Hitung Untung Bisnis Waralaba Terpopuler di Indonesia

Terdapat 25 brand waralaba terpopuler di Internet, ini menjadi target Anda yang ingin mejalankan bisnis waralaba. Ketahui tips mendapat modal sebelum memulai usaha.

Para pewaralaba ini mampu memanfaatkan tren digital untuk menaikkan tingkat popularitasnya di internet dan mengukuhkan posisi teratas di industri.Trans N Co Research mengumumkan 25 merek perusahaan franchise terpopuler di internet.

25 merek populer tersebut adalah Alfamart, JNE, Martha Tilaar Salon Day Spa, Carvil, Shop & Dribe, Quick Chicken, Arfa Babershop, Diva Karaoke, Robotics Education Centre, Rocket Chicken, Depo Air Minumbiru dan Saban Fried Chicken.

Kemudian, Bebek Jumbo, MOZ5, TIKI, Kiddy Cuts, Bakmi Naga Resto, Era, Miracle, Voltras Agent Network, Snapy, Gian Pizza, Auto Bridal, ESL Express, dan Apotek Kimia Farma.

Digital Marketing

Mengukur Potensi Bisnis dari Digital Marketing

Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 dapat menjadi tolak ukur yang mutlak untuk Anda para pembeli waralaba. Ini bisa jadi rujukan valid untuk mereka yang ingin membeli bisnis franchise.

Dalam survei Indonesia Digital Popular Brand Award 2016, di Kategori Bisnis Franchise, Lisensi dan Kemitraan brand dengan tingkat pupularitas tertinggi adalah brand yang melakukan berbagai brand activation dan customer engagement di internet.

Realita ini menarik untuk disimak, bisa dikatakan brand franchise yang menjadi market leader di industrinya adalah yang melakukan proses digital marketing mutlak dilakukan, sebab tren konsumen sudah mengarah pada dunia digital. Jika ingin brand bisnis Anda menjadi market leader maka digital marketing mutlak dilakukan, sebab tren konsumen sudah mengarah pada dunia digital.

Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 diberikan kepada merek-merekFranchise, Lisensi dan Kemitraan dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria. Pertama, merek yang memperoleh nilai popular minimal 1.000 google search per bulan atau total final skor minimal 15%.

Kedua, merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam tiga peringkat teratas pada kategori bisnisnya. Keduapuluh lima merek di atas sudah tebukti berdasarkan penilaian Indonesia Digital Popular Brand Award 2016, ini bisa menjadi sasaran Anda untuk berbisnis waralaba.

business plan

Persiapan Sebelum Terjun Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise ini sangat menarik bagi beberapa kalangan khususnya bagi Anda yang menginginkan penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan. Selain efektif sebagai wadah investasi yang produktif, berbisnis franchise juga dinilai sangat simpel, karena para investor tidak perlu direpotkan lagi dengan beberapa hal yang biasanya harus dilakukan saat memulai usaha

Sebelum memulai binis waralaba ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui, berikut ini adalah beberapa tips yang layak Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bisnis waralaba:

1.Tentukan Minat dan Passion Anda

Dalam berbisnis, Anda harus menyesuaikan pilihan investasi anda pada bidang usaha yang benar- benar anda minati dan kuasai, Steve Jobs pernah berkata, bahwa kesuksesan terjadi karena kita mencintai apa yang kita kerjakan.Tak terkecuali dalam bisnis, cintailah pilihan bisnis dan jalanilah sebagai bagian dari passion.

2. Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih

Ada banyak pilihan franchise yang bisa Anda jadikan alternatif untuk berinvestasi, mulai dari yang paling kecil modalnya hingga yang paling besar. Anda bisa memilih 25 Top Brand di atas berdasarkan survei yang dilakukan Indonesia Digital Popular Brand Award 2016.

Anda bisa memaksimalkan fungsi pinjaman dalam memulai bisnis waralaba. Jika tabungan sudah dipersiapkan, jadikan pinjaman sebagai pelengkap modal yang akan membuat bisnis waralaba semakin sukses.

Pilihan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tepat untuk mewujudkan bisnis waralaba pada  2016 ini. Standard Chartered Bank KTA akan melengkapi modal bisnis Anda dengan pinjaman dana cepat cair dan tanpa proses ribet.

Keistimewaan lainnya adalah suku bunga yang ringan dan flat dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih pinjaman ini. Dengan keitimewaan tersebut cicilan per bulannya pun tetap, Anda tidak perlu khawatir dengan suku bunga pinjaman yang berubah-ubah.

3. Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise Dengan Seksama

Kenali brand franchise yang kuat, setiap perusahaan franchise pastinya sudah memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand awareness mereka yang sudah dibangun dengan baik. Semakin ketat dan baik sistem dalam franchise tersebut maka semakin layaklah untuk Anda pilih.

4. Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis

Perlu dipertimbangkan juga secara seksama, apakah Anda perlu untuk membeli lokasi usaha atau hanya sekadar menyewa. Keputusan untuk memilih tempat usaha haruslah disesuaikan dengan jenis usaha, target pasar dan potensi bisnis di wilayah tersebut. Jadi riset terlebih dahulu dan fokuslah pada tujuan bisnis Anda.

KTA cepat cair

Modal yang Cukup untuk Memulai Bisnis Waralaba

KreditGoGo mencoba memberikan gambaran modal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis waralaba. Ambil contoh seperti Alfamart, untuk membuka gerai baru, berapa modal yang harus Anda siapkan?

Gerai Baru adalah bentuk waralaba Alfamart yang bisa Anda pilih dengan tipe gerai disesuaikah dengan luas lahan Anda. Di Alfamart ada 2 tipe gerai yakni tipe 36 rak dan 45 rak. Masing-masing tipe memiliki nilai investasi yang berbeda. Berikut perkiraannya.

TIPE GERAI LUAS AREA SALES* INVESTASI**
36 RAK 80 M2 Rp 397 JUTA
45 RAK 100 M2 Rp 417 JUTA

Dengan nilai investasi sebesar itu, Anda akan mendapatkan : franchise fee 45 juta selama 5 tahun, instalasi kelistrikan, peralatan gerai dan air conditioner, sistem informasi ritel, shop sign dan sign pole, perizinan gerai, promosi, dan persiapan pembukaan gerai.

Jadi apabila Anda ingin memulai sebuah bisnis waralaba pilih dahulu dan tentukan berapa modal yang harus Anda siapkan. Agar rencana bisnis tersebut berjalan mulus maksimalkan keunggulan KTA Standard Chartered Bank.

Ajukan langsung secara online melalui KreditGoGo, raih juga kesempatan ganda bonus powerbank Xiaomi, dapat modalnya nikmati untungnya!

Baca juga:
Pinjaman yang Bisa Berikan Modal Tanpa Proses Ribet
Modal Minimal Untung Maksimal Bisnis Fashion Muslim

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama