Ingin Adopsi Hewan? Cek Biayanya di Sini!

Memelihara hewan memang menjadi pilihan banyak orang. Kira-kira, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadopsi hewan? Cek selengkapnya di sini!

Mengadopsi hewan peliharaan memang menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain sebagai hobi, hewan peliharaan juga bisa dijadikan ‘teman’ bermain. Bahkan, hewan seperti anjing juga bisa menjadi pelindung bagi pemiliknya.

Dengan mengadopsi hewan peliharaan, tentu Anda pun memerlukan biaya untuk perawatannya. Jika punya hobi, jangan sampai lupakan kocek, ya. Lalu, berapakah kocek yang harus dikeluarkan? Simak rinciannya di bawah ini.

Kucing

Hewan menggemaskan satu ini memerlukan perawatan yang cukup detail. Beberapa perlengkapan dasar yang harus dipenuhi oleh si pemilik kucing antara lain.

Perlengkapan Harga
Makanan kucing Rp 60.000/kg (untuk 1 bulan)
Litter box Rp 10.000
Keranjang kucing Rp 65.000
Sampo kucing Rp 25.000 (untuk 2-3 bulan)
Total Rp 160.000

Sebenarnya, Anda masih bisa memangkas biaya makanan kucing, yaitu dengan mengganti makan kucing dengan harga yang lebih murah. Namun, alangkah baiknya jika memberi makanan kucing sebaik mungkin. Namun, jika hal tersebut belum bisa terlaksana diawal memelihara kucing, maka biaya makanan kucing bisa dipangkas menjadi Rp 30.000/kg.

Anjing

Saat Anda memutuskan untuk memelihara seekor anjing, ada beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi, antara lain.

Perlengkapan Harga
Makanan anjing Rp 250.000/10kg (untuk 1,5—2 bulan)
Vaksin & pemeriksaan dokter Rp 350.000/tahun
Obat cacing Rp 20.000 (pemberian tergantung usia anjing)
Kalung leher + tali Rp 25.000
Total Rp 645.000

Jika Anda ingin membeli anjing, tentukanlah jenis anjing yang diinginkan. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu jenis ras, tidak ada salahnya Anda mencari tahu terlebih dahulu, misal dengan bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman, membaca buku, mencari referensi melalui internet dan lain sebagainya. Jenis anjing yang Anda pilih juga akan menentukan budget perawatan.

Burung

Hewan peliharaan memang mampu memberikan kegandrungan tersendiri. Burung merupakan salah satu yang hewan yang umum dipelihara, terutama oleh para pria. Berikut adalah perlengkapan yang harus dipenuhi jika Anda ingin memelihara burung, dalam hal ini contohnya adalah burung parkit.

Perlengkapan Harga
Makanan burung Rp 15.000/750gr (untuk 1 bulan)
Jagung/kangkung Rp 14.000/minggu
Vitamin Rp 12.500 (untuk kondisi burung siap kawin dan saat sakit)
Tulang sotong Rp 9.000/2 bulan
Kandang burung Rp 250.000
Total Rp 300.500

Bila Anda ingin memelihara burung, pastikan terlebih dahulu jenis burung apa yang ingin Anda pelihara. Berilah vitamin tambahan ke dalam air minumnya, agar terhindar dari penyakit dan burung selalu dalam kondisi prima. Selain itu, jangan memandikan burung yang baru Anda beli dari pasar, karena burung dari pasar biasanya kondisinya masih lemah dan rentan penyakit bila dimandikan. Tunggu sekitar 2—3 minggu. Bila burung Anda sudah terlihat sehat, Anda bisa memulai untuk memandikan dengan menggunakan spray atau cepuk mandi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama