Dukung Produk Halal, Yuk Datang ke IIHLEC 2016

Kementerian Pariwisata berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian dan Halal Lifestyle Centre menyelenggarakan acara Indonesia International Halal Lifestyle Expo and Conference (IIHLEC) 2016. Inilah contoh produk-produk halal di Indonesia.

Semakin tingginya permintaan produk halal di Indonesia, menjadi momentum baik bagi Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan bisnis produk halal.

Baru-baru ini, Kementerian Perindustrian pun tengah mengembangkan kawasan industri halal baik dari produk Halal Ingredients dan Halal Pharmaceutical (makanan dan farmasi), Halal Cosmetics & Personal Care (kosmetik), Islam Tourism (pariwisata), Islam Finance (finansial) dan lainnya.

Seperti yang dikutip dari Viva.co.id, Kamis (29/09/2016), Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat mengatakan, pengembangan zona kawasan industri prduk halal karena pertimbangan bahwa produk-produk tersebut memiliki orientasi ekspor yang tinggi, terutama ke negara-negara Timur Tengah sebab ternyata selam ini pasar tersebut telah dipenuhi oleh produk halal buatan Tiongkok dan Thailand.

Oleh karena itu, diharapkan adanya peningkatan investasi dari pelaku industri Indonesia karena adanya kesempatan yang sangat bagus ini.

Indonesia International Halal Lifestyle Expo and Conference (IIHLEC) 2016

Seperti yang sudah disebutkan di atas, semakin tingginya permintaan produk halal di Indonesia, menjadi momentum baik bagi Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan bisnis produk halal.

Merespon hal tersebut, berbagai cara pun terus diupayakan, salah satunya oleh Kementerian Pariwisata yang berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian dan Halal Lifestyle Centre, yaitu dengan menyelenggarakan Indonesia International Halal Lifestyle Expo and Conference (IIHLEC) 2016.

Dikutip dari Dream.co.id, Kamis (29/09/2016), acara tersebut diharapkan dapat mendorong pencapaian target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan domestik.

Acara yang baru pertama kali digelar ini, rencananya akan berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan pada 6-8 Oktober mendatang.

Ketua Halal Lifestyle Center, Sapta Nirwandar mengatakan, IIHLEC merupakan pembuktian bahwa Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, mampu menjadi produsen produk-produk halal.

Bahkan, menurutnya acara ini nanti akan menjadi semakin menarik karena branding halal telah menjadi gaya hidup untuk kalangan masyarakat global.

Acara ini akan menampilkan 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal. Di antaranya yaitu makanan, farmasi, fashion, kosmetik, pariwisata, finansial, pendidikan, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran, serta seni dan budaya.

Contoh Produk-produk Halal di Indonesia

1. Produk Makanan Halal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu contoh produk halal yang sedang berkembang adalah produk makanan halal.

Berdasarkan perhitungan Kementerian Perindustrian, permintaan produk makanan halal dunia mengalami pertumbuhan sebesar 6,9% dalam enam tahun ke depan, yaitu dari US$1,1 trilliun pada tahun 2013 menjadi US$1,6 triliun pada tahun 2016.

Yang paling menarik, saat ini juga sudah banyak bermunculan bisnis produk makanan halal seperti bisnis katering dan bisnis restoran halal.

Dan jika ingin membuka bisnis katering mendapatkan sertifikasi halal, persayaratannya cukup mudah dan kurang lebih persyaratannya sama dengan pengurusan untuk bisnis restoran halal. Menarik bukan?

2. Produk Fashion (Hijab dan Busana Muslim)

Selain produk makanan, ada juga produk fashion yang sedang berkembang, dan tentunya apalagi yang berhubungan dengan muslim selain produk hijab atau busana muslim.

Kelahiran tren hijab atau fashion muslim di Indonesia didorong oleh faktor Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga kebutuhan untuk berbusana muslim sangat tinggi.

Inilah yang membuat bisnis hijab atau fashion muslim di Indonesia sangat menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang minim. Anda pun dapat memulai bisnis tersebut dengan memanfaatkan suntikan dana dari pinjaman dana cepat cair.

Anda bisa mewujudkan bisnis hijab atau fashion muslim tersebut saat ini juga dengan pinjaman dana dari Standard Chartered Bank KTA.

Pinjaman dana ini cepat cair dan tanpa proses ribet, serta cicilannya pun tetap (flat) dan bunganya ringan. Tersedia pinjaman dana hingga Rp 200 juta, untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun.

3. Produk Kosmetik Halal

Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi target pasar yang paling menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan besar, misalnya saja perusahaan-perusahaan kosmetik.

Beberapa perusahaan kosmetik terbesar di dunia kini sudah berlomba-lomba membuat produk kosmetik halal demi memenuhi syarat-syarat dan ketentuan halal.

Sertifikasi halal yang dimaksud adalah pengakuan resmi bahwa produk diproduksi sesuai dengan hukum syariah Islam. Artinya, produk tidak boleh mengandung babi, alkohol, atau darah.

Sertifikasi halal dikeluarkan oleh LPPOM MUI yaitu dengan catatan produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan terlarang, seperti yang sudah disebutkan di atas, serta pastinya aman digunakan.

Produk-produk kecantikan yang memproduksi produk kosmetik halal, di antaranya adalah L'Oreal, Wardah, Caring Colours, Sariayu Martha Tilaar, Fanbo, dan lainnya.

Untuk membeli produk kosmetik halal secara murah, manfaatkan produk-produk kosmetik yang sedang melakukan promo besar-besaran.

Misalnya, khusus pengguna Kartu Kredit UOB, dapatkan regular promo berupa diskon 15% setiap hari untuk setiap transaksi perawatan atau pembelian produk Martha Tilaar. Berlaku untuk seluruh Kartu Kredit UOB kecuali Corporate Card dengan jangka waktu s/d 31 Desember 2016.

4. Destinasi Wisata Halal

Indonesia juga terus memperkuat destinasi wisata halalnya, salah satunya adalah di Aceh. Negeri Serambi Mekkah ini sudah mempersiapkan beberapa spot untuk wisata halal di Aceh.

Destinasi untuk bisnis wisata halal di Aceh yang sedang disiapkan diantaranya, Sabang, Banda Aceh dan sekitarnya, lalu Aceh Tengah (Gayo), Aceh Tenggara, sepanjang pantai Timur dan pantai Barat di Aceh, serta heritage side yang kaya akan sejarah islam nusantara.

Geliat bisnis wisata halal di Aceh memang sudah cukup tinggi, hampir 10 ribu setiap tahunnya kedatangan wisatawan mancanegara.

Selain itu, kehadiran hotel bernuansa Islami atau yang dikenal dengan hotel syariah pun mulai banyak dilirik masyarakat.

Tidak perlu menabung banyak untuk segera menikmati keindahan wisata halal di Aceh. Anda bisa memanfaatkan kemudahan dan promo liburan yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda untuk liburan yang lebih hemat.

Rasakan liburan menyenangkan dengan Kartu Kredit Citibank. Pilihlah paket tour terbaik di Ezytravel dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit Citibank. Khusus untuk pengguna kartu kredit Citibank Anda bisa hemat liburan hingga Rp 1 juta. Promo berlaku hingga 30 Oktober 2016.

Belum punya kartu kredit?Ajukan secara online kartu kredit melalui KreditGoGo.com, dan raih kesempatan mendapatkan High Fashion Smartwatch Touchscreen secara gratis jika pengajuan Anda disetujui!

Baca Juga: OJK: Bisnis Syariah Berpotensi Untung Triliunan Rupiah
Siap-siap Nikmati Keseruan Wisata Halal di Aceh!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama