Harga 1 Dollar Amerika Diberbagai Negara

Di Indonesia uang 1 dollar bisa membuat kamu kenyang, ataupun isi pulsa ponsel. Lalu bagaimanakah di negara lain, seberapa berhargakah uang 1 dollar?

Tumpukan uang dollar

Dollar Amerika masih menjadi mata uang paling berpengaruh di dunia. Jika Anda melihat kurs mata uang, entah di internet, surat kabar atau di manapun, hampir semua mata uang di-versus-kan ke mata uang Dollar Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri nilai tukar Dollar terhadap Rupiah menguat sejak tahun kemarin.

Rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2015 yang diperkirakan mencapai Rp13.400 hingga Rp13.500 per Dollar AS. Sedangkan pada tahun 2016 diprediksi pada kisaran Rp 13.900 hingga Rp 14.100 per Dollar AS, lebih rendah jika dibandingkan rata-rata tahun kemarin

Lantas bagaimana nilai tukar Dollar dinegara-negara lain? Jika di Indonesia 1 Dollar masih bisa untuk naik kendaraan umum, beli nasi bungkus, ataupun pulsa ponsel. Apa yang bisa Anda beli dengan uang 1 Dollar di negara-negara lain selain Indonesia? Berikut ini penjelasannya.

1. Filipina

Kurs Filipina

Di Filipina nilai tukar 1 Dollar setara dengan 47.44 Philippine Peso, jika dirupiahkan adalah sekitar Rp 13. 416. Filipina menjadi negara lainnya yang masih ramah dengan uang senilai 1 Dollar. Sebab di sini, Anda dapat memperoleh pijatan kaki selama 30 menit lamanya.

Bukan hanya itu saja, di negara dengan ibukota Manila ini, Anda juga dapat membeli kerupuk ikan goreng, memangkas rambut di tukang pangkas rambut khusus pria, membeli kopi, bisa juga membeli baterai tipe double A (AA).

Tidak hanya itu, bahkan Anda bisa menggunakannya untuk berselancar di dunia maya selama dua jam. Selain itu, Anda masih bisa menikmati kelezatan donat, membeli 4 liter air, dan juga dapat bepergian menggunakan taksi dengan jarak 2-4 kilometer. 

Jika Anda lapar, maka Anda dapat membeli beberapa mangkok nasi.

2. Vietnam

Kurs Vietnam

Lain halnya dengan yang akan Anda dapatkan di Vietnam. Di sini 1 Dollar bernilai 22.286 Vietnamese Dong atau setara dengan Rp13,42. Jika Anda berkunjung ke Vietnam dan membawa uang 1 dollar, Anda dapat menggunakannya untuk meyewa sepeda seharian. 

Selain itu Anda pun dapat menggunakannya untuk membeli 2 cangkir kopi susu, bisa mencicipi sup asli Vietnam yang terkenal. Jika Anda penyuka telur puyuh, maka Anda dapat menggunakan uang 1 Dollar untuk membeli 40 buah telur puyuh sekaligus!

Bahkan jika Anda membutuhkan air, uang 1 dollar dapat Anda gunakan untuk membeli 7 liter air. Dan jika Anda tengah malas mencuci baju, silahkan gunakan uang 1 dollar tersebut untuk laundry pakaian Anda.

3. Korea Selatan

Kurs Korea Selatan

Negara yang terkenal dengan boyband dan girlband ini menawarkan produk-produk kecantikan yang beragam. Jika membawa uang 1 Dollar di Korea Selatan Anda sudah bisa merasakan perawatan dengan masker wajah dan bisa berjalan-jalan naik kereta dengan menggunakan kartu metro.

Nilai 1 Dollar jika di mata uangkan South Korean Won adalah sebesar 1204,31 KRW. Ini setara dengan Rp13.437,88.

4. Turki

Kurs Turki

Lalu, seberapa berharganyauang 1 Dollar di Turki? 1 Dollar di Turki dihargai sebesar 2.93 Turkish Lira. Jika Anda rupiahkan sekitar Rp13.429,4. Di Negara Islam ini, Anda bia mendapatkan sebotol minuman karbonasi dan sebuah sandcwich dengan uang 1 Dollar.

Selain itu Anda juga bisa membeli berbagai jenis buah-buahan, seperti satu kilogram jeruk dan satu buah pisang. Jangan sampai takut ketinggalan berita karena di sini Anda masih bisa membeli tiga buah surat kabar sekaligus menggunakan uang 1 dollar yang Anda miliki.

5. Thailand

Kurs Thailand

Menungujungi Thailand untuk mengisi waktu libur memang pilihan yang tepat. Di Thailand, Anda masih bisa menggunakan uang 1 dollar untuk membeli banyak barang. 1 Dollar jika ditukarkan kedalam mata uang Negara Thailand adalah sebesar 35.27 Thai Baht atau setara dengan Rp13.427,23.

Di Tahiland Anda bisa membeli satu gallon air mineral yang volumenya setara dengan 4 liter air dengan 1 Dollar. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk membeli 1,5 liter minuman karbonasi dan membeli es krim Dairy Queen. 

Sedangkan untuk bahan bakar dengan 1 Dollar Anda bisa mendapatkan satu liter bensin. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk menelepon selama satu jam.

Nah melihat penjelasan diatas, nilai tukar Dollar terhadap mata uang di negara lain berbeda-beda, walaupun hanya 1 dollar kita sudah bisa menikmati banyak hal, bagaimana di belahan dunia lainnya?

Baca juga: Sejarah Mata Uang Rupiah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama