Kenapa Orang Indonesia Suka Belanja Online?

Meski banyak toko di pasar, pusat grosir, dan mal, sebagian orang lebih suka belanja online melalui internet. Mengapa? Simak alasannya berikut ini.

Belanja online kini tak asing lagi di Indonesia. Tahun 2014, nilai transaksi orang Indonesia berbelanja di toko online mencapai Rp 21 trilliun. Angka ini diproyeksi akan melonjak hingga dua kali lipat pada tahun 2015. Fantastis!

Kami melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui penyebab fenomena ini. Ternyata bukan sekedar harga murah saja yang menyebabkan toko online lebih disukai oleh banyak orang. Mau tahu alasan lainnya? Ini dia ulasannya.

Praktis

Alasan utama banyak orang memilih belanja online adalah karena praktis dan tidak ribet! Tak perlu berdandan rapi, tak perlu keluar rumah, dan tak perlu menghadapi panas serta macet. Cukup dengan koneksi internet dan alat pembayaran online, seperti token dan  kartu kredit, Anda sudah dapat membeli barang incaran. Bayangkan berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yang bisa dihemat.

Lebih Banyak Pilihan

Di pusat perbelanjaan, Anda hanya dapat melihat dan memilih barang–barang yang dipajang di etalase. Meski ada pramuniaga, tapi sering timbul rasa sungkan untuk meminta bantuan. Apalagi kalau si mbak/mas sudah bermuka masam. Iya kan?

Hal ini tak akan Anda alami saat belanja online. Karena tidak ada batasan ruang, toko online dapat menjual seluruh stok yang ada. Anda sebagai calon pembeli pun bisa melihat dan memilih barang sesuai keinginan. Tidak perlu sungkan dan tak perlu menunggu lama. 

Mudah Membandingkan Harga

Setiap pembeli, apalagi wanita, selalu ingin mendapatkan barang dengan harga termurah. Mereka rela berkeliling mal dan berpindah-pindah toko untuk mencari harga terendah. Konsekuensinya, banyak waktu terbuang dan fisik menjadi sangat lelah.

Di jagat online, perbandingan harga dapat dilakukan dalam satu waktu dengan membuka beberapa situs toko online pada tab yang berbeda di browser Anda. Cara lain yang lebih mudah adalah menggunakan situs perbandingan harga seperti telunjuk.com, priceare.co.id atau PricePanda.

Asyik kan? Tinggal klik sana-sini, Anda bisa menentukan situs yang memberikan harga termurah untuk barang incaran.

Komentar Pelanggan

Belanja di toko online juga memiliki resiko, misalnya kualitas barang tidak sesuai dengan gambar, barang yang dikirim rusak di perjalanan, atau resiko terberat, toko online ternyata fiktif.

Untuk mencegahnya hal ini, pastikan Anda selalu membaca komentar pembeli lain yang sudah pernah bertransaksi di toko tersebut. Anda bisa tahu kualitas produk incaran serta tingkat kepercayaan dan kredibilitas toko online.

Harga Lebih Murah

Poin ini sebenarnya masih menjadi perdebatan karena harga barang di toko online belum tentu lebih murah daripada di toko offline, tergantung jenis barangnya. 

Misalnya baju anak, Anda masih dapat menemukan baju anak dengan harga yang lebih murah di Tanah Abang atau Pasar Cipulir. Tapi, untuk barang fashion bermerek, tentu saja harga di toko online bisa jauh lebih murah dibandingkan di mal.

Jangan khawatir, harga lebih murah bukan karena barang yang dijual palsu atau barang kw lho. Harganya bisa lebih murah karena biaya operasional yang lebih rendah. Kan tidak perlu membayar sewa toko dan gaji karyawan. 

Banyak promo

Berbagai situs toko online juga gemar mengadakan promo untuk menggaet pelanggan baru dan meningkatkan transaksi, seperti: diskon mulai dari 30% hingga 70%, promo gratis ongkos kirim, atau cashback bagi pengguna kartu kredit. Sangat menggoda bukan?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama