Ini Untungnya Wajib Pajak Ikut Tax Amnesty

Apa untungnya ikut Tax Amnesty? Utamanya adalah penghapusan pajak terhutang yang harusnya dibayarkan. Kemudian akses kredit perbankan menjadi lebih mudah.

tax amnesty

Apa saja keuntungan yang didapat wajib pajak apabila ikut dalam program tax amnesty? Keuntungan utama yang akan diperoleh wajib pajak peserta tax amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang.

Tax amnesty ini diterapkan hanya sekali, jadi sangat sayang untuk dilewatkan. Sebab pemerintah memberikan berbagai paket keringanan bagi wajib pajak yang berniat mendeklarasikan penghasilan kena pajak secara terbuka, atau membayar pajak yang belum terbayarkan.

Kesediaan wajib pajak melaporkan penghasilan kena pajak atau membayar pajak akan membantu pemerintah membangun pusat data perpajakan lebih akurat serta menghimpun penerimaan pajak yang berguna untuk membiayai pembagunan infrastruktur di Indonesia.

Pemerintah juga menegaskan jika tax amnesty ini tidak akan ada lagi dan hanya berlaku sampai 31 Maret 2017. Sehingga momentum ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh wajib pajak, Terhitung mulai 18 Juli 2016 kemarin tax amnesty sudah bisa dijalankan.

Keuntungan Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak

pendaftaran tax amnesty

Dalam Undang-Undang ditegaskan, bahwa pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap Harta dan membayar Uang Tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.

Setiap wajib pajak berhak mendapatkan pengampunan pajak, yang diberikan melalui pengungkapan harta yang dimilikinya dalam surat pernyataan.

Lalu apa saja sih keuntungan/insentif pajak jika Anda memilih ikut program Tax Amnesty ini setelah WP memperoleh surat keterangan pengampunan pajak? Wajib Pajak akan memperoleh fasilitas pengampunan pajak berupa:

1. Penghapusan Pajak Terutang

Penghapusan pajak terutang yang belum diterbitkan ketetapan pajak, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan, dan tidak dikenai sanksi pidana di bidang perpajakan, untuk kewajiban perpajakan dalam masa pajak, bagian Tahun Pajak, dan Tahun Pajak, sampai dengan akhir Tahun Pajak Terakhir

2. Penghapusan Sanksi Andministrasi

Wajib pajak akan dibebaskan dari sanksi administrasi perpajakan berupa bunga, atau denda, untuk kewajiban perpajakan dalam masa pajak, bagian Tahun Pajak, dan Tahun Pajak, sampai dengan akhir Tahun Pajak Terakhir

3. Bebas Pemeriksaan

Setiap pelaporan tidak akan dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan, atas kewajiban perpajakan dalam masa pajak, bagian Tahun Pajak, dan Tahun Pajak, sampai dengan akhir Tahun Pajak Terakhir

4. Tidak Ada Pemeriksaan Pajak

pemeriksaan tax amnesty

Pelaporan pajak tidak akan ada proses pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan, dalam hal Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan atas kewajiban perpajakan, sampai dengan akhir Tahun Pajak Terakhir, yang sebelumnya telah ditangguhkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (3),

5. Pembebasan PPh

Wajib pajak yang mengikuti program tax amnesty, akan mendapat pembebasan PPh untuk balik nama harta tambahan. Jadi, kalau seseorang membeli rumah memakai nama orang lain, dengan tax amnesty, ada pembebasan PPh kalau rumah itu diubah dengan nama pemilik asli rumah tersebut.

6. Kemudahan Akses Kredit Perbankan

Tax amnesty juga ditujukan bagi sektor informal yang selama ini belum memiliki NPWP dan menyampaikan SPT Tahunan. Jadi, dengan memiliki NPWP, wajib pajak akan terhindar dari sanksi pajak dan denda tinggi, yakni 30% dan 48%.

Selain terhindar dari sanksi dan denda pajak, para wajib pajak juga dapat mengakses kredit perbankan lebih mudah. Pengajuan pinjaman, kartu kredit dan kredit kendaraan salah satu syaratnya adalah memiliki NPWP, penurunan suku bunga juga dapat menjadi peluang untuk wajib pajak menadapatkan kredit bank.

Khusus untuk pengguna kartu kredit, tax amnesty berpengaruh pada penundaaan pelaporan data transaksi kartu kredit yang dilakukan oleh bank penerbit kartu kredit, nasabah kartu kredit pun lebih tenang.

Nah, itulah keuntungan tax amnesty bagi wajib pajak yang melaporkan penghasilan kena pajak atau membayar pajak yang belum terbayarkan. Adanya tax amnesty kewajiban pajak diringankan, Anda pun dapat berperan serta dalam pembangunan Indonesia.

Baca juga:
Berkat Tax Amnesty, Ditjen Pajak Tunda Aksi 'Intip' Kartu Kredit
Kini Kredit Rumah Lebih Murah, Bunga KPR BTN Turun Jadi 9,5 %

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama