Kegunaan dan Cara Mengurus SKCK

Kegunaan SKCK tidak hanya untuk keperluan melamar pekerjaan saja. Banyak kegunaan lainnya yang ditentukan berdasarkan tempat diterbitkan. Berikut ini adalah kegunaan lainnya.

SKCK Police Record

Apa itu SKCK? Pernahkah Anda mendengarnya? SKCK merupakan surat yang berisikan akan catatan-catatan dari seseorang terhadap riwayat dirinya atau di khususkan dalam tindak kriminal. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dulunya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB).

Anda bisa mengurusnya di Polres, Polsek, atau Polda tergantung dengan kebutuhan. Jadi apa sebenarnya manfaat dari selembar SKCK ini? Yang kebanyakan orang tahu SKCK digunakan untuk melamar kerja atau mengikuti penerimaan CPNS.

Tetapi sebenarnya SKCK yang diterbitkan di masing-masing tempat diatas memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini kami jabarkan masing-masing kegunaan SKCK yang diterbitkan dari ketiga tempat diatas.

1. SKCK yang Diterbitkan Polsek / Sektor

Polsek / Sektor menerbitkan SKCK untuk kegunaan beberapa hal diantaranya adalah sebagai persyaratan melamar pekerjaan Non Pegawai Negeri seperti perusahaan-perusahaan swasta kecuali perusahaan BUMN. Ada beberapa perusahaan swasta yang tidak meminta syarat SKCK, beberapa perusahaan besar biayanya meminta Anda untuk melampirkan SKCK.

Kemudian yang kedua Adalah sebagai persyaratan untuk melanjutkan sekolah, misalnya Anda ingin masuk perguruan tinggi atau SMA sederajatnya. Yang ketiga adalah sebagai persyaratan untuk pindah penduduk. Hal ini sudah di perlukan di beberapa daerah sebagai syarat proses pindah kependudukan.

Selanjutnya yang keempat jika seseorang ingin mencalonkan diri sebagai perangkat Desa maka SKCK diperlukan untuk syarat pendaftaran calon perangkat Desa. Manfaat yang kelima adalah untuk perpanjang kontrak karyawan seperti di RSUD non PNS.

Jika Anda ingin membuat perijinan usaha SKCK juga perlu dilampirkan. Dan yang terakhir adalah sebagai persyaratan membuat Buku Pelaut (bukan paspor untuk melaut keluar Negeri)

2. SKCK yang Diterbitkan Polres / Resor

SKCK Terbitan Polres

Kegunaan SKCK yang diterbitkan oleh Polres adalah sebagai berikut: pertama sebagai persyaratan masuk Pegawai Negeri (PNS) dalam lingkup pelengkap berkas CPNS atau semacamnya. Kemudian yang kedua sebagai syarat pendafataran calon Kepala Desa, DPRD Dan Kepala Daerah / Bupati.

Kegunaan yang ketiga untuk persyaratan melamar calon pegawai BUMN non PNS. Dan yang terakhir adalah sebagai syarat jika Anda ingin menikah dengan seorang anggota TNI ataupun Polri.

3. SKCK yang Diterbitkan Polda

Jika Anda ingin bekerja atau berpergian keluar negeri maka SKCK yang diterbitkan oleh Polda diperlukan untuk syarat pembuatan paspor. Kemudian, jika Anda ingin mencalonkan diri sebagai Walikota atau DPRD tingkat Propinsi SKCK juga diperlukan sebagai syarat pendaftaran.

Nah, setelah mengetahui kegunaannya lalu bagaimanakah cara membuatnya? Apakah Anda sudah pernah melakukan pembuatan SKCK? Jika belum berikut ini panduan singkatnya.

Tata Cara Mengurus SKCK

tata cara mengurus SKCK

Adapun tata cara untuk mendapatkan SKCK adalah dibagi menjadi dua bagiun untuk pengurusan SKCK baru dan memperpanjang masa berlaku SKCK.

1. Membuat SKCK Baru:

Untuk membuat SKCK baru, berikut ini adalah lanakah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
  • Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga.
  • Membawa fotocopy Akta Kelahiran/Kenal Lahir.
  • Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
  • Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
  • Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.

2. Memperpanjang Masa Berlaku SKCK:

SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan. Untuk memperpanjang masa berlaku SKCK Anda lakukanlah langkah-langkah dibawah ini:

  • Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah habis masanya selama 1 Th)
  • Membawa fotocopy KTP/SIM.
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga.
  • Membawa fotocopy Akta Kelahiran/Kenal Lahir.
  • Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
  • Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.

Biaya yang Diperlukan

Untuk mengurus SKCK biaya yang diperlukan tidaklah mahal, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Sidik Jari Rp10.000 dan Administrasi Rp 10.000. Prosesnya pun sangat mudah asalkan berkas yang diperlukan lengkap.

Baca juga: Mengurus KTP Anak dan Persyaratannya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • AHY

    terus kalau mau buat skck untuk melamar di bumn dan perangkat desa baiknya meulis keperluan skck untuk apa?

    Reply
    • M. Hilmi As Syidiqi

      Terima kasih atas bantuannya, saya mengurus skck lebih mudah

      Reply