Cari Pernak Pernik Imlek? Kunjungi Tempat Ini

Tahun Baru Imlek akan tiba. Apakah Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhannya? Jika belum, pastikan bahwa Anda mengunjungi tempat-tempat ini.

Tahun Baru China merupakan hari raya yang paling penting untuk masyarakat China. Perayaan ini dikenal juga sebagai Chūnjié (Festival Musim Semi/ Spring Festival), Nónglì Xīnnián (Tahun Baru), Guònián, atau sin tjia. Namun, di Indonesia sendiri, tahun baru ini lebih dikenal sebagai Tahun Baru Imlek.

Asal Mula Kata Imlek

Kata Imlek berasal dari dialek Hokkian, yaitu Im dan Lek, yang berarti kalender bulan. Perayaan Tahun Imlek dirayakan pada tanggal 1 sampai 15 pada bulan ke-1 penanggalan kalender China, menggabungkan perhitungan matahari, bulan, dua energi yin-yang, konstelasi bintang atau astrologi shio, 24 musim, dan lima unsur.

Jadi, kata Imlek mengacu pada nama penanggalan yang didasarkan pada perhitungan bulan (lunar), yang dalam bahasa Mandarin disebut yin li. Dengan demikian, istilah Tahun Baru Imlek berarti tahun baru menurut penanggaln bulan.

Tahun Kambing Kayu

Tahun 2015 adalah Tahun Kambing Kayu, yang dimulai dari tanggal 19 Februari 2015 – 7 Februari 2016. Kambing adalah tanda kedelapan dari zodiak China yang terdiri dari 12 Shio. Angka 8 adalah salah satu angka yang dapat memberikan keberuntungan yang melambangkan perdamaian dan kemakmuran dalam kebudayaan China.

Orang yang terlahir di Tahun Kambing Kayu adalah seorang yang murah hati, adil, baik, lemah lembut, dan peduli terhadap orang lain. Sampai ada pepatah China yang sangat terkenal, yaitu “Tiga kambing membawa harmoni dan kemakmuran.”

Satu per lima dari penghuni dunia adalah orang China, maka Tahun Baru China hampir dirayakan diseluruh pelosok bumi dimana terdapat etnis dan keturunan China. Biasanya mereka akan mengadakan persiapan dengan bersih-bersih dan menghias rumah agar saat hari H tiba dapat dirayakan penuh dengan kecerian. Maka dari itu, Anda yang merayakannya tidak akan sulit untuk mendapatkan pernak-pernik unik dan makanan khas Imlek. Cukup cari kawasan-kawasan perkampungan China, disitulah berbagai barang khas dijual, tentunya dengan harga yang pas dikantong. Berikut daerahnya:

Kampoeng China, Kota Wisata Cibubur

Dalam rangka mempersiapkan kebutuhan Tahun Baru China, ada baiknya Anda berkunjung ke Kampoeng China di Kota Wisata Cibubur. Didekat pintu gerbang kampung ini terdapat papan yang bertuliskan “Pusat Perdagangan Produk China Terbesar dan Termurah di Indonesia.” Wow, surganya belanja, bukan?

Dari awal masuk gerbang Kampoeng China, Anda akan disuguhkan berbagai macam pernak-pernik, aksesoris, dan pakaian di puluhan toko yang ada disini, seperti topi China, kelengkapan barongsai, aneka mainan anak, aneka amplop ampau, tas-fashion, payung, kerajinan logam, kerajinan batu, dan lain-lain. Tentunya kesemua barang tersebut cocok Anda gunakan untuk perayaan Imlek dan mempercantik rumah agar terkesan meriah saat Tahun Baru China tiba.

Petak Sembilan, Glodok

Banyak harta karun yang bisa Anda dapatkan di Pasar Petak Sembilan, kawasan Glodok. Di pasar ini bernuansa tradisional ini akan banyak ditemukan produk yang beragam, mulai dari bahan-bahan masak dan kebutuhan sehari-hari yang digunakan masyarakat Tionghoa, seperti katak, moa, bulus, dan masih banyak lagi. Hewan-hewan ini biasa digunakan untuk kebutuhan ibadah dan memenuhi permintaan restoran China. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 335 per kilogram, tergantung bagaimana Anda bisa menawar ke pedagang.

Selain makanan, Anda juga bisa berburu pernak-pernik Imlek yang khas disini. Berbagai jenis barang bernuansa merah dan emas memenuhi China Town ini. Nah, bisa dibayangkan bukan sebanyak apa pernak-pernik Imlek yang ada saat menjelang perayaan Tahun Baru China?

Pasar Asemka, Jakarta Barat

Kemeriahan akan terlihat bila menjelang Tahun Baru China di pusat perbelanjaan Asemka. Pasar ini terletak di Jakarta Barat, cukup berjalan dari Stasiun Kota untuk mencapainya. Beragam pernak-pernik menghiasi toko-toko yang menjajakan keperluan Imlek, seperti lampion beraneka ukuran, pohon Mei hua, berbagai gantungan yang didominasi warna merah, dan gantungan kantong dengan berbagai bentuk.

Pasar Asemka menawarkan pembelian barang secara kelontongan atau grosir. Bagaimana dengan harga? Anda harus pintar melakukan tawar menawar agar mendapat pernak-pernik dengan harga yang miring.

Mangga Dua, Jakarta Utara

Jika sebelumnya berburu pernak-pernik ilek dikawasan terbuka pasar, lain halnya jika berbelanja di Mangga Dua. Disini, Anda tidak perlu berpanas-panasan, karena pasar ini terletak di gedung bertingkat dan berpendingin ruangan. Meskipun lebih nyaman, Anda tidak perlu khawatir, harga yang ditawarkan relatif miring.

Ada banyak toko yang menjual berbagai jenis barang bernuansa Imlek, seperti pohon Mei Hua, gantungan, amplop angpau, dan lampion. Jika Anda cukup sabar dan teliti menyusuri toko-toko disini, Anda akan mendapatkan barang dengan kualitas terbaik. Bahkan, jika Anda membeli barang dengan hitungan lusin, harga yang akan Anda dapatkan akan semakin murah.

Jadi, Anda sudah menentukan kemana akan membeli perlengkapan Imlek? Semoga informasi di atas bisa dijadikan referensi untuk berbelanja ya. Ingat tetap bijaksana dan tetap buat daftar barang apa saja yang akan dibeli. Happy shopping!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama