Cara Hemat Gunakan Kuota Internet di Android.

Apa yang sering dikeluhkan oleh pengguna android?. Kok cepat habis ya kuota internetnya? Ini tipsnya agar paket internetnya tidak cepat habis.

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi seluler saat ini semakin cepat. Tahun kemarin baru saja dirilis seluler baru, tahun depan sudah diumumkan jenis dan tipe baru lagi. Penggunaan komunikasi melalui ponsel pun semakin meningkat.

Kebutuhan paket data dan kuota pun semakin besar, terlebih lagi hadirnya smartphone yang memudahkan penggunanya. Menurut Harvard Business Review, survei yang diselenggarakan untuk melihat seberapa sering masyarakat Indonesia mengakses internet, membuktikan bahwa kita sebagai orang Indonesia cukup sering mengunjungi laman-laman media sosial ketimbang mengunjungi sang pacar. 

Ini membuktikan bahwa internet memang menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Wajar saja dalam hidup kita terasa ada yang kurang kalau tidak mengakses internet barang sehari. Tetapi perhatikan, Anda harus cermat dalam berselancar dengan internet di ponsel.

Jangan sampai kebutuhan tersebut malah membuat Anda boros dan kuota internet sering habis tidak pada waktunya. Lalu adakah cara untuk menghemat kuota internet di perangkat ponsel Android kita agar berseluncur di internet bisa terus berjalan? 

Alternatif yang paling utama adalah mencari atau menghubungkan ponsel ke WiFi setiap kali sedang berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis. Nah Selain menggunakan WiFi gratis, berikut tips yang kami rangkum agar konsumsi kuota internet tidak boros

Bijak Gunakan Aplikasi Chatting

Bagi generasi muda, apalagi yang melek internet, apa sih yang tidak bisa diinstal di Android. Hampir semua aplikasi bisa diinstal di seluler jenis ini. Sering pakai BBM untuk Android. Aplikasi chatting ini baru bisa berjalan dengan baik jika aplikasi tersebut terkoneksi dengan internet.

Nah di Smartphone Anda tidak hanya satu aplikasi chatting, belum WhatsApp. Belum lagi LINE. Belum KakaoTalk. Dan masih banyak lagi. Coba Anda bayangkan, semua aplikasi itu diinstal, aktif terus-menerus, dan lihat apa yang terjadi dengan kuota internet Anda selama sebulan? Pasti cepat habis.

Kuncinya, instal satu aplikasi saja. Atau minimal dua. Pastikan hanya itu saja yang aktif dan selalu terkoneksi ke internet. Toh, tidak semua orang punya banyak aplikasi kan?

Tidak Selamanya Internet Aktif

Terus-terusan koneksi internet aktif pastinya kuota internet juga cepat habis. Kalau Anda sedang mengisi ulang baterai, pastikan matikan dulu koneksi internetnya. Atau jika Anda sedang tidur, matikan saja koneksi internetnya. 

Tidak usah buru-buru balas semua pesan yang masuk. Orang paling sibuk pun pasti membutuhkan tidur. Pastikan seluler Anda juga ‘tidur’ jika Anda membutuhkan istirahat melepas lelah.

Cerdas Menggunakan Autosync

Salah satu hal yang paling saya suka dari Android adalah fitur sinkronisasi otomatis (AutoSync). Biasanya bagi saya pribadi, fitur ini saya gunakan untuk memperbaharui daftar kontak yang selalu bertambah setiap ada orang baru. 

Atau, pada waktu-waktu tertentu memperbaharui surat elektronik (email). Bagaimana dengan Anda? Apakah memang penting fitur semacam ini harus tiap waktu terkoneksi ke internet?

Atur Tampilan Media Internet

Di beberapa situs memang membutuhkan bandwith sangat besar untuk mengakses. Kenapa begitu? Alasannya adalah situs tersebut memang menampilkan halaman yang memiliki ukuran sangat besar, misalnya menghadirkan video, streaming video, gambar animasi, atau iklan pop-up. 

Intinya, jika Anda hanya ingin membuka sebuah laman internet yang isinya cuma baca berita, tanpa ada gambar, sesuaikan saja setelan menjadi Only Text. Kuota internet Anda tentu sangat mubazir kalau Anda sendiri hanya membutuhkan informasi berupa teks.

Matikan Fitur Auto Update

Di beberapa tipe ponsel Android, ada fitur yang dinamakan Background Data. Fitur ini selalu memastikan semua aplikasi yang kita instal mendapat koneksi internet. Matikan saja opsi ini. Toh, kalau memang aplikasi Anda memang sedikit, tidak usah sering-sering terkoneksi ke internet juga.

Nah setelah membaca tips diatas semoga Anda dapat lebih cermat dalam penggunaan kuota internet agar tidak boros.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama