Daftar CPNS, Pahami Dulu Tata Cara dan Persyaratannya!

Pendaftaran CPNS 2017 telah dibuka! Pelajari cara daftarnya yang mudah lewat online. Persiapkan syarat-syaratnya agar bisa lolos seleksi tahap awal jadi calon pegawai negeri sipil.

Kesempatan untuk Anda yang mau bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), pemerintah kembali buka lowongan! Pendaftaran CPNS (Calon PNS) ini mulai digelar 1 Agustus lalu dan akan berakhir 26 Agustus 2017.

Berdasarkan informasi Menpan.go.id, dibutuhkan sebanyak 19.210 orang untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukham) dan Mahkamah Agung (MA). Dua lembaga tersebut memberikan prioritas kepada lulusan Perguruan Tinggi dengan kategori Cum Laude. Selain itu juga ada kuota khurus bagi Putra-Putridaerah Papua.

Syarat Daftar CPNS 2017

Jangan patah semangat dulu! Persaingan memang ketat, tapi masih ada peluang. Persiapkan diri Anda, pelajari syarat dan ketahu langkah daftar dengan tepat!

1. Warga Negara Indonesia

Pelamar CPNS harus berstatus sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) dengan batasan umur minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun.

Baca juga: Pilihan Investasi Cerdas dengan Gaji 4 Juta

Nantinya, pelamar akan ditugaskan sesuai dengan domisili. Jika alamat yang tertera pada KTP berbeda dengan alamat domisili, Anda wajib melampirkan surat keterangan domisili beserta keterangan bahwa telah menetap selama satu tahun.

2. Belum Pernah Jadi PNS

Dalam proses seleksi penerimaan, pelamar tidak boleh melamar kembali jika sebelumnya pernah menjadi PNS. Dalam artian,Anda tidak berhenti karena inisiatif sendiri melainkan diberhentikan sebagai PNS.

Termasuk dalam pemberhentian tidak hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD ataupun diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

3. Bebas Pidana Hukum

Daftar SKCK

Pelamar dengan sejarah kriminal bakal langsung dicoret dari daftar. Oleh karena itu, peserta CPNS wajib melampirkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dalam berkasnya.

SKCK merupakan bukti bahwa Anda adalah calon pegawai yang memiliki kelakuan, itikad maupun etika yang baik karena tidak pernah tersangkut masalah hukum maupun dipidana kurungan 2 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan.

4. Sehat, Bebas Narkoba dan Tato

Calon PNS wajib sehat jasmani dan rohani. Sehat di sini juga berarti Anda tidak mengonsumsi narkoba dan memiliki tato di area tubuh manapun. Syarat ini merupakan salah satu ketentuan khusus dalam tata cara daftar CPNS.

Baca juga: Pilih Asuransi Kesehatan Premi Ringan Sesuai Penghasilan

Untuk tes bebas narkoba harus dibuktikan dengan melakukan medical check up di rumah sakit milik pemerintah sesuai dengan domisili pelamar. Tinggi dan berat badan pun akan diukur saat melakukan tes kesehatan.

5. Siap Di Kirim Keluar Daerah

Jika Anda terpilih sebagai PNS, maka Anda harus bersedia ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia. Artinya, Anda harus siap dimutasi dimana dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Berkas CPNS yang Wajib Terlampir

1. Data Pribadi Pelamar

Siapkan berkas-berkas pribadi Anda mulai dari KTP hingga Kartu Keluarga. Ingat, KTP yang digunakan adalah KTP yang sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Jika e-KTP belum di tangan, bisa menggunakan KTP lama atau dengan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai pengganti KTP.

Kartu Keluarga juga harus dibuat yang terbaru dan menjelaskan pendidikan terakhir dan keterangan tambahan lainnya apabila mengalami perubahan. Jangan lupa cantumkan SKCK dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Baca juga: Urus SKCK yang Lebih Mudah

Untuk mendapatkan SKCK, cukup isi data pemohon pada situs https://skck.polri.go.id/. Anda akan mendapat kode registrasi untuk diserahkan bersama dengan fotokopi berkas-berkas pendukung (KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir/Ijasah, Pas Foto 4x6) pada petugas di kantor kepolisian.

2. Ijazah Pendidikan Terakhir

Pastikan ijazah dan transkrip nilai sudah dalam bentuk fotokopi dan softcopy (format scan). Jangan lupa untuk dilegalisir terlebih dahulu, serta siapkan minimal 10 lembar legalisir cap basah dari sekolah atau perguruan tinggi Anda.

3. Surat Lamaran dan Pernyataan Bermaterai

Surat lamaran dan surat pernyataan untuk pemberkasan CPNS harus diurus secara bersamaan. Misalnya, Anda mendaftar pada 2 instansi yang berbeda, siapkan kedua jenis surat tersebut bersama-sama.

Tandatangani kedua surat tersebut menggunakan tinta berwarna hitam lengkap dengan materai Rp. 6.000.

Upload Berkas Pertama dan Daftar!

daftar cpns 2017

Langkah pendaftaran CPNS sangat mudah. Pertama, Anda perlu melakukan registrasi online di https://sscn.bkn.go.id/ untuk mengakses formulir pendaftaran CPNS 2017.

Selanjutnya di tahap kedua, masukkan NIK, NIK Kepala Keluarga atau menggunakan Nomor Kartu Keluarga dan lengkapi isian biodata Anda. Usahakan untuk data nomor telepon dan email yang masih aktif.

Fase ketiga, pilih jabatan dan instansi yang ingin Anda lamar. Isi informasi terkait nilai terakhir yang terdapat pada transkrip, nama sekolah atau perguruan tinggi, dan status akreditasi.

Keempat, unggah KTP dan foto dengan ukuran maksimum 200 KB berformat JPEG. Sedangkan, untuk ijazah dan transkrip berukuran 300 KB berformat JPEG.

Kelima, unggah surat lamaran dan surat pernyataan dengan format PDF dengan ukuran 300 KB.

Baca juga: Strategi Investasi Emas Untuk Pemula

Tidak sulit bukan? Di Indonesia, menjadi PNS adalah dambaan setiap orang. Beragam fasilitas dan tunjangan yang tidak dimiliki oleh karyawan swasta bisa diperoleh jika menjadi PNS.

Mulai dari jaminan hari tua, kerja tanpa tekanan, mudah dalam mengajukan KPR, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang serius untuk menjadi PNS, siapkan seluruh persyaratan dan pelajari tata cara daftar CPNS sebelum mendaftar agar lolos seleksi tahap pertama!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama