunai belum bisa dihilangkan, maka kemacetan yang terjadi di pintu-pintu tol akan sulit dihindari.

Keuntungan Pembayaran Elektnonik

Cara pembayaran elektronik yang bisa digunakan untuk bayar tol adalah dengan uang elektronik atau e-money. Dengan sistem pembayaran ini ada beragam keuntungan yang bisa dirasakan pengendara.

1. Transaksi Bisa Lebih Mudah dan Cepat

Kehadiran uang elektronik atau e-money dalam sistem pembayaran di jalan tol memudahkan pengendara dan bayar tol menjadi lebih cepat. Anda tidak perlu mengantre ketika masuk tol dan terhindar dari kemacetan yang bisa membuat banyak waktu terbuang.

Apabila Anda sering menggunakan tol dalam kota dan sudah menjadi rutinitas, sebaiknya Anda gunakan uang elektronik untuk bayar tol.

2. Sangat Fleksibel

Pembayaran dengan uang elektronik sangat fleksibel dan tidak perlu membawa uang tunai. "Bahkan lebih mudah mengontrol pengeluaran karena dana yang tersedia hanya Rp1 juta. Ini bisa menjadi pos untuk trasportasi atau makan yang sudah dijatahkan. Jadi, Anda tak perlu repot memisahkan dananya.

4 Bank BUMN yang Digunakan untuk Bayar Tol

e-payment

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) bekerjasaman dengan 4 Bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN untuk menyediakan pelayanan e-Payment Toll.

Jika sebelumnya dalam transaksi pembayaran tol melalui elektronik hanya menggunakan e-Money Mandiri, kali ini keempat bank pelat merah tersebut menyediakan hal serupa, yakni BRI Brizzi, BNI Tapcash, dan BTN Blink.

Saat ini Mandiri e-Money telah dapat digunakan di 22 ruas tol milik Jasa Marga, anak perusahaan Jasa Marga dan BUJT lainnya. Sedangkan untuk BRI Brizzi dapat digunakan pada Ruas Tol Jakarta – Cikampek, Cikampek – Palimanan, Cikampek – Purwakarta – Padalarang, Padalarang – Cileunyi,Tol Palimanan – Kanci, Kanci – Pejagan, dan Pejagan – Brebes.

Untuk layanan sistem pembayaran BNI Tapcash berlaku di lebih dari 100 gerbang tol, lalu terakhir untuk nasabah BTN, Anda juga bisa bayar tol dengan menggunakan uang elektronik BTN Blink.

Jadi dengan hadirnya pembayaran elektronik transaksi bayar tol semakin mudah dan cepat, macet pun berkurang.

Baca juga:
Wah, Asyiknya Menggunakan Uang Elektronik.
4 Perbandingan Produk E-Money di Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama