Jenis-Jenis Persalinan dan Perkiraan Biayanya

Menghadapi persalinan tidak hanya mental dan kesehatan saja yang harus dipersiapkan biaya pun tidak kalah penting. Berikut adalah biaya lengkap untuk persalinan

biaya persalinan

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki Anak, bukan hanya kesiapan mental yang harus dipertimbangkan oleh para orangtua. Kesiapan secara finansial juga harus diperhitungkan sebab biaya persalinan di rumah sakit saat ini tidaklah murah.

Biaya persalinan pun sangat bervariasi tergantung dengan fasilitas dan jenis persalinan yang Anda pilih. Fasilitas dan jenis persalinan membedakan tarif layanan bersalin yang ada di rumah sakit. Persalinan normal tentu lebih murah dibanding operasi caesar, tetapi bisa juga bertambah mahal jika disertai komplikasi yang butuh penanganan lebih lanjut.

Jadi Anda tinggal pilih saja dari yang paling murah sekitar Rp4 juta - Rp5 juta di klinik-klinik kecil, hingga yang mencapai puluhan juta rupiah di rumah sakit kelas VIP. Mempersiapkan biaya persalinan sebaiknya besarannya lebih tinggi dari apa yang ditargetkan.

Misalnya saja Anda ingin lahir secara normal maka persiapkanlah dana persalinan untuk operasi ceasar. Begitu juga dengan fasilitas dan layanannya seperti kamar. Hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti masalah dalam rahim dan janin yang mengharuskan Anda dioperasi.

Nah, sebagai gambaran kami mencoba menjabarkan perkiraan biaya persalinan sesuai jenis-jenis persalinan dan fasilitasnya, berikut ini penjelasannya

1. Biaya Persalinan Normal

Persalinan normal ini merupakan jenis persalinan yang memakan biaya paling murah. Jenis persalinan ini tidak memakan waktu lama di rumah sakit hanya perlu menghabiskan waktu selama 2-3 hari di klinik atau rumah sakit. Sehingga biaya persalinan juga dapat ditekan dengan durasi menginap yang terbilang singkat.

Perkiraan biaya untuk persalinan normal bervariasi tergantung pilihan rumah sakit, kelas kamar, kondisi bayi (sungsang atau normal), dan jasa pendamping yang dipilih—apakah dengan dokter kandungan atau dengan bidan.

Perkiraan dana yang dibutuhkan adalah yang paling rendah dengan kamar kelas tiga sekitar Rp5 juta – Rp10 juta. Sedangkan untuk kelas diatasnya seperti kelas dua, kelas satu, utama hingga VIP harganya bervariasi terendahnya adalah Rp12 juta dan yang tertinggi bisa mencapai Rp25 juta.

2. Biaya Persalinan Caesar

biaya persalinan caesar

Jika terjadi masalah pada persalinan sehingga dokter menyarankan Anda untuk operasi dan memilih proses persalinan ceasar, maka biaya yang dikeluarkan pun akan bertambah besar dari biaya persalinan normal.

Selain itu jika bayi lahir melalui tindakan operasi, maka Anda akan diminta untuk menghabiskan waktu lebih lama di rumah sakit agar proses pemulihan tubuh pasca operasi bisa dipantau secara lebih seksama. Itu jugalah yang menyebabkan biaya rumah sakit menjadi lebih mahal.

Perkiraan biaya pun bervariasi tergantung pilihan rumah sakit dan kelas kamar. Dana yang dibutuhkan untuk kelas paling rendah yaitu kelas tiga harganya berkisar antara Rp10 juta hingga Rp18 juta. Sedangkan untuk kelas diatasnya seperti kelas dua, kelas satu, utama hingga VIP harganya dimulai dengan kisaran Rp20 juta hingga Rp50 juta.

3. Biaya-Biaya Lainnya

Dalam proses persalinan, terkadang diperlukan tindakan ekstra untuk memperlancar keluarnya bayi dari dalam rahim. Beberapa jenis tindakan yang biasa diterapkan dalam ruang persalinan antara lain adalah:

- Induksi: cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus, berguna untuk merangsang percepatan kontraksi pada rahim. Perkiraan biaya: Rp 1 juta s/d 3 juta.

- ILA (Intrathecal Labour Analgesia): obat penghilang rasa sakit (bius lokal) yang diberikan dengan cara penyuntikan pada daerah punggung. ILA biasanya diberikan ketika sudah mencapai bukaan 5 ke atas. Perkiraan biaya: Rp1 juta s/d Rp3 juta.

Cara-Cara untuk Menunjang Biaya Persalinan

Untuk membiaya persalinan yang tidak murah itu Anda bisa menanbung dari awal kehamilan ataupun memanfaatkan beberapa fasilitas seperti berikut ini:

1. Tunjangan dari Tempat Kerja

Jika Anda adalah karyawan, biasanya mendapat fasilitas tunjangan kelahiran dari perusahaan tempat Anda bekerja. Anda bisa memanfaatkannya, pastikan nilai tunjangan persalinan yang akan disediakan. Bila sudah dipastikan, langkah selanjutnya adalah sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Misalnya, kantor hanya menyediakan tunjangan kamar untuk kelas 1, sedangkan Anda ingin kamar VIP. Sehingga Anda bisa menghitung berapa besar biaya yang harus disiapkan sendiri.

2. Asuransi

Asuransi Kesehatan

Anda dapat memilih asuransi kesehatan individu yang memiliki bonus untuk persalinan dan komplikasi. Bonusnya mencakup semua biaya yang dikenakan untuk melahirkan dan komplikasi yang mungkin timbul.

3. BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan menanggung biaya persalinan normal dan caesar. Asalkan Anda memahami syarat dan ketentuan BPJS. Jika Anda terdaftar sebagai peserta BPJS ikutilah alur yang disyaratkan, seperti pemeriksaan kehamilan melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Jika kondisi normal Anda dapat melahirkan di klinik atau Puskesmas, namun bila kehamilan berisiko Anda akan dirujuk ke rumah sakit. Biaya persalinan normal dan caesar ditanggung oleh BPJS, tentunya ini akan meringankan keuangan Anda.

Jadi berapa biaya yang harus Anda persiapkan untuk kelahiran sang buah hati? Tentunya tidak sedikit. Anda juga harus memperhatikan kenaikan biaya persalinan. Perkiraan biaya persalinan biasanya akan mengalami peningkatan sebesar 5-15% per tahun. 

Jadi, jika hari perkiraan lahir anak jatuh di tahun depan, Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap perkiraan biaya yang tercantum di atas.

Baca juga: Biaya Penting untuk Program Punya Anak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama