Berumur 132 Tahun, HSBC Jadi Bank Tertua di Indonesia

HSBC mulai membuka cabang di Indonesia pada tahun 1884 di Jakarta. Mari mengenal lebih jauh tentang Bank HSBC. Inilah 5 fakta tentang Bank HSBC Indonesia.

Nama HSBC berasal dari nama tempat awal didirikannya, yaitu Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited. Didirikan pada tahun 1865, HSBC bertujuan untuk membiayai perdagangan yang sedang bertumbuh antara Eropa, India, dan Tiongkok saat itu.

Pendiri bank ini adalah Thomas Sutherland, seorang Skotlandia yang saat itu bekerja untuk Peninsular and Oriental Steam Navigation Company. Dia sadar akan adanya kebutuhan yang cukup besar terhadap fasilitas perbankan lokal di Hong Kong dan pesisir Tiongkok. Dia pun mendirikan bank tersebut pertama kalinya di Hong Kong pada tahun 1865 dan di Shanghai satu bulan kemudian.

HSBC kemudian mulai membuka cabang di Indonesia pada tahun 1884 di Jakarta. Hingga saat ini, HSBC pun menjadi pionir bank asing terbesar di Indonesia. Mari mengenal lebih jauh tentang Bank HSBC. Inilah 5 fakta tentang Bank HSBC Indonesia.

1. Bank Tertua di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, HSBC mulai masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1884, dengan begitu, hingga saat ini HSBC Indonesia sudah berumur 132 tahun dan menjadi bank tertua yang ada di Indonesia.

Sedangkan, bank milik Indonesia yang pertama kali didirikan adalah NV. Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank pada tanggal 4 April 1941, yang sekarang namanya berubah menjadi Bank OCBCNISP.

2. Awalnya Melayani Perdagangan Gula

Setelah masuk ke Indonesia, selanjutnya pada tahun 1896, HSBC mulai melakukan pengembangan usaha, yaitu melayani perdagangan gula, kemudian operasinya diperluas dengan membuka cabang di Surabaya.

Di tahun yang sama, HSBC Indonesia juga mengembangkan sebuah agensi di Semarang, yang kemudian dikembangkan kembali menjadi sebuah kantor cabang juga pada tahun 1994.

3. Mempunyai Banyak Anak Perusahaan

Di Indonesia, Grup HSBC diwakili oleh The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, Cabang Indonesia (HSBC Indonesia), PT Bank Ekonomi Raharja (Bank Ekonomi, anak perusahaan perbankan dengan kepemilikan 98,96%), dan PT HSBC Securities Indonesia (HSBC Securities, badan sekuritas dengan kepemilikan saham 85%).

4. Menyediakan Macam-macam Jasa Finansial

HSBC Indonesia menyediakan berbagai macam layanan jasa finansial dan perbankan untuk kebutuhan nasabah perorangan, perusahaan, komersial, institusi, serta treasury and capital markets yang bisa didapatkan melalui 38 kantor cabangnya yang tersebar di kota-kota terbesar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Batam.

5. Menjadi Penerbit Kartu Kredit Paling Menarik & Disegani

Kartu kredit adalah produk HSBC yang sudah digunakan di berbagai belahan dunia. Hal ini membuat HSBC disebut-sebut sebagai bank penerbit kartu kredit yang paling disegani di seluruh dunia.

Berbagai fitur yang menarik dan sayang untuk dilewatkan ada di dalam kartu kredit HSBC, yang tentu saja memberi nilai lebih dan prestise tersendiri bagi Anda yang menggunakannya.

Dapatkan banyak keuntungan berbelanja dan kemudahan untuk mendapatkan poin rewards lebih cepat dengan menggunakan kartu kredit. Apabila Anda tertarik menggunakan kartu kredit HSBC, Anda bisa mendaftar di sini.

KreditGoGo.com dapat membantu Anda untuk mendapatkan kartu kredit dengan cepat dan mudah. Hanya dengan mengisi form secara online, KreditGoGo langsung memproses pengajuan kartu kredit Anda.

Tidak hanya itu, dapatkan gratis Rp1juta Voucher MAP untuk setiap pengajuan kartu kredit HSBC Indonesia yang Anda ajukan di KreditGoGo.com.

Baca Juga: Istimewakan Hidup Anda dengan Kartu kredit HSBC
Mudah dan Aman Mengajukan Kartu Kredit via Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama