Ini Alasan Mengapa Harga BBM Non-subsidi Pertamina Belum Turun

Walaupun harga minyak mentah sudah turun, namun PT Pertamina (Persero) belum menurunkan harga BBM non-subsidi. Ungkap alasannya dalam artikel ini.

Harga minyak mentah dunia sudah mengalami penurunan sejak bulan Oktober. Namun hingga sekarang, hanya PT Pertamina (Persero) yang belum menurunkan harga BBM non-subsidi yang tersedia di SPBU mereka.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, alasan Pertamina belum menurunkan harga BBM non-subsidi adalah karena perusahaan tersebut masih mengevaluasi harganya. Saat ini, Pertamina masih memiliki banyak stok yang mereka beli ketika harga minyak masih tinggi.

Adiatma pun menjelaskan bahwa Pertamina tidak segera menaikkan atau menurunkan harga jual BBM berdasarkan harga minyak mentah yang ada di pasaran. "Sebagai patokan saja harga asumsi kita APBN US$ 48 per barel, walaupun turun masih belum sesuai dengan perkiraan awal, tapi kata kuncinya evaluasi terus, dan tidak terlalu buru-buru naik atau turun," lanjutnya.

(Sumber foto: presidentpost.id)

Lalu, kapan evaluasi harga BBM non-subsidi tersebut selesai? Adiatma tidak memberikan jawaban yang pasti. "Ya kita banyak pertimbangan selain harga itu sendiri, daya beli masyarakat dan lain-lain yang menyebabkan harga BBM naik atau turun," ungkapnya.

Pemerintah telah memberi batas waktu hingga Januari 2019 untuk Pertamina menurunkan harga BBM non-subsidi. Jika harga BBM non-subsidi Pertamina belum juga turun, maka pemerintah akan memanggil kembali perusahaan tersebut.

Bagi Anda yang ingin membayar bensin dengan kartu kredit, bisa menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback seperti Maybank White Mastercard PlatinumBukopin Visa Gold dan UOB One Card Visa Platinum.

(Sumber: KontanKompasDetik.com)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama