Jokowi Salat Id di Masjid Raya Padang

Presiden Joko Widodo merayakan hari Lebaran tahun ini di Padang, Sumatra Barat. Tahun lalu dia berkunjung di Aceh. Apa yang menjadi alasan Jokowi merayakan Lebaran di daerah?

Presiden Joko Widodo disambut meriah warga Minang saat menikmati momen berlebaran di Padang, Sumatra Barat. Jokowi menjelaskan, lebaran di Padang berjalan sangat aman. Tidak ada ketakutan warga meskipun sehari sebelumnya ada teror bom di Mapolres Solo.

"Semuanya di sini berjalan aman, berjalan dengan baik. Tadi salat Id bersama dengan seluruh warga di sini semua berlangsung lancar, Alhamdulillah," jelasnya.

Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Fitri 1437 Hijriah di halaman Masjid Raya Sumatra Barat.


Aman dan Meriah 

Usai salat Id warga langsung menghampiri presiden yang salat pada shaf pertama. Meski Paspamres telah membuat barikade, tidak mengurangi antusias warga untuk melihat langsung presiden.

Presiden Jokowi yang didampingi Ketua DPD RI, Irman Gusman dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan sabar terlihat untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin bersalaman. Tidak sekadar salaman, ratusan warga pun siap dengan kamera telepon seluler untuk mengabadikan gambar presiden.

Setelah salat Id, presiden bersama rombongan langsung naik ke lantai dua Masjid Raya. Ketika itu presiden melambaikan tangan kepada warga yang berada di lapangan.

Mengapa Presiden Jokowi berlebaran di Padang? “Wilayah Indonesia itu kan tidak hanya Jakarta. Indonesia itu luas dari Sabang sampai Merauke dan saya mungkin nanti sekali ada di Jakarta lagi untuk merayakannya. Saya sudah memutuskan akan merayakan Natal, Idul Adha, dan Tahun Baru di daerah. Tahun lalu saya diminta Irwan Prayitno, gubernur Sumatra Barat, untuk datang ke Padang. Untuk tahun depan belum ada yang minta saya datang, jadi belum tahu akan kemana?” katanya.

Usai salat Id, Jokowi akan menuju ke Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan masyarakat di Jawa Tengah dalam rangka merayakan Lebaran. Dia pun ingin sekaligus pulang ke kampung halamannya di Solo. Bagi Jokowi makna Lebaran adalah bersilaturahmi baik dengan keluarga, kerabat, dan masyarakat.

Ucapan Selamat 

Presiden Jokowi  juga menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Dia meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia dalam Lebaran kali ini.

"Saya Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan semangat kerja bahu-membahu membangun bangsa, bahu-membahu membangun negara," ucap Jokowi dalam video yang diunggah dalam akun media sosialnya, Rabu (6/7) pukul 06.00WIB.

Baca juga:

Ini 5 Tempat Tradisi Lebaran Unik dan Berbeda

5 Destinasi Terpopuler untuk Libur Lebaran

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama