Hewan-hewan Ini Juga Bisa Jadi Dokter Lho!

Biaya pengobatan semakin mahal. Uang ratusan juta pun seakan tak ada artinya lagi. Nah, mungkin beberapa hewan ini bisa membantu Anda menyembuhkannya!

Apakah Anda tertarik memiliki hewan peliharaan di rumah? Jika jawabannya iya, berarti Anda termasuk orang yang berkomitmen tinggi. Mengapa? Ini dikarenakan ketika Anda memutuskan untuk memeliahara hewan, sama saja dengan Anda memutuskan untuk memiliki seorang anak. Anda harus merawatnya dengan penuh kasih sayang, juga memberinya asupan makanan yang cukup.

Tak hanya itu, Anda juga harus menjaga kesehatan hewan tersebut agar tidak mengidap suatu penyakit. Anda bisa membawanya ke klinik hewan untuk memeriksakan kondisi kesehatan peliharaan Anda, sekaligus juga memberinya vaksin secara rutin.

Nah, agar hewan peliharaan Anda selalu tampil cantik dan menggemaskan, Anda juga bisa membawanya ke salon khusus hewan untuk merapikan bulu dan kuku yang dimiliki, terutama untuk jenis peliharaan seperti kucing dan anjing. Ya, kedua hewan tersebut merupakan dua jenis hewan peliharaan yang paling banyak diminati untuk menjadi hewan peliharaan. Tentunya karena mereka merupakan hewan yang lucu, jinak, dan juga penurut.

Namun, banyak juga lho yang memilih untuk memelihara hewan yang ‘tidak biasa.’ Memang, biasanya hewan yang dijadikan peliharaan di rumah merupakan jenis hewan yang jinak dan lucu, seperti kucing, anjing, burung, ikan, dan juga kelinci.

Tak banyak memang yang memilih untuk memelihara hewan-hewan ekstrim, tetapi tahukah Anda jika hewan-hewan yang dianggap berbahaya itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita? Pastinya hal ini sangat sulit untuk dipercaya. Maka dari itu, berikut kami berikan beberapa daftar jenis hewan ekstrim yang bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Kalajengking

Wujud dari hewan ini memang mengerikan, dan bisa yang dimiliki pun terkenal beracun juga mematikan. Namun, hewan yang satu ini merupakan obat yang cukup ampuh bagi beberapa jenis penyakit.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, daging bagian ekor kalajengking bisa membantu mengatasi persoalan penyumbatan darah yang diderita manusia. Tak hanya itu, ia juga bisa dijadikan sebagai obat anti kanker, anti mikroba, anti kejang, penghilang rasa sakit, stroke, jantung, pereda ketegangan otot, sampai obat untuk mata juling.

Ular

Hewan berbisa ini paling ditakuti oleh banyak orang. Ini dikarenakan ular sering muncul di permukiman warga. Sarang dari hewan berbisa ini sangat berdekatan dengan tempat tinggal manusia. Bahkan ular pernah diberitakan muncul di dalam toilet rumah penduduk.

Namun, siapa yang mengira jika hewan mengerikan ini memiliki berbagai khasiat. Menurut penelitian yang telah dilakukan, bisa ular dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan juga penyakit ginjal.

Tarantula

Masih sama menakutkannya seperti kedua hewan yang telah disebutkan sebelumnya, tarantula juga merupakan jenis hewan berbisa yang berkhasiat mengobati penyakit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada seekor tikus, tarantula bisa mengatasi penyakit distrofi otot yang menyebabkan terganggunya fungsi otot dan menurunkan fungsi kerjanya.

Laba-laba

Hewan yang juga dijadikan sebagai simbol tokoh pahlawan animasi ini juga termasuk dalam jenis hewan berbisa yang banyak ditakuti manusia. Bentuknya yang berbulu dan memiliki banyak kaki juga berbisa membuat banyak orang enggan untuk memeliharanya.

Namun, tahukah Anda jika hewan yang satu ini dapat membantu meningkatkan proses ereksi pada pria? Bisa pada laba-laba asal Brazil yang berjenis Phoneutria Nigriventer telah diteliti pada penis seekor tikus, menghasilkan jaringan penile pada tikus tersebut mengalami kontraksi.

Kepik

Kepik merupakan jenis serangga berwarna-warni yang sangat menggemaskan. Bentuknya yang mungil membuat semua orang gemas ingin menyentuhnya, tetapi si mungil satu ini juga berbisa lho. Bisa yang biasa dikeluarkan oleh seekor kepik dapat mengakibatkan seseorang yang terkena bisanya mengalami gatal-gatal.

Bisa berbentuk cairan yang keluar dari kaki-kaki kepik tersebut kemudian diteliti oleh ilmuwan, dan menghasilkan kandungan mirip dengan antibiotik di dalamnya. Nah, kandungan tersebutlah yang bisa digunakan sebagai antibiotik untuk penyakit TBC dan juga Malaria.

Biaya Kesehatan Saat ini

Sudah bukan rahasia lagi jika biaya kesehatan semakin meningkat. Untuk biaya rawat inap sehari semalam saja bisa menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah. Mulai dari biaya yang digunakan untuk sewa kamar, hingga obat-obatannya.

Hal tersebut hanyalah gambaran biaya pengobatan penyakit yang tergolong ringan. Lalu, bagaimana dengan biaya pengobatan penyakit kronis? Untuk mengobati suatu penyakit kronis diperlukan biaya hingga ratusan juta dalam sebulan. Mengapa? Ini dikarenakan beberapa penyakit kronis seperti kanker membutuhkan dana untuk dilakukannya kemoterapi. Untuk biaya satu kali kemo bisa mencapai Rp 15 juta hingga Rp 20 jutaan. Belum lagi biaya untuk obat-obatan lainnya dan transportasi pulang pergi ke Rumah Sakit.

Melihat hal tersebut, mungkin beberapa jenis hewan berbisa yang telah disebutkan sebelumnya bisa membantu Anda meringankan beban biaya pengobatan penyakit yang diderita.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama