7 Persiapan Mudik Lebaran Lebih Aman

Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari. Atur rencana mudik lebih awal, agar perjalanan lintas kota Anda lebih lancar dan hemat. Kami berikan tipsnya!

Mudik alias “Mulih Dhisik” dalam Bahasa Jawa artinya pulang ke kampung halaman. Kebiasaan ini telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap Idul Fitri untuk merayakan setiap Hari Raya Bersama sanak saudara.

Agar perjalanan tahun ini lancar dan lebih tenang, sebaiknya Anda mengatur rencana mudik lebih awal.Berikut ada tujuh hal yang bisa Anda persiapkan menjelang mudik tahunan!

1. PilihTransportasi Mudik Andalan

Ada dua pilihan transportasi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bis, kapal, atau pesawat.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Mudik dengan menggunakan transportasi umum tentu saja tidak membuat Anda lelah karena tidak harus berkendara sendiri, cukup duduk manis.

Namun, Anda harus memesan tiket perjalanan dari jauh hari. Pasalnya, tiket transportasi antar kota sudah mulai habis terjual satu bulan sebelumnya. Harganya pun jadi lebih mahal mendekati Lebaran.

Untungnya, beberapa kartu kredit sering memberikanpromo tiket bagi para penggunanya yang membuat biaya perjalanan jadi lebih murah.

Tetapi jika Anda mudik sekeluarga, lebih hemat jika menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: 3 Alasan Mudik Lebih Irit dengan Kendaraan Pribadi

2. Bikin Daftar Barang

Sebelum berangkat, buatlah list barang bawaan. Terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi. List ini akan meminimalisasi kemungkinan Anda lupa membawa barang tertentu.

Beberapa benda yang harus masuk daftar, yaitu: Ban serep, dongkrak, toolkit, kunci stir, kabel jumper, dan pompa penyedot bensin yang menjaga kendaraan saat dalam kondisi tak terduga.

Usahakan sudah mulai packing H-3 karena Anda tidak akan tahu barang apa yang terlupa untuk Anda bawa. List barang bawaan ini bisa dimulai dari barang paling penting, penting, dan biasa.

3. Peta dan Alat Navigasi

Nyasar tak terhindarkan saat melakukan perjalanan lintas kota. Beruntung teknologi sudah semaking canggih. Anda dapat manfaatkan kemudahan akses aplikasi Google Maps atau Waze sebagai teman perjalanan.

Biasanya, saat mudik akan ada peta-peta yang dibuat khusus untuk para pemudik dengan informasi lengkap seperti lokasi pop bensin, bengkel, posko istirahat, hingga kondisi jalan terupdate.

Baca juga: Manfaat Online Payment Buat Pengeluaran Lebih Hemat

4. Siasati Kebutuhan Uang Tunai

Uang di ATM habis sudah jadi hal yang biasa ketika Ramadhan dan Hari Raya. Jadi, jangan heran jika Anda kesulitan mencari ATM untuk menarik uang tunai.

Untuk itulah, siapkan persediaan uang tunai sebelum perjalanan pulang kampung. Tak perlu membawa banyak uang tunai, secukupnya saja.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit. Tidak jarang, ada penawaran menarik yang akan menghemat pengeluaran Anda. Salah satunya, rewards cashback saat isi bensin di SPBU.

5. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik

Mudik dengan kendaraan pribadi penting untuk memiliki asuransi kendaraan, dan usahakan yang memberikan proteksi lengkap terkait kecelakaan. Bukan cuma melindungi kendaraanbila terjadi kerusakan, kecelakaan, bencana alam, serta kehilangan, tapi juga yang menjaga keselamatan Anda dan keluarga seperti asuransi terpercaya MAG Comprehensive.

Perjalanan Anda dijamin aman dengan jumlah rekanan 528 bengkel yang siaga membantu roadside assistance selama 24 jam.

Tahun ini, Anda akan berangkat dengan transportasi umum? Maka, perlu untuk menyiapkan asuransi perjalanan.Sebab, proteksinya dapat melindungi Anda dari banyak hal tak terduga. Mulai dari keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan di bagasi, gangguan kondisi medis di tempat tujuan perjalanan, hingga terjadi kecelakaan.

Baca juga: Rekomendasi Terbaik Asuransi Kendaraan yang Mudah Klaim

6. Perlengkapan P3K

Isi Kotak P3K dengan obat-obat ringan, seperti minyak angin, rheumason, betadine, obat sakit kepala, losion nyamuk, dan obat anti mabuk.

Cek kembali tanggal kadaluarsanya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang naik transportasi umum, hanya saja bawalah obatan-obatan seperlunya atau dalam jumlah kecil sehingga tidak akan memberatkan barang bawaan Anda.

7. Hiburan

Perjalanan mudik terkadang memakan waktu berjam-jam dan bisa membuat Anda bosan saat berada di dalam kendaraan. Apalagi jika Anda terkena macet. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membawa buku bacaan, mendownload film atau game, dan mengisi folder musik yang ada di handphone dengan lagu-lagu favorit Anda. Hal ini bisa membuat Anda tak akan mati gaya dan mencegah stres selama perjalanan.

Setelah semua hal di atas sudah terpenuhi, pastinya mudik Anda akan jadi lebih tenang dan nyaman. Selamat melakukan perjalanan mudik lebaran!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama