7 Bandara Paling Berbahaya di Dunia!

Bandara–bandara international di rancang dengan standard keamanan dan desain yang bagus, tetapi bagaimana jika Anda harus tiba di bandara paling berbahaya seperti dibawah ini?

Bandara Terkenal

Pesawat pergi dari bandara terbang ke berbagai tempat. Mode transportasi ini adalah pilihan tercepat dan paling dapat diandalkan ketika sedang bepergian jauh sebab tidak memerlukan waktu tempuh yang lama. Tiket-tiket perjalanan udara pun tidak lagi semahal dulu. 

Sekarang banyak maskapai penerbangan menawarkan tiket murah ataupun promosi paket perjalanan ke sebuah tempat. Tidak heran banyak orang yang menyukai perjalanan menggunakan pesawat. Tetapi banyak juga dari kita tidak suka naik pesawat, mereka masih mengalami ketakutan ketika sedang berada di ketinggian dan terbang diatas langit. 

Bagaimana jadinya jika pesawat tersebut harus mendarat di bandara yang berbahaya seperti bandara yang dikelilingi bukit dan tebing menjulang? Kami memiliki 7 daftar bandara paling mengerikan di dunia, seberapa beranikah Anda untuk terbang dan mendarat di sana?

1. Princess Juliana International Airport, Saint Martin

Princess Juliana International Airport, Saint Martin

Bagaimana jika pesawat terbang di atas kepala Anda? Anda bisa merasakannya jika berkunjung ke pulau Karibia Saint Martin yang berada dalam wilayah negara bagian Belanda. Sebuah Bandara International bernama Princess Juliana terletak dekat dengan pantai yang di datangi banyak turis.

Bandara udara ini merupakan airport super sibuk dengan landasan pacu hanya sepanjang 2.180 meter. Struktur landasan yang pendek dan lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Maho menyulitkan para pilot untuk lepas landas. Pesawat yang datang mendekati pulau harus terbang sangat rendah.

Posisi pesawat hanya 20 meter di atas kepala turis yang sedang berjemur di pantai. Namun, tak jarang banyak yang memanfaatkan keadaan seperi ini layaknya sebuah hal yang menantang dan akses yang cukup mudah untuk menciptakan foto spektakuler disajikan untuk wisatawan. Siapkan kamera untuk berfoto dengan pesawat di atas kepala Anda.

2. Tenzing-Hillary Airport, Nepal

. Tenzing-Hillary Airport, Nepal

Bandara mengerikan berikutnya adalah bandara Tenzing-Hillary Airport, Nepal. Berlokasi di kota Lukla di timur Nepal, letaknya diantara pegunungan Himalaya dan berada di ketinggian 10.000 kaki.

Tenzing-Hillary Airport memiliki landasan pacu yang pendek dengan panjang landasan 460 meter dan lebar 20 meter. Selain itu yang membuatnya lebih mengerikan adalah landasan tersebut memiliki belokan yang tajam dan berujung ke tepi gunung dengan jurang menganga di bawahnya.

3. Kansai International Airport, Japan

Kansai International Airport, Japan

Bandara yang ketiga adalah Bandara internasional Kansai dibangun di atas sebuah pulau buatan dengan panjang 2,5 mil dan lebar 1,6 mil. Namun, dikatakan mengerikan karena lokasi bandara ini memiliki tingkat elevasi sangat rendah, selain itu sering terjadi gempa bumi, badai dan kondisi cuaca yang keras cukup untuk membuat para penumpang ketakutan.

4. Gisborne Airport, New Zealand

Gisborne Airport, New Zealand

Terletak di pantai timur Pulau Utara Selandia Baru, Bandara Gisborne terkenal karena memiliki jalur kereta api yang melintasi landasan. Bandara seluas 160 hektar ini memiliki tiga landasan pacu dari rumput dan satu landas pacu beraspal. Satu-satunya landas pacu beraspal ini dilewati oleh jalur kereta bernama Palmerston North milik Gisborne Railway Line.

5. Congonhas Airport, Brazil

Congonhas Airport, Brazil

Bandara ini berada tepat di pusat kota, dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit dan dekat dengan pemukiman penduduk. Pilot yang menerbangkan pesawat tidak boleh salah sedikit pun. Congonhas Airport namanya, berada di Kota Sao Paulo, Brasil. Jarak dari bandara ke pemukiman penduduk dan gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya hanya 5-8 km saja!

6. Paro Airport, Bhutan

 Paro Airport, Bhutan

Bandara ini juga berlokasi di kaki pegunungan Himalaya. Paro Airport merupakan satu-satunya bandara internasional yang ada di Bhutan. Anda harus bersiap-siap tegang selama proses pendaratan karena berlokasi pada ketinggian 1,5 mil di atas laut dan dikelilingi oleh tumbuhan pinus setinggi 18 ribu kaki.

Hanya terdapat 8 pilot di dunia yang lolos kualifikasi. Hingga Juli 2011, tercatat hanya ada satu maskapai penerbangan yang diperkenankan menggunakan fasilitas ini yaitu Druk Air.

7.Bandara Courchevel, Prancis, Pegunungan Alpen

Bandara Courchevel, Prancis, Pegunungan Alpen

Di bandara ini hanya pilot bersertifikat yang diizinkan mendarat atau lepas landas. Posisinya yang berada di wilayah Saint-Bon-Tarentaise, Pegunungan Alpen, Prancis, membuatnya masuk dalam kategori bandara paling berbahaya. Apalagi Courchevel memiliki bentuk landasan yang pendek, curam, dan kemiringan sekitar 18,5%.

Bagaimana, sudah siapkah Anda merasakan ketegangan saat terbang dan mendarat di ketujuh bandara ini! Silakan mencoba dan perhatikan apakah perjalanan tersebut dilengkapi dengan asuransi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama