Ini 5 Tempat Tradisi Lebaran Unik dan Berbeda

Menjelang Lebaran, di beberapa tempat memiliki tradisi yang unik dan berbeda. Mari kita intip bagaimana proses tradisi di setiap tempat tersebut!

Berbagai daerah di Indonesia biasanya memiliki tradisi unik menjelang Lebaran. Alasannya, setiap orang yang berada di daerah memiliki pola dan juga perilaku yang tak pernah sama di setiap tempatnya. Namun, dengan berbagai macam tradisi unik dan juga adat istiadat yang bermacam-macam membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang menarik di mata dunia. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat yang memiliki kebiasaan unik di hari Lebaran jangan sampai melewatkannya begitu saja.

Yogyakarta

Selain dikenal dengan Kota Pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan tradisi unik menjelang Lebaran yaitu Grebek Syawal. Acaranya membawa Gunungan Kakung dan juga Gunungan Putri yaitu, sekumpulan sayuran dan hasil bumi lain disusun  kerucut untuk dibawa ke halaman Masjid Kauman untuk didoakan. Namun jangan sampai Anda lengah, karena saat acara doa sudah selesai banyak orang dengan sigap langsung mengambil beragam isinya. Diyakini kehidupan orang yang sudah mendapat gunungan tersebut menjadi berkah dan sejahtera. Nah untuk Anda yang berniat jalan-jalan sekitaran Jawa Tengah atau Yogyakarta jangan lewatkan promosi menggunakan kartu kredit Danamon, jika menginap di hotel The Grand Edge mendapat potongan diskon 65%.

Bali

Bali merupakan destinasi favorit di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon 50% di Hotel Harper Kuta bagi pemegang kartu kredit Danamon. Ternyata Bali juga memiliki tradisi unik menjelang lebaran lho, yaitu umat Islam di Bali biasanya memberikan makanan kepada tetangga sekitarnya yang berbeda agama. Alasannya, mayoritas orang di bali menganut agama Hindu. Namun, ketika umat Hindu merayakan hari rayanya mereka juga memberikan beberapa makanan kapada umat Islam. Hal ini terjadi turun temurun di Bali dengan maksud agar kerukunan selalu terjaga dan menciptakan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Lombok

Ada pula salah satu tradisi unik di lombok yaitu perang topat. Perang topat biasanya dilakukan seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Suku Sasak biasanya melakukan tradisi melempar ketupat kepada warga. Alasannya mereka yakin dengan melakukan perang topat, Tuhan akan selalu mengabulkan doa mereka setiap saat. Selain memiliki acara tradisi yang unik, Lombok juga memiliki keindahan alam alami.   Apabila Anda ingin menikmati suasana alam yang indah di Pulau Lombok Garuda Indonesia sedang melakukan promo bagi penerbangan ke daerah Lombok dengan menggunakan kartu kredit HSBC. 

Aceh

Dari kota Lombok beralih ke Aceh, nah salah satu tradisi unik dari Kota Serambi Mekah ini yaitu menjelang Lebaran para penduduknya biasanya memasak daging  bersama-sama, lalu di bagikan kepada warga tak mampu. Hal ini sama seperti menjelang Idul Adha, acara memasak daging ini biasanya di kumpulkan di sebuah tempat lapang dan dipotong bersama-sama. Tujuan dari acara yang disebu meugang ini adalah untuk berbagi rasa senang dan bahagia kepada sesama.

Bengkulu

Bengkulu memiliki tradisi unik, , yang biasa dilakukan ketika malam takbir biasanya disebut dengan Lunjuk. Yaitu, batok kelapa disusun secara memanjang ke atas. Kira-kira sudah cukup panjang lalu di sulutkan api untuk memberikan doa kepada leluhur-leluhur yang telah meninggal. Tradisi unik biasanya dikenal dengan Ranjak Sayak. Namun tradisi unik ini hanya dilakukan oleh suku Serawai di daerah Bengkulu.

Bagi Anda yang suka mengunjungi destinasi menarik lainnya, tak ada salahnya jika menggunakan kartu kredit untuk bisa memangkas pengeluaran. Alasannya dengan menggunakan kartu kredit tentunya pengeluaran untuk pesawat terbang dan juga penginapan bisa lebih murah dengan menggunakan promo yang ada. Selain itu, ada pula beberapa tempat makan yang dapat menghemat keuangan Anda untuk menggunakan kartu kredit. Namun, bagi Anda yang belum membuat kartu kredit, jangan khawatir KreditGoGo. bisa membantu Anda mewujudkannya. 

Baca Juga : Pentingnya Asuransi Bagi yang Ingin Traveling 
Ini Lho Kartu Kredit untuk Para Traveller

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama