Berapa Sih Hadiah Uang Pemenang Piala Dunia 2014?

Bagi kamu pencinta bola, pasti mengikuti Piala Dunia 2014, bukan? Dari sisi investasi, berapa sih hadiah uang yang diterima negara pemenang Piala Dunia 2014?

  1. wow, uang $35 juta  as untuk pemenang?
  2. dari mana keuntungan fifa?
  3. pendapatan terbesar dari hak siar dan iklan sponsor

Sebuah pertunjukan sejauh ini berhasil menarik jutaan pasang mata di berbagai penjuru dunia. Suatu pertunjukan akbar. Acara yang tidak bisa dilupakan oleh siapa pun. Itu dimulai di Sao Paolo, Brasil, dengan partai pembuka Brasil Vs Kroasia. Ajang empat tahunan ini merupakan Piala Dunia yang ke-20, dan diperkirakan ada sekitar 3 (tiga) miliar penduduk dunia menyaksikan acara ini, baik secara langsung di lapangan hijau, menonton melalui siaran televisi atau lewat streaming internet. Pantas saja nilai investasi di olahraga tertua ini mengandung nilai margin terbesar.

Untuk diketahui, di negara-negara Eropa dan Amerika Latin sepak bola merupakan sebuah industri. Lebih daripada sekadar olahraga. Mengapa demikian? Itu karena aspek yang berkaitan dengan industri olahraga merupakan penyumbang terbesar pendapatan negara. Ambil saja contoh yang riil, misalnya penjualan kaus jersey

Di negara-negara yang menjunjung tinggi sportivitas olahraga sepak bola, kaus jersey merupakan industri yang tidak ada habisnya. Coba ambil contoh lain, misalnya bidang Kedokteran. Dokter yang menangani atlet sepak bola pastinya akan dibayar mahal hanya untuk mengurus cedera yang dialami sang atlet, bahkan cedera ringan sekalipun. Belum lagi ahli gizi yang mengurus pola makan atlet

Satu lagi sisi investasi yang tidak boleh dilupakan adalah asuransi atlet, baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun. Semua sudah saling terintegrasi jika olahraga sepak bola memang diperhatikan. Maka jangan heran, uang miliaran dollar berputar dalam industri seperti ini, dan nilainya bertambah setiap tahun. 

Selain itu, olahraga sepak bola juga terbukti mampu mengangkat derajat negara di mata dunia.

FIFA World Cup Prize Money

Wow, 35 Juta Dollar AS untuk Pemenang?

Kamu tahu tidak, sebenarnya berapa sih jumlah hadiah uang yang disediakan FIFA untuk Piala Dunia 2014 di Brasil, termasuk pemenang dan semua peserta/negara? Menurut Jerome Valcke, Sekretaris Jenderal FIFA, organisasi sepak bola itu resmi mengumumkan bahwa total jumlah hadiah (prize money) mencapai nilai 576 juta dollar AS, atau mengalami peningkatan sebesar 37% dibandingkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Tentu saja hadiah ini tergantung pada prestasi negara masing-masing, dan sang juara akan diberi hadiah dengan nilai 35 juta dollar AS.

Jumlah itu mungkin sudah termasuk kompensasi atau keuntungan yang akan dibagikan kepada klub domestik yang meikutkan pemainnya di turnamen paling bergengsi ini, yang jika ditotal bernilai sekitar 70 juta dollar AS. Nilai ini bertambah 30 juta dollar AS dibandingkan 4 (empat) tahun lalu.

Sebelum mengikuti putaran final turnamen Piala Dunia 2014, setiap negara akan menerima dana sebesar 1,5 juta dollar AS untuk biaya persiapan. Ingin tahu bagaimana distribusi hadiah kepada setiap negara? Ini dia.

  • Setiap tim yang masuk ke babak grup (masuk 16 besar) mendapatkan $8 juta
  • Setiap tim yang masuk ke perempat final (8 besar) mendapatkan $9 juta
  • Setiap tim yang masuk ke semifinal (4 besar) mendapatkan $14 juta
  • Peringkat ke-4: $20 juta
  • Juara Ketiga: $22 juta
  • Runner-Up: $25 juta
  • Juara: $35 juta

Jadi jika suatu negara menjadi juara Piala Dunia 2014, maka negara tersebut akan mendapatkan total hadiah sebagai berikut; $1,5 juta (biaya persiapan) + $8 juta (masuk 16 besar) + $9 juta (masuk 8 besar) + $14 juta (masuk semifinal) + $35 juta (juara Piala Dunia) = $67,5 juta. Cukup besar ya?

Dari mana sih keuntungan FIFA?

Ada banyak pertanyaan yang masih dilontarkan para pencinta bola di seluruh dunia. Pertanyaan standarnya seperti ini, berapa sih untung yang dapat diraih FIFA dari ajang sepak bola dunia ini? Mike Ozanian, kolomnis Forbes, baru-baru ini menulis bahwa paling tidak $4 miliar dollar AS pendapatan akan masuk ke FIFA, 66% lebih tinggi dari total pendapatan yang dihasilkan di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. 

Pendapatan ini paling utama masuk dari penjualan hak siar televisi dan dana sponsor. Setelah dikurangi biaya dan bonus, FIFA akan memperoleh pendapatan bersih tidak kurang dari 2 (dua) miliar dollar AS. Perlu dicatat bahwa pendapatan ini masih bebas pajak lho!

Pendapatan Terbesar dari Hak Siar dan Iklan Sponsor

Dalam dunia periklanan, semakin banyak mata yang melihat, maka semakin banyak pula sponsor iklan yang berminat. Dalam hal Piala Dunia yang diselenggarakan empat tahun sekali, ajang ini pun semakin layak dikomersialisasi. Dengan demikian, pendapatan organisasi bola dunia ini pun semakin naik. Dari penjualan tiket masuk stadion, hak siar televisi, dan pemasangan iklan para sponsor, organisasi FIFA mendapat keuntungan ekonomi yang sangat besar.

Pertama, keuntungan terbesar berasal dari penjualan hak siar kepada Eurovision yang mencapai nilai 1,7 miliar dollar AS. Ada juga berasal dari sponsor dan merek dagang Adidas, Coca-Cola, Sony, Emirates, Hyundai Motor Co, VISA, dan masih banyak lagi. Semuanya hampir mencapai 1,35 miliar dollar AS. 

Selain itu, masih ada lagi pendapatan lain. Karena ajang ini dinanti-nantikan penggemar sepak bola dunia, beberapa perusahaan besar bahkan rela menghamburkan uang untuk Piala Dunia.

Sejak teknologi televisi muncul di era ‘90-an, manfaat ekonomi dari Piala Dunia pun ikut bertambah. Dari hak siar televisi Piala Dunia pada 2002 dan 2006, FIFA telah berhasil memperoleh penjualan total senilai 2 miliar dollar AS.

Nah, mau tahu berapa sih hadiah uang di Piala Dunia 2010? Ini perbandingannya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama