Berzakat Lebih Mudah dengan Cara Online

Saat ini berzakat dilengkapi oleh layanan donasi digital, aplikasi smartphone, dan layanan internet banking. Anda semakin mudah dan praktis untuk membayar zakat.

ZAKAT Online

Berzakat mensucikan harta kini semakin mudah dengan kemajuan teknologi digital. Sudah seharusnya urusan menghitung dan membayar zakat itu dipermudah. Memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyalurkan zakatnya untuk memuliakan sesama.

Kehadiran teknologi memberikan banyak akses kepada muzaki (pemberi zakat) dari mulai informasi zakat, teknis menghitung zakat serta bagaimana cara berzakat, semua diramu dengan produk teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan muzaki, sehingga berzakat menjadi jauh lebih mudah dan gampang.

Nah, berikut ini adalah beberapa kemudahan layanan donasi zakat secara online yang diterapkan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Aplikasi Smartphone

Aplikasi Smartphone

Pemerintah Kota Bandung, meluncurkan aplikasi ponsel pintar yang dinamai Ayo Bayar Zakat untuk mempermudah warga muslim membayar zakat. Ayo Bayar Zakat dapat diunduh di toko aplikasi AppStore untuk pengguna perangkat Apple dan PlayStore untuk pengguna ponsel berbasis Android.

Aplikasi itu diperuntukkan tidak hanya bagi muzaki (wajib zakat), tetapi juga mustahik (penerima zakat). Dalam aplikasi itu terdapat fitur pilihan, di antaranya, zakat, kalkulator zakat, informasi lembaga amil zakat, dan lain-lain.

Sebelumnya Dompet Duafa sudah meluncurkan aplikasi smartphone untuk zakat dengan menghadirkan layanan donasi digital. Layanan kerja sama dengan PT Inti Prima Mandiri Utama (iPaymu) ini menyediakan penghitungan zakat dan payment gateway berbasis teknologi.

Lewat layanan ini, donatur semakin dimudahkan untuk membayar zakat, salah satunya dengan fasilitas Donasi Mobile QR Code. Caranya mudah, donatur dapat menscan QR Code kemudian log in, mengisi form data diri dan jumlah donasi. Transaksi akan diproses dan Donatur akan mendapat konfirmasi via email.

Dengan layanan mobile payment iPaymu berbasis QR Code ini semua masyarakat dapat melakukan donasi cashless, donasi tanpa uang tunai. Bila Anda menggunakan smartphone (Blackberry, IPhone, dan Android, dan smartphone lainnya) disarankan untuk download aplikasi Go Mobile ke ponsel Anda.

Organisasi Pengelola Zakat

BAZNAS

Di Indonesia ada banyak organisasi pengelola zakat, yang terkenal diantaranya yakni Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat. Terobosan terbaru dilakukan dengan bekerja sama Kitabisa.com untuk menghadirkan fitur zakat online.

Kitabisa.com, menggandeng tiga organisasi pengelola zakat tersebut, melalui tautan zakat.kitabisa.com, pengguna bisa mengaksesnya dari desktop maupun mobile dan memudahkan pengguna dalam menunaikan zakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Ada tiga manfaat yang didapat seorang pengguna, apabila menunaikan zakat melalui Kitabisa. Pertama, pengguna dapat menunaikan zakat instan yang langsung tersalur ke mitra organisasi pengelola zakat atau pengguna dapat memilih program spesifik sesuai keinginan.

Misalnya, pengguna memiliki preferensi untuk membantu anak yatim, maka dia akan mendapatkan katalog program zakat bertema anak yatim. Kedua, pengguna akan mendapatkan laporan dana dari mitra organisasi pengelola zakat di website dan melalui email.

Ketiga, pengguna tidak perlu melakukan konfirmasi zakat, jika mengikuti prosedur zakat di Kitabisa.com yang menggunakan sistem kode unik, zakat yang dibayarkan pengguna akan terdeteksi oleh sistem tanpa perlu melakukan verifikasi.

Pembuatan fitur zakat online ini diharapkan dapat makin menggali potensi zakat Indonesia yang mencapai Rp217 triliun tiap tahunnya. Disebutkan, sejak diluncurkan pada 13 Juni kemarin sebagai uji coba, fitur zakat online Kitabisa mendapat respons dari 300-an pembayar zakat online.

Layangan Online Banking

Layangan Online Banking

Selain itu layangan perbankan syariah juga menawarkan kemudahan berzakat melalui aplikasi e-banking. Beberapa lembaga zakat juga bekerjasama dengan perbankan untuk memudahkan menyalurkan zakat kepada para penerima yang berhak.

Salah satunya adalah Bank Danamon Syariah, nasabah danamon bisa menyalurkan zakat melalui Danamon Online Banking. Danamon Syariah bekerjasama dengan lembaga-lembaga resmi yang terpercaya, seperti Dompet Dhuafa, BAZNAS, PKPU dan Al Azhar

Untuk pembayaran secara online, donatur dapat melakukan pembayaran zakat melalui lebih 1351 ATM Danamon dan melalui 43.000 ATM bersama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ini bisa menjadi alternative pilihan ada dalam berzakat. Jika tidak ingin melakukan secara langsung Anda bisa memilih menggunakan ketiga layanan digital diatas untuk mempermudah dan praktis dalam beramal.

Baca juga: Sucikan Harta, Mari Berzakat!
Zakat Profesi Penting untuk yang Berpenghasilan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama