6 Tips Memilih Wedding Organizer Secara Tepat

Kehadiran jasa wedding organizer (WO) bisa sangat membantu mewujudkan pesta pernikahan yang diinginkan oleh calon pengantin. Inilah 6 tips memilih WO secara tepat.

Setiap calon pengantin tentu ingin agar pesta pernikahannya berjalan sempurna. Mulai dari persiapan, akad nikah, hingga resepsi pernikahan.

Untuk membantu memudahkan segala sesuatunya, maka jasa wedding organizer (WO) adalah solusi tepat dalam mewujudkan keinginan calon pengantin.

Jika Anda memiliki bujet lebih, tak ada salahnya bila menggunakan jasa wedding organizer untuk membantu mewujudkan pesta pernikahan yang diidam-idamkan. Namun, untuk menentukan wedding organizer yang sesuai keinginan terkadang cukup membingungkan.

Tak jarang, wedding organizer mendapat kesulitan saat ingin merealisasikan keinginan calon pengantin. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus pintar-pintar memilih wedding organizer. Berikut adalah 6 tips memilih wedding organizer agar sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

1. Mencari Referensi

Langkah pertama dalam memilih wedding organizer secara tepat adalah melihat testimoni orang-orang yang bisa dipercaya. Anda bisa bertanya kepada teman, saudara atau bahkan rekan kerja, bagaimana kinerja serta hasil dari wedding organizer tersebut.

Cara lain memilih wedding organizer adalah mencarinya melalui internet. Lihatlah profil perusahaan, dokumentasi acara, dan penawaran paket-paket. Sesuaikanlah segala sesuatunya dengan bujet yang telah ditentukan sedari awal.

2. Melakukan Wawancara

Wawancaralah beberapa wedding organizer yang menjadi pilihan (tidak hanya satu). Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah wedding organizer tersebut cocok bekerja sama dengan Anda dan pasangan atau tidak.

Mendapatkan wedding organizer sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah, carilah yang paling bisa mengerti keinginan klien. Dengan melakukan wawancara, maka setidaknya Anda bisa menilai bagaimana kemampuan wedding organizer tersebut dalam menangani pesta pernikahan. 

3. Kemampuan Mengolah Konsep

Pernikahan adalah hari besar. Oleh sebab itu, sangat penting bagi wedding organizer untuk mengolah sebuah konsep pernikahan agar calon pengantin bisa membayangkan bagaimana indahnya hari besar tersebut.

Berikanlah konsep dasar yang Anda miliki dan biarkan mereka mengembangkannya. Anda bisa menilai kemampuan wedding organizer tersebut dengan membayangkan jika konsep pernikahan tersebut direalisasikan.

4. Fleksibel dengan Bujet

Anggaran atau bujet merupakan sesuatu yang penting dipertimbangkan dalam memilih wedding organizer. Seringkali dari pihak wedding organizer sudah mengajukan penawaran paket-paket layanan. WO yang baik akan mampu memaksimalkan bujet kliennya untuk menghasilkan pesta pernikahan berkesan.

Maka selama bujet Anda masuk akal, jangan ragu untuk mengajukannya pada pihak wedding organizer. Mintalah mereka mengajukan proposal berdasarkan bujet tersebut.

5. Kru Komunikatif

Pada dasarnya, jalinan kerja sama dengan siapapun akan melibatkan komunikasi antar manusia. Begitu pun jasa wedding organizer. Apalagi salah satu tugas mereka adalah menyukseskan hari besar, dimana tidak hanya untuk kedua pasangan, tetapi juga kedua belah pihak keluarga.

Cobalah untuk mengenal kru wedding organizer pernikahan Anda dengan meminta waktu bertemu atau sekadar bertanya melalui telepon. Dari situ Anda bisa tahu apakah layanan dan gaya komunikasi mereka cukup profesional.

6. Menguasai Keseluruhan Tugasnya

Sebuah wedding organizer profesional akan paham betul dan benar-benar menguasai tugas dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

Mereka harus menguasai segala sesuatu yang diperlukan di dalam pesta seperti gaun pernikahan, katering, dekorasi, suvenir, upacara adat dan juga konsep pernikahan tradisional maupun international.

Selain penjabaran di atas, tidak semua wedding organizer bisa menangani keseluruhan acara pernikahan. Berikut ini merupakan beberapa tipe wedding organizer yang bisa menjadi referensi Anda.

Full Service Wedding Organizer

Sesuai dengan namanya, wedding organizer tipe ini memang menangani seluruh rangkaian acara pernikahan dari awal hingga akhir. Mulai dari mendesain semua elemen, mengusulkan vendor-vendor terbaik, serta berkoordinasi dengan para vendor pendukung.

Jasa mereka sangat cocok untuk Anda dan pasangan yang berniat membuat pesta pernikahan berskala besar dan sangat detail.

Wedding Organizer A La Carte

Jika Anda memiliki banyak waktu dan memerlukan beberapa masukan, saran, atau solusi saat merencanakan pesta pernikahan, maka bisa menemui tipe wedding organizer ini. Anda dapat menggunakan jasa mereka sesuai kebutuhan.

Mereka bisa membantu mewujudkan ide Anda mengenai dekorasi, rekomendasi vendor, atau asisten untuk project yang spesifik. Mereka akan dengan senang hati membantu dan memecahkan persoalan dengan hitungan tarif per jam atau per project, tergantung kesepakatan.

Full Day Wedding Organizer

Jika memiliki teman atau keluarga besar yang akan membantu detail persiapan pesta pernikahan, maka tipe full day wedding organizer menjadi pilihan tepat. Mereka akan bertindak sebagai koordinator dan pelaksana, serta memastikan semua rangkaian acara di hari tersebut berjalan dengan lancar.

Wedding organizer tipe ini cocok untuk acara pernikahan yang simpel dan praktis.

Bagi Anda yang memutuskan menggunakan jasa wedding organizer, semoga artikel ini bisa menjadi referensi agar pernikahan berjalan lancar seperti yang diinginkan.

Baca juga: 5 Langkah Mewujudkan Resolusi Menikah di 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama