Arus Balik Pemudik Bisa Kirim Motor Gratis ke Jakarta

Libur Lebaran 2016 segera berakhir, arus mudik ke Jakarta pun masih saja terlihat. Jika Anda pengguna sepeda motor manfaatkanlah kirim motor gratis dari tiga kota berikut ini. Anda tidak perlu lelah ketika tiba kembali di ibu kota.

kirim motor gratis ke Jakarta

Arus balik Lebaran 2016, pemudik bisa kirim motor gratis ke Jakarta ! PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih membuka layanan angkut motor gratis (motis) untuk arus balik. Hal ini lantaran kuota untuk motis melimpah jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

Layanan pengiriman motor gratis oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada arus mudik Lebaran 2016 ini sangat diminati pemudik. PT KAI (Persero) Daerah Operasinal (Daop) VI Jogja mencatat volume kenaikan peminat layanan pengiriman motor gratis melonjak hingga 100% dibandingkan Lebaran 2015.

Pada momen mudik Lebaran kali ini jumlah sepeda motor yang diangkut dari Jakarta mencapai 1.845 unit. Sementara itu, untuk arus balik yang dibawa kembali ke ibu kota berjumlah 1.722 unit.

Pengiriman sepeda motor gratis tersebut untuk mecegah risiko tingginya tingkat kecelakaan pada sepeda motor ketika mudik dan arus balik. Dengan menggunakan jasa pengiriman motor ini diharapkan pemudik yang menggunakan roda dua lebih aman dan nyaman.

Sepeda motor disebutkan merupakan penyebab kecelakaan terbesar selama periode mudik menjelang hari raya Idul Fitri. Sampai menjelang Idul Fitri kemarin lebih dari 150 orang tewas, dan 80% melibatkan pengendara sepeda motor.

Untuk menekan angka kecelakaan, Kementerian Perhubungan menggolontorkan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk memberikan pelayanan mudik gratis bagi para pengguna sepeda motor. Anggaran ini pun meningkat lima kali lipat dibandingkan anggaran arus mudik tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp4 miliar.

Untuk itu Kementerian Perhubungan sengaja menambahkan kuota motis seiring dengan program mudik gratis untuk memudahkan pemudik dan memberi kenyamanan selama di perjalanan.

Kirim Motor Gratis dari Tiga Kota Ini

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Layanan kirim motor gratis ke Jakarta pada arus balik Lebaran 2016 dapat dimanfaatkan oleh pemudik yang ada di tiga kota ini, di antaranya wilayah Yogyakarta, Solo, dan Klaten dengan tujuan Jakarta. Akan tersedia tujuh gerbong kereta, per gerbongnya muat mengangkut 58 motor.

Solo-Jebres menjadi stasiun tujuan yang paling banyak kedatangan paket layanan pengiriman motor gratis ini dengan jumlah mencapai 823 unit. Stasiun Lempuyangan sebanyak 559 unit motor, dan Klaten 457 unit. Selanjutnya untuk arus balik, Solo Jebres memberangkatkan 769 unit, Lempuyangan 523 unit, dan Klaten 430 unit.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, layanan motis bisa diakses di Stasiun Lempuyangan, Klaten, dan Solo Jebres. Layanan pengangkutan untuk arus balik dimulai pada 10-16 Juli. Namun pendaftaran sudah mulai bisa dilakukan.

Nah bagi Anda yang belokasi di tiga kota tersebut bisa memanfaatkan layanan motis untuk menghemat anggaran mudik. Ini mendi alternatif menghindari kemacetan di jalan dan risiko kecelakaan selama perjalanan balik ke Jakarta.

Prosedur dan Persyaratan Kirim Motor Gratis

Persyaratan Kirim Motor Gratis

Layanan kirim motor gratis ini benar-benar tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Cara dan prosedurnya pun tidak sulit, yakni calon pemudik cukup mendatangi tiga stasiun yang dimaksud, memberikan fotokopi STNK dan SIM.

Yang perlu diperhatikan oleh pemudik adalah, pastikan tangki kendaraan kosong dari bahan bakar minyak, serta menunjukkan tiket naik angkutan umum. Layanan kirim motor ini tidak hanya bisa dimanfaatkan pemudik yang naik kereta saja bus atau pun naik pesawat.

Bagaimana apakah Anda tertarik? Nah jika ingin memanfaatkan layanan ini buruan daftarkan segera sebelum kuota di tutup.

Baca juga:
Tips Penting Antisipasi Arus Balik Lebaran 2016
Kini, Naik Helikopter ke Bandung tak Perlu Macet Lagi

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama