Kopi Termahal Di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Suka kopi? Sesekali coba juga kopi-kopi dengan harga termahal di dunia ini. Dari ketujuh daftar kopi termahal di dunia nomer satunya adalah Indonesia

coffee shop

Baru-baru ini kita dihebohkan oleh kasus pembunuhan dengan secangkir es kopi. Kopi tersebut ditenggarai mengandung racun mematikan sianida yang juga berhasil membunuh aktivis HAM Munir. Terlepas dari kasus pembunuhan yang sedang ramai dibicarakan ini, kopi memang menjadi daya tarik bagi penikmatnya.

Hampir semua orang menyukai kopi dengan berbagai macam olahan, ada yang menyukai kopi hitam hanya dengan gula, ada juga yang menyukai es kopi yang di campur dengan cream atau varian rasa lainnya. Banyak kafe yang menyediakan kopi dengan berbagai macam modifikasi sajiannya.

Di sini kami tidak akan membahas seputar kasus pembunuhan dengan kopi melainkan tentang beberapa daftar kopi termahal di dunia yang salah satunya berasal dari Indonesia. Mari lihat daftarnya:

1. Kopi Luwak (Indonesia)

kopi luwak

Kopi asal Indonesia ternyata menempati posisi pertama. Kopi ini bukan kopi robusta ataupun arabika. Indonesia memang punya beragam kopi. Mulai dari kopi Aceh, Kopi Makassar, Kopi Toraja, dan lainnya. Tapi, ada satu kopi asal Indonesia yang mendunia. Yaitu, kopi Luwak. Apa keistimewaannya?

Kopi Luwak terkenal hingga mancanegara bahkan harganya cukup mahal daripada kopi pada umumnya. Jika Anda ingin menyeruput kopi jenis ini di Jakarta, harga bisa ratusan ribu rupiah per cangkir. Mahalnya harga membuat kopi ini sangat istimewa.

Keistimewaanya dikarenakan proses produksinya yang sangatlah tidak biasa. Biji kopi yang digunakan adalah biji kopi berkualitas baik yang keluar setelah melalui proses pencernaan dalam perut hewan bernama Luwak (sejenis musang). Dibanderol dengan harga US$150 atau Rp2,08 juta per 500 gram.

2. Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama)

Kopi termahal kedua merupakan kopi Hacienda La Esmeralda yang diproduksi di Boquete, Panama. Kopi ini dinilai memiliki rasa yang unik dan banyak orang sangat menikmati rasa kopi tersebut. Kelezatan rasa dari kopi Hacienda ini karena proses pembudidayaannya yang unik.

Biji kopi yang digunakan untuk pembuatan kopi ini dibudidayakan secara khusus di bawah naungan pohon-pohon jambu biji tua. Kemudian kopi yang sudah benar-benar matang hanya dipanen saat malam hari, hasilnya kopi tersebut memiliki rasa yang dingin , manis, dan sensari rasa buah-buahan.

Bagi orang-orang yang ingin mencoba kenikmatan dari kopi termahal kedua di dunia ini, mereka harus membayar setidaknya Rp1,4 juta per 500 gram.

3. St. Helena Coffee (St. Helena)

St. Helena Coffee

Kopi ini sudah ada dari zaman Napoleon Bonaparte dan di beri julukan sweet maria. Pulau St. Helena yang terletak sekitar 1.200 kilometer (km) dari pantai Afrika merupakan tempat budidaya kopi St. Helena. Popularitas kopi ini naik berkat biji kopi ini pertama kali ditemukan oleh Napoleon Bonaparte ketika mengunjungi Pulau St. Helena.

Uniknya Anda akan merasakan rasa pedas ketika seruputan terakhir. Kopi ini dijual dengan harga US$79 atau Rp1,09 juta per 500 gram. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

4. Kopi El Injerto dari Huehuetenango (Guatemala)

Negara yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi ini memiliki kopi yang masuk kedalam daftar kopi termahal di dunia. Kopi El Injerto merupakan jenis kopi yang berasal dari Huehuetenango, Guetemala. Kopi ini berhasil menyabet penghargaan Piala Excellence of Grand Prize pada tahun 2006.

Berkat penghargaan tersebut harga kopi ini mampu melonjak tajam dengan harga US$ 51 atau setara dengan Rp708.000 per 500gram. Rasanya pun sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

5. Kopi Fazenda Santa Ines (Brazil)

Kopi Fazenda Santa Ines

Produk kopi asal Minas Gerais, Brasil ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia karena rasanya yang enak dan manis bagaikan karamel. Kopi yang datang dari pertanian di Brazil ini dibandrol dengan harga US$ 50 atau setara dengan Rp694.000 per 500 gram.

Tanaman kopi ini hanya boleh disirami dengan mata air murni saja, sambil sesekali disirami dengan air susu. Sehingga biji kopi yang dihasilkan mengandung rasa manis dan sedikit rasa karamel.

6. Kopi Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaika)

Kopi Blue Mountain

Sesuai dengan namanya kopi ini banyak tumbuh di pegunungan Blue Jamaika. Kopi The Blue Mountain ini terkenal dengan rasanya yang ringan dan tingkat kepahitan yang rendah. Selama satu dekade terakhir, kopi ini merupakan salah satu jenis yang paling digemari dan dicari oleh banyak orang.

Lebih dari 80% kopi hasil dari Wallenford ini diekspor ke Jepang. Bila kamu ingin membeli kopi ini, maka kamu harus mau mengeluarkan $49 /pon atau sekitar Rp680.00 per 500 gram.

7. Los Planes (Citala, El Salvador)

Jenis kopi ini tumbuh dan dibudidayakan di daerah Citala, El Salvador. Los Planes sendiri merupakan nama sebuah perkebunan milik José Onofre Ticas. Perkebunan ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dan ditanam di seperempat bagian dari luas total 170 hektare (ha).

Selain memiliki kualitas yang bagus, biji kopi ini juga memiliki aroma dan rasa yang enak. Los Planes sarat dengan rasa buah yang kuat, meliputi kacang-kacangan, kismis, plum, dan melon. Untuk menikmatinya Anda harus membayar Rp555.000 per 500 gram.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika ya, maka siapkan uang yang cukup untuk setiap cangkirnya.

Baca juga: Dijual, 8 Gadget Termahal yang Pernah Ada!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama