Jakarta One, Satu Kartu untuk Semua Kebutuhan

Kabar gembira bagi warga Jakarta saat ini bisa memiliki kartu multifungsi Jakarta One. Kartu ini hadir untuk memudahkan transaksi pembayaran dan banyak keperluan loh!

jakarta one bank dki

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo belum lama ini meluncurkan kartu Jakarta One. Kartu ini sebagai terobosan baru untuk mewujudkan Kota Jakarta menjadi Smart City dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan warga Jakarta.

Program ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Bank Indonesia. Saat ini Kartu Jakarta One baru melibatkan Bank DKI Jakarta sebagai operator. Namun kedepannya Bank Indonesia akan mendorong bank lain untuk ikut terintegrasi dengan kartu Jakarta One.

Demi Memenuhi Berbagai Kebutuhan

kartu Jakarta One

Seperti namanya Jakarta One, dengan kartu ini warga Jakarta dapat menggunakan untuk semua kebutuhan. Jakarta One menjadi combo card (kartu kombo) yang dapat menunjukkan identitas diri, penyimpanan uang, dan pembayaran elektronik.

Kartu ini hadir dengan bentuk elektronifikasi informasi dan transaksi sistem pembayaran. Sehingga warga Jakarta bisa melakukan transaksi untuk berbagai kebutuhan hanya dengan satu kartu tanpa perlu repot membayar uang tunai.

Kartu Jakarta One dapat digunakan di antaranya:

- Pembayaran naik bus Transjakarta untuk semua layanan rute, MRT, LRT, dan ERP.

- Membayar sewa rumah susun, pajak, parkir elektronik, dan retribusi.

- Untuk layanan Kesehatan seperti asuransi BPJS dan RSUD.

- Pelayanan untuk pembayaran ritel di merchant, e-ticketing, pembayaran listrik, dan telepon.

- Pelayanan perizinan terpadu satu pintu, hingga penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil menengah.

Sejauh ini, pembayaran yang bisa dilakukan dengan kartu Jakarta One, meliputi pembayaran tagihan listrik, air, telepon, pajak STNK, pembayaran sewa rusun, naik bus Transjakarta, berbelanja di pasar yang dikelola PD Pasar Jaya, toko buku Gramedia dan Gunung Agung.

Dapat Dimanfaatkan Juga untuk Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat

Penggunaan kartu Jakarta One ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pemerintah menyalurkan kredit usaha rakyat. Kartu Jakarta One. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memberikan berbagai program insentif ataupun subsidi kepada warganya.

Misalnya saja pada Pedagang Kaki Lima (PKL) di DKI yang terdaftar, menaruh uangnya di rekening bank untuk pembayaran retribusi. PKL yang menyetorkan uangnya ke bank, semua data penghasilan, arus kas bisa diketahui.

Dengan demikian pemerintah bisa dengan mudah menyalurkan kredit usaha rakyat dan mengurangi biaya perbankan yang ada.

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Tukar deposit kereta

Untuk tahap awal, kartu Jakarta One dapat dibeli di halte-halte Transjakarta, Taman Margasatwa Ragunan, serta lokasi penerapan parkir meter di Jalan Sabang (Jakarta Pusat), Kelapa Gading (Jakarta Utara), dan Jalan Falatehan, Blok M (Jakarta Selatan).

Kartu perdana Jakarta One dijual seharga Rp 40.000 dengan isi saldo Rp 20.000. Khusus untuk penjualan di Taman Margasatwa Ragunan, Bank DKI memberikan diskon seharga Rp 10.000 dengan isi saldo Rp 20.000. Diskon ini berlaku hingga Desember 2016.

Cara penggunaan kartu Jakarta One sama seperti uang elektronik pada umumnya, yakni dengan memindai ke alat pemindai saat akan melakukan transaksi. Rencananya penggunaan kartu Jakarta One akan terus dikembangkan lagi mengingat kemajuan transaksi elektronik semakin masif. 

Pembayaran menggunakan kartu Jakarta One juga dapat memperkenalkan masyarakat ke transaksi elektronik mudah dan aman.

Baca juga:
4 Perbandingan Produk E-Money di Indonesia
Wah, Asyiknya Menggunakan Uang Elektronik.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama