Gaya Hidup Baru, Apartemen Jadi Pilihan Mahasiswa

Banyak apartemen ditawarkan untuk mahasiswa, lokasi dekat kampus dan fasilitas lengkap menjadi pilihan gaya hidup hunian baru. Selain itu mahasiswa bisa membeli apartemen dengan mencicil.

Ada pergeseran gaya hidup para mahasiswa, mereka cenderung memilih apartemen dari pada kos-kosan atau asrama. Saat ini sepertinya memilih tempat hunian berupa apartemen ialah pilihan yang bijak di tengah sempitnya lahan perumahan. Mudahnya akses, fasilitas modern, menjadi beberapa alasan mahasiswa memilih apartemen. 

apartemen mahasiswa

Tidak mengherankan apabila tinggal di apartemen, kini sudah menjadi tren gaya hidup, terutama di wilayah perkotaan. Namun gaya hidup tinggal di apartemen tidak hanya menyasar kalangan pekerja kantoran yang tinggal di pusat kota, tetapi juga kalangan mahasiswa.

Mengapa Apartemen Diminati Mahasiswa?

Apa yang membuat mahasiswa memilih apartemen sebagai tempat hunian? Padalah harganya cukup mahal! Alasan yang pertama adalah Apartemen mampu menyediakan banyak fasilitas seperti gimnasium, kolam renang, pusat belanja, dan ruang belajar lebih nyaman.

Di mana fasilitas tersebut tidak mereka dapatkan di tempat kos ataupun asrama. Namun bagaimana dengan harga beli apartemen, bukankah cukup mahal? Mahasiswa sekarang berbeda dengan mahasiswa zaman dulu, daya beli,  dan kemampuan finansial mereka meningkat.

Selain itu pengembang apartemen tak segan memberikan eksta insentif agar menarik pembeli potensial dengan skema cicilan lebih lama, mahasiswa dapat memanfaatkan Kredit pemilikan apartemen (KPA). Fasilitas cicilan yang diberikan pengembang bisa hingga 100 bulan lamanya.

Ketimbang sewa kamar senilai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per bulan, lebih baik dialihkan untuk mencicil apartemen, di mana 10 atau 15 tahun kemudian bisa menjadi hak milik dan dijadikan instrumen investasi dengan disewakan kembali

Sehingga tidak heran beberapa daerah seperti Yogyakarta, Surabaya dan Depok banyak bermunculan apartemen yang khusus ditujukan bagi segmen pasar mahasiswa. Coba kita lihat contohnya berikut ini?

1. Yogyakarta

Yogyakarta sebagai kota pendidikan juga tidak luput disasar oleh para pengembang apartemen untuk memasarkan apartemen khusus untuk mahasiswa. Sekarang ini tak kurang dari tujuh proyek pembangunan apartemen dengan konsep dan segmen yang disesuaikan kebutuhan mahasiswa.

Ketujuh proyek tersebut adalah apartemen Malioboro City, Vivo Apartement, Student Park, Sahid Yogyakarta Lifestyle Center, The H Residence, apartemen 7 Star, dan Mataram City. Semua apartemen tersebut memberikan banyak fasilitas penunjang untuk mahasiswa.

Hampir sebagian pengembang apartemen di Yogya karta menawarkan konsep hunian yang simple, namun lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Antara lain; Sport centre, sistem keamanan 24 jam, wifi free dan beberapa sarana lainnya.

Sementara, untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp250 juta sampai dengan di atas Rp500 juta. Untuk menarik pembeli pengembang juga memberikan promo yang menyasar mahasiswa, misalnya diskon khusus untuk pemegang kartu mahasiswa, atau diskon tambahan untuk mahasiswa dengan nilai IPK di atas 3.

apartemen mahasiswa bagus

2. Surabaya

Di Surabaya pun sama proyek apartemen di dekat sarana pendidikan seperti universitas dan menyediakan unit-unit tipe studio adalah yang paling banyak terjual. Pasar mahasiswa inilah yang menjadi faktor menentukan dari kinerja penjualan apartemen di Surabaya.

Ada juga proyek apartemen utnuk segmen menengah ke bawah dengan rentang harga yang ditawarkan mulai dari rentang harga mulai dari Rp400 juta hingga Rp650 juta per unitnya. Fasilitas kredit pemilikan apartemen juga ditawarkan untuk mahasiswa dengan cicilan yang ringan dan jangka waktu panjang.

3. Depok

Saat ini di Depok pun sudah banyak bermunculan apartemen yang hadir di pusat kota dan dekat sekali dengan Universitas. Apartemen ini khusus dihadirkan untuk mahasiswa yang ingin hunian ekslusif lengkap dengan banyak fasilitas pendukung.

Seperti Taman Melati Margonda dan Grand Taman Melati Margonda Depok dengan lokasi dekat kampus Universitas Indonesia. Keduanya habis terjual pada 2013. Kemudian ada juga Dave Apartment, Sejak diluncurkan pada Mei 2015 lalu, penjualan unit apartemen telah mencapai angka 50 persen dari total keseluruhan unit.

Tinggal di apartemen bagi mahasiswa saat ini menjadi gaya hidup baru, selain itu fasilitas kredit pemilikan apartemen bisa jadi sarana untuk membantu para mahasiswa. Dengan membeli apartemen mahasiswa tidak hanya tinggal di sana tetapi sekaligus berinvestasi kedepannya.

Untuk mencari fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen pun tidak sulit, Anda bisa menemukan pilihan produk Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dari bank-bank terbaik di Indonesia hanya di KreditGoGo. Dapatkan juga hadiah menarik apabila pengajuan Anda disetujui.

Baca juga:
Mana yang Lebih Baik: Beli Rumah atau Apartemen?
Investasi Menggiurkan di Sektor Apartemen

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama