Kisah 5 Wanita Sukses Indonesia yang Menginspirasi

Siapa bilang wanita tidak bisa sukses? Buktinya, 5 wanita Indonesia ini berhasil meraih kesuksesan dibidangnya masing-masing berkat kegigihannya. Siapa sajakah?

Meraih kesuksesan merupakan impian semua orang, tak terkecuali wanita. Jalan yang dipilih oleh para wanita untuk menuju sukses pun bermacam-macam, ada yang ingin turut membangun negara, menjadi pengusaha, meniti karier dari nol, hingga menjadi ibu rumah tangga.

Semua itu mulia. Namun, kesuksesan tentu saja tidak bisa diraih dengan berpangku tangan. Ingin menjadi wanita sukses itu ibarat bekerja dua kali. Karena selain mengusahakan kesuksesan sendiri, wanita juga dituntut untuk tidak melupakan kodrat.

Ada banyak sekali wanita Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan berkat kegigihan dan sikap pantang menyerahnya. Mereka pun patut menjadi inspirasi bukan hanya bagi para wanita, tetapi juga bagi semua orang. 5 daftar wanita Indonesia berikut ini pantas menjadi inspirasi kesuksesan.

Susi Pudjiastuti

Siapa tak kenal Susi Pudjiastuti? Berkat kegigihan dan pengalamannya di bidang perikanan, membuat Presiden Joko Widodo memilihnya untuk menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2014-2019.

Dengan gayanya yang nyentrik, ia mampu bersikap tegas dalam membuat setiap kebijakan.

Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini sukses membangun bisnis perikanan dan penerbangan dengan omzet ratusan miliar per tahun.

Ulet serta tekun dalam mengembangkan usaha menjadi kunci sukses Susi Pudjiastuti dalam mengembangkan bisnis perikanan dan penerbangan.

Ia mengawali bisnis pada 1983 dengan menjadi pedagang pengumpul (pengepul) ikan bermodal pas-pasan di Pangandaran, Jawa Barat. Tahun 2005, ia mulai merambah bisnis penerbangan. Ia pun sukses mendirikan Susi Air seorang diri dari nol.

Baca juga: Entrepreneur yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

Sri Mulyani

Mantan Menteri Keuangan RI yang menjabat di era Presiden SBY kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, saat ini sukses menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Dengan meraih posisi tersebut, Sri Mulyani bisa menerima gaji tahunan lebih dari 347.000 USD (atau sekitar lebih dari Rp 3 miliar) atau sekitar Rp 250 juta per bulan. Itu belum termasuk tunjangan pensiun dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Sebelum berkarier di dunia politik dan memegang jabatan menteri, banyak sekali pekerjaan Sri Mulyani yang berkaitan dengan bidang perekonomian. Ia pernah berprofesi sebagai kepala penyelidikan ekonomi dan masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia terhitung sejak Juni 1998.

Sri Mulyani juga pernah menjadi narasumber sub tim perubahan UU Perbankan pada periode Agustus 1998 hingga Maret 1999.

Selain dua profesi tersebut, Sri Mulyani juga sukses memegang peranan penting sebagai kepala penelitian berbagai riset perekonomian dalam negeri dan luar negeri.

Martha Tilaar

Siapa tak kenal merek produk kecantikan Sariayu Martha Tilaar? Merek kosmetik ini sukses menjadi salah satu market leader bisnis kosmetik di Tanah Air.

Dibalik kesuksesan besar produk Sariayu terdapat nama sang pendirinya, Martha Tilaar, yang merupakan tokoh kunci perusahaan tersebut.

Martha Tilaar adalah sosok wanita sukses asal Indonesia dengan semua kisah usaha serta perjuangannya. Tidak hanya dalam membesarkan bisnisnya, ia juga dikenal dengan kisah hidupnya yang menarik serta inspiratif.

Setelah lulus dari Campus Beauty Salon, Universitas Indiana, ia pun kembali ke Indonesia dengan membangun sebuah salon kecantikan. Dari sana, ia mulai membuat produk-produk kecantikan dari bahan-bahan tradisional, dengan merek Sariayu Martha Tilaar.

Produknya sempat ditolak beberapa pusat perbelanjaan, karena dianggap tak berkelas. Namun perempuan kelahiran Kebumen, 4 September 1937 ini pantang menyerah. Dengan dukungan penuh dari seluruh keluarga, Martha Tilaar kini menjadi salah satu pengusaha sukses.

Pada 1995, ia mendirikan Puri Ayu Martha Tilaar. Ia juga sukses membuat gerai jamu dan kosmetika Sariayu. Saat ini, bisnis Martha Tilaar Group berkembang pesat dan sukses, hingga memiliki 11 anak perusahaan. Gerainya juga tersebar di seluruh Indonesia.

Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya ini adalah seorang pekerja keras. Melalui tangan dinginnya, Risma menyulap Kota Surabaya menjadi lebih indah, asri, hijau, serta segar. Maka tak heran pada Februari 2014 lalu, ia terpilih menjadi wali kota terbaik dunia versi Citymayors.com.

Risma dipilih karena dinilai sukses membawa perubahan signifikan terhadap perkembangan Kota Surabaya. Ia dengan penuh semangat mempromosikan kebijakan di bidang sosial, ekonomi, serta lingkungan.

Menurut situs tersebut, sejak menjabat wali kota pada 2010 lalu, Risma terus memperjuangkan pengembangan pelabuhan di Jawa Timur yang sudah tersendat sejak 20 tahun lalu. Sejak Risma menjabat wali kota, pengembangan lalu lintas pelabuhan sudah meningkat hingga 200%.

Sejak dipimpin Risma, Surabaya kini sudah memiliki beberapa taman, seperti Taman Persahabatan, Taman Skate dan BMX, serta Taman Flora. Taman-taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Wi-Fi, perpustakaan, serta fasilitas olahraga.

Sederet prestasi pun pernah diraihnya. Salah satunya adalah masuk dalam nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes.

Desi Anwar

Dari dunia jurnalistik, ada Desi Anwar yang sukses membangun kariernya sebagai jurnalis dan pembawa berita di Indonesia.

Cerdas, independen, serta mandiri, itulah tiga karakter yang dapat mewakili wanita ini. Ia memulai karirnya di salah satu TV nasional, hingga kini memiliki acara sendiri di salah satu TV swasta.

Melalui acaranya, Desi Anwar banyak menginspirasi masyarakat Indonesia untuk terus menjadi orang-orang yang haus akan informasi. News anchor lulusan Universitas London ini dikenal dapat berbicara dalam 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Inggris, dan Perancis.

Dengan kredibilitasnya yang sangat baik, Desi Anwar sempat beberapa kali memenangkan penghargaan. Ia juga berkesempatan mewawancarai tokoh-tokoh sukses seperti Dalai Lama, Bill Gates, Barack Obama, Lech Walesa, Zinedine Zidane, serta berbagai tokoh inspiratif lainnya.

Itulah sederet wanita Indonesia sukses yang menginspirasi. Anda bisa mengambil nilai positif dari mereka untuk meraih kesuksesan. Atau Anda punya sosok inspiratif lainnya? Yuk, share di sini.

Baca juga: Pengusaha Sukses Ini Masih Anak Muda Loh!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama