Kredit Motor di Indonesia

Kini masyarakat kian mudah mendapatkan kredit motor. Kami akan mengulas beragam informasi kehadiran jenis sepeda motor di Indonesia sebelum Anda mengajukannya.

Kendaraan bermotor roda dua menjadi kendaraan yang paling diminati masyarakat di Indonesia. Motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh semua kalangan. 

Selain harga yang lebih terjangkau, motor menjadi alat transportasi yang paling ‘simple’ untuk aktivitas harian. Baik itu wilayah perkotaan hingga pedesaan, kehadiran motor memang memudahkan mobilitas masyarakat.

Berbagai merek dan jenis-jenis motor yang kini hadir, semakin pesat dipasarkan. Bukan hanya keunggulan dari spesifikasi motor-motor tersebut, melainkan juga kemudahan masyarakat untuk mengajukan kredit motor.

Tak jarang multi finance penyedia pendanaan kredit motor, memberikan persyaratan mudah dan cepat.Ada baiknya sebelum mengajukan kredit motor, konsumen harus mengetahui jenis-jenis motor dipasaran. 

Dengan mengetahui jenis-jenis motor, konsumen akan memahami spesifikasi dari motor yang akan dibeli.

Berikut ini jenis-jenis motor yang kini hadir di Indonesia


Motor Sport

Motor yang memiliki kecepatan tinggi ini memiliki karakteristik dalam bentuk fisik yang ‘gagah’. Mengapa rata-rata pengemudi motor sport terkesan membungkuk saat berkendara? Posisi tersebut digunakan agar tekanan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. 

Motor sport yang masih memiliki desain body seperti itu misalnya : Kawasaki Ninja, Honda CBR, dan Yamaha R25 .

Motor sport dijalankan dengan transmisi manual dengan mengusung body desain yang modern dan sporty. Sekilas tentang Yamaha R25, motor sport ini dibandrol Rp53 juta di Indonesia. 

Dalam hal mesin, Yamaha R25 menggunakan mesin 249 CC, 8 Valve, DOHC.Silinder motor bergaya ‘movistar’ ini berjumlah 2. Yamaha R25 menggunakan sistem penghidupan electric starter dan sudah menggunakan teknologi fuel injection system.

Banyak agen dealer motor yang kini menghadirkan motor sport untuk masyarakat Indonesia. Beberapa pabrikan kendaraan yang menghadirkan motor sport dan sudah dipasarkan secara besar-besaran di Indonesia, di antaranya adalah : Honda,Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Motor Moped/Bebek

Jenis motor ini yang paling banyak digunakan masyarakat umum. Perkembangan jenis motor ini pesat di Indonesia. Agen-agen dealer motor bebek, masih menjadi yang populer dan diminati. Harga motor bebek tentu lebih murah daripada jenis motor sport.

Body motor bebek juga kini didesain modern, dengan banyak varian warna dan fitur mesin. Motor bebek dikenal irit dalam hal bahan bakar. Volume Silinder berkisar 110 cc hingga 120 cc.

Beberapa pabrikan yang memasarkan motor bebek di Indonesia di antaranya : Yamaha, Suzuki, Honda dan Suzuki. Masing-masing dari pabrikan merilis beragam seri dan type beragam.

Motor Matic

Belakangan ini motor matic menjadi ‘primadona’ masyarakat. Motor yang memiliki transmisi otomatis ini memudahkan pengemudi yang ingin tidak begitu repot dengan transmisi gigi.

Leasing dan agen dealer motor matic bekerja sama melayani masyarakat yang ingin mengajukan kredit motor jenis skuter ini.

Mengoperasikan motor matic tentu lebih mudah daripada motor sport ataupun motor manual jenis bebek. Pabrikan motor matic juga menghadirkan banyak varian untuk jenis motor ini. Banyak kalangan masyarakat yang mengajukan kredit motor matic.

Hal itu karena harga motor matic masih dapat terjangkau dan jenis motor ini termasuk kendaraan yang praktis. Motor matic dibandrol berkisar antara Rp15 juta hingga Rp18juta. Pabrikan yang menghadirkan motor jenis matic di Indonesia di antaranya adalah Yamaha, Suzuki, Honda, dan Piaggio.

Perbandingan Beli Motor Secara Tunai & Kredit

Dealer-dealer yang menghadirkan produk kendaraan roda dua maupun empat, memang lebih menonjolkan promo untuk pembelian secara kredit. Membeli secara tunai dan secara kredit tentu memiliki perbedaan dari segi harga maupun proses pembelian.

Mengapa dealer lebih menonjolkan pembelian motor secara kredit? Secara perhitungan bisnis, dealer motor akan mendapatkan subsidi dan insentif dari perusahaan pembiayaan (leasing). Terkait hal itu, menjamurlah agen-agen dealer yang menawarkan promo-promo kemudahan kepada masyarakat untuk dapat memiliki motor secara kredit.

Bagi masyarakat yang memiliki dana tidak mencukupi untuk membeli secara tunai, kehadiran kredit motor sangat membantu untuk dapat memiliki kendaraan.

Harga tunai dan harga kredit tentu berbeda, karena leasing berhak mendapatkan bunga dari harga OTR motor yang dibeli secara kredit.

Dua jenis sistem pembayaran, tunai dan kredit memili keuntungan dan kekurangan. Namun ada baiknya sebelum membeli motor secara tunai ataupun secara kredit, calon konsumen harus mengetahui perbandingan dari dua sistem pembayaran tersebut.

Apa Saja yang Harus Diketahui Saat Membeli Motor Secara Tunai ?

Budget Full

Budget merupakan satu hal yang penting dimiliki tentunya. Budget mencukupi dari harga motor yang ingin dimiliki, aplikan bisa membawa pulang motor impian.

Jika aplikan memiliki uang Rp15 juta untuk budget membeli motor, satu buah Honda New Revo F1 CW sudah dapat dibawa pulang. Karena harga Honda New Revo F1 CW berkisar Rp14,2 juta.

Biaya Lain-lain

Bagi aplikan yang ingin membeli motor secara tunai, tentu dana yang harus dipersiapkan adalah budget asuransi. Kisaran asuransi tentu tergantung dari tipe motor tersebut. 

Besarnya biaya asuransi untuk jenis motor matic Yamaha Fino Sporty F1 dengan harga Rp14 jutaan, berkisar Rp600 ribu. Budget asuransi dibayar pertahun sekali.

Persyaratan Dokumen Tidak Ribet

Membeli motor secara tunai berarti Anda tidak memiliki utang pada dealer ataupun pada leasing. Dokumen yang hanya perlu disiapkan oleh aplikan perorangan yaitu KTP.

Tergantung Ketersediaan Barang

Sebelum memastikan membeli motor, tentu seorang aplikan harus sudah memastikan motor apa yang ingin dibeli. Motor yang memang ready stock tentu dapat langsung dibawa pulang setelah transaksi selesai. 

Namun jika motor yang ingin dibeli, varian atau type seri nya tidak ada di dealer ataupun agen dealer, maka waktu menunggu ketersediaan barang biasanya 4 hari kerja.

Diskon Tergantung Tipe

Diskon biasanya tergantung dari tipe merk motor tertentu. Diskon bisa berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

Masing-masing dealer berbeda dalam cara memberikan diskon harga motor pada konsumennya.

Surat-surat Kendaraan

Apakah setelah transaksi tunai di dealer, konsumen langsung membawa motor beserta surat-surat lengkap (STNK, BPKB)? tentu tidak.

STNK akan diberikan setelah 14 hari terhitung dari transaksi pembelian motor secara tunai selesai. Dan BPKB biasanya akan diberikan selama 3 bulan dari hari setelah transaksi.

Apa Saja yang Harus Diketahui Saat Membeli Motor Secara Kredit?

Down payment (DP) menentukan Besarnya Angsuran

Semakin besar down payment/uang muka yang dibayarkan, maka semakin ringan angsuran perbulan. Begitu juga sebaliknya. Setiap dealer motor tentu pasti memiliki price list yang menyertakan informasi besarnya angsuran yang telah dihitung dari besarnya uang muka.

Tenor, menentukan harga motor

Setelah memiliki DP maka konsumen akan menentukan tenor atau jangka waktu angsuran. Tenor kredit motor biasanya mulai dari 10, 16, 22,26, 28,32 dan 34 bulan. Memilih tenor yang lebih panjang, maka angsuran akan lebih ringan.

Memilih tenor yang lebih pendek, maka jumlah angsuran akan lebih besar. Namun ketika memilih tenor yang lebih panjang, harga motor jadi lebih tinggi. 

Dalam artian, kredit motor dengan tenor panjang akan lebih banyak menguras pengeluaran ketimbang dari tenor pendek. Konsumen dibebaskan dalam memilih tenor kredit motor, sesuai dengan kemampuan penghasilan.

Dokumen Persyaratan Lebih Selektif

Leasing akan membayar harga motor yang diinginkan konsumen kepada dealer, apabila dokumen persyaratan dan proses pengajuan disetujui. Jadi wajar saja apabila leasing membutuhkan dokumen persyaratan, seperti : KTP, Slip Gaji, Fotokopi KTP, Fotokopi PBB, Fotokopi Kartu Keluarga, dan fotokopi KTP orang tua bagi yang berstatus lajang.

Survei

Pihak surveyor dari leasing akan survei ke alamat konsumen, untuk memastikan tempat tinggal dan kelayakan konsumen secara finansial. Biasanya surveyor akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait lama tinggal, status rumah, dan penghasilan.

Include Asuransi

Pastikan setiap angsuran sudah termasuk dengan fasilitas asuransi dari motor tersebut. Biasanya setiap prosedur kredit motor, angsuran sudah termasuk biaya asuransi.

Diskon

Diskon kredit motor setiap agen dealer dan dealer resmi berbeda-beda prosedurnya. Hal itu tergantung dari leasing yang bersangkutan. Dalam kredit motor, leasing sebagai pihak yang membiayai pembelian motor, dan dealer yang menyediakan ketersediaan motor.

Ada diskon berupa potongan tenor. Sehingga konsumen diberi bonus 1 bulan gratis angsuran pada saat, proses cicilan akan selesai. Dan ada juga promo diskon dari besarnya uang muka.

Service Gratis

Pembelian secara kredit, memberikan konsumen fasilitas berupa gratis perawatan kondisi motor. Servis gratis biasanya diberikan sebanyak 4 kali disertai ganti oli 1 kali.

Servis gratis biasanya sesuai dengan batas waktu atau kilometer yang telah ditentukan. Namun fasilitas ini tidak termasuk dalam penggantian suku cadang.

Tips Memilih Lembaga Pembiayaan (Leasing)

Memilih leasing atau lembaga pembiayaan, konsumen dibebaskan dalam membanding-bandingkan keunggulan dan kelemahan. Sebelum mengajukan proses kredit motor, ada baiknya konsumen lebih jeli dalam memilih leasing.

Berikut ini beberapa tips untuk dapat memilih leasing sebelum mengajukan kredit motor.

Mengenal perusahaan leasing

Ketika mengajukan kredit motor, konsumen lebih banyak memikirkan jenis motor yang diinginkan ketimbang mengetahui leasing yang bekerja sama dengan dealer. 

Ada baiknya Anda mengunjungi dealer-dealer yang bekerja sama dengan perusahaan leasing terbaik dan memiliki kredibilitas. Pastikan leasing tersebut diakui keberadaannya secara hukum dan eksis di bisnis lembaga pembiayaan.

Memillih Lokasi Leasing

Untuk memudahkan akses Anda, pilihlah leasing yang berlokasi tidak begitu jauh dari rumah. Hal itu akan memudahkan Anda, apabila ada hal-hal yang harus diselesaikan secara langsung tanpa via telepon.

Seperti saat masa kredit Anda selesai, konsumen perlu datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB.

Pastikan Ada Asuransi

Pastikan leasing yang Anda pilih memiliki fasilitas asuransi untuk memberi perlindungan semasa proses angsuran. Hal-hal yang harus Anda pertanyakan, seperti : bagaimana cara klaim? Perlindungan jenis apa saja?

Jangan Tergiur DP Rendah

Ingat, DP (down payment) rendah sama saja mencicil utang dengan jumlah yang lebih tinggi. DP rendah termasuk dalam strategi pemasaran untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. 

Untuk itu konsumen ada baiknya mempersiapkan DP yang cukup agar tidak begitu lama terlilit utang.

Metode Pembayaran Mudah

Pilih metode pembayaran yang mudah dan fleksibel. Sebaiknya pilih leasing yang banyak menggunakan berbagai macam cara untuk melakukan pembayaran angsuran kredit motor. Seperti :

  • cicilan kredit motor bisa dibayar via atm
  • cicilan kredit motor bisa dibayar di kantor pos
  • cicilan kredit motor bisa dibayar via internet banking
  • cicilan kredit motor bisa dibayar di mini market yang melayani jasa pembayaran

Dengan banyak metode pembayaran yang dihadirkan, setidaknya akses untuk melakukan pembayaran akan lebih mudah. Hal itu salah satu cara agar tidak terkena denda telat pembayaran.

Denda Telat Pembayaran

Konsumen diharapkan tidak melakukan pembayaran yang telah dari jatuh tempo. Biaya denda telat pembayaran kredit motor dihitung perhari, dengan jumlah yang lumayan besar.

Bagaimana cara perhitungannya ?

Denda : 0.5% x besarnya angsuran perbulan.

Simulasi :

Anang memiliki angsuran kredit motor di Adira Finance. Besarnya angsuran tiap bulan : Rp 850.000. Jatuh tempo setiap tanggal 1. Namun Anang menunggak selama 7 hari, hingga Anang diharuskan membayar denda. Berapa denda yang harus dibayarkan Anang ?

0.5% x Rp850.000 = Rp4.250

Rp4.250 x 7 = Rp 29.750

Denda untuk Anang selama menunggak 7 hari sebesar Rp 29.750.

Tunggakan cicilan kredit motor hingga lebih dari 30 hari, biasanya tidak bisa dibayarkan melalui sistem transfer. Konsumen harus mendatangi cabang-cabang leasing terkait untuk melakukan pembayaran.

Perlu diingat, sering menunggak cicilan kredit motor dapat mengakibatkan rekam jejak kredit menjadi buruk. Hal itu sangat berpengaruh pada proses-proses pengajuan kredit lainnya. 

Semakin buruk rekam jejak kredit, maka untuk mengajukan permohonan pinjaman ke bank ataupun lembaga pembiayaan maka pengajuan tidak akan disetujui.

Simulasi Proses Mengajukan Kredit Motor hingga Pembayaran Angsuran

Andi mengajukan kredit motor di sebuah dealer yang bekerja sama dengan Adira Finance. Motor yang dipilih Andi jenis motor bebek, merek Yamaha, seri Yamaha Mega RR DB. Andi memiliki uang Rp 2.500.000 untuk persiapan uang muka.

Berikut hal-hal yang harus Andi Ketahui

Bagaimana spesifikasi Yamaha Vega RR DB ?

  • Kecepatan maksimal dari motor bebek ini sendiri diklaim mencapai kurang lebih 95 km/jam.
  • Volume Silinder 110 cc.
  • Transmisi Manual

Berapa Harga Yamaha Vega RR DB Jika Tunai dan Cicilan ?

Harga pembelian tunai : Rp 12.650.00. Pihak leasing memberikan price list berupa angsuran yang telah diperhitungkan dengan tenor seperti berikut ini.

Yamaha Down Payment 11 x 15x 21x 27x 33x
12.650.00 1.900.000 1.383.000 1.064.000 823000 693000 614000
2.000.000 1.372.000 1.055.000 816000 687000 609000
2.250.000 2.250.000 1.033.000 799000 673000 596000

Andi memilih DP Rp 2.250.000, dengan tenor 21 bulan. Setiap jatuh tempo, Andi membayar angsuran sebesar Rp 799.000.

Berapa Lama Proses Pengajuan Kredit Andi ?

Setelah Andi menetapkan membeli Yamaha Vega RR DB dan telah mendengar penjelasan spesifikasi dari marketing dealer, maka pihak dealer akan membantu proses pengajuan kredit ke leasing Adira.

Pada saat hari itu juga dokumen-dokumen Andi telah lengkap, seperti : fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, slip gaji, fotokopi PBB, fotokopi KTP orang tua (ayah/ibu) dan jumlah dp yang dipilih Andi.

Dua hari kemudian Andi mendapat telepon verifikasi data dari pihak leasing terkait kebenaran pengajuam Andi. Keesokan hari dari pihak leasing menyampaikan kredit Andi telah disetujui, dan meminta waktu luang Andi untuk melakukan tanda tangan kontrak kredit.

Saat penandatangan kontrak kredit tanggal 29 November 2015, beberapa lembar surat kontrak harus dibaca secara teliti mengenai syarat dan ketentuan telah terlampir pada surat kontrak. 

Setelah tanda tangan surat kontrak selesai, pihak dealer biasanya akan menghubungi Andi via telepon terkait pengiriman sepeda motor.

Tahap-tahap proses pengajuan kredit motor hingga pengiriman motor berlangsung selama kurang lebih 7 hari kerja. Terbilang cepat, apabila semua dokumen-dokumen yang dilampirkan Andi lengkap.

Kapan angsuran pertama yang harus Andi bayar?

30 hari setelah tanda tangan surat kontrak kredit motor. Jatuh Tempo setiap tanggal 1.

Kapan Andi mendapat STNK dan plat sepeda motor ?

STNK dan plat motor diterima Andi 14 hari setelah pengiriman sepeda motor.

Bulan berapa masa berlaku STNK Andi ?

November 2016. Setelah lewat dari bulan November 2016, Andi harus membayar pajak kendaraan.

Kapan Andi mendapatkan BPKB ?

Setelah angsuran kredit motor Andi telah lunas.

Dimana Andi mengambil BPKB ?

Di cabang perusahaan leasing yang membiayai kredit motor Andri.

Beli Motor Via Online Menggunakan Kartu Kredit

Kini beberapa situs toko belanja online menghadirkan kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli motor dengan kartu kredit. Beberapa merek pabrikan sepeda motor dapat dicicil 0% menggunakan pembayaran dengan kartu kredit. Tenor yang diberikan yaitu 6 bulan hingga 12 bulan, dengan beberapa fasilitas kartu kredit yang bekerja sama dengan blibli.com.

Apakah pembelian secara online sama dengan pembelian di dealer ?

Tentu berbeda. Kunjungi website toko online terpercaya untuk mencari motor yang diinginkan. Proses pembayaran dilakukan pada website tersebut. Pastikan kartu kredit yang digunakan transaksi telah bekerja sama dengan toko online yang menyediakan beberapa produk pabrikan motor.

Bagaimana dengan persyaratan dokumen ?

Setelah melakukan pembayaran, maka konsumen akan mendapatkan konfirmasi email, disertai harus melampirkan fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga. Jika belum menikah, maka ditambah dengan fotokopi KTP orang tua.

Kapan Motor diantar ke tempat pembeli?

Waktu pengiriman 5-9 hari kerja. Namun setiap situs toko online berbeda-beda dalam menerapkan aturan berlaku.

Kapan Konsumen Mendapatkan STNK ?

Proses pembuatan STNK kurang lebih 19 hari kerja dan 3 bulan untuk BPKB setelah dokumen yang dibutuhkan diterima oleh pihak toko online terkait.

Pastikan memilih situs toko online perbelanjaan yang terpercaya, dan banyak-banyaklah bertanya pada customer service toko online tersebut terkait syarat dan ketentuan berlaku. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama