6 Tips Hemat Berbelanja Pakaian

Belanja pakaian memang menjadi salah satu hal menyenangkan. Namun bila dilakukan secara tidak cermat, bisa-bisa membuat kantong Anda jebol. Yuk, simak tips hemat berikut ini.

 6 tips hemat berbelanja

Salah satu cara mewujudkan kondisi keuangan sehat adalah berbelanja bijak. Tidak terkecuali saat belanja pakaian. Seperti diketahui pakaian adalah salah satu kebutuhan mendasar dari manusia. Selain untuk menutup bagian tubuh, pakaian juga dapat menunjang penampilan seseorang.

Sebetulnya, membeli pakaian tidak selalu harus mahal. Memang, ada harga ada kualitas. Namun, tidak selamanya hal tersebut berlaku terhadap pakaian. Kadang, Anda bisa menemukan pakaian mahal tapi tidak sesuai dengan kualitasnya, atau sebaliknya.

Tak jarang banyak orang yang menghabiskan uang dalam sekejap ketika berbelanja pakaian. Akhirnya mengakibatkan anggaran belanja membengkak sehingga melebihi jumlah yang ditargetkan.

Coba tetap kendalikan anggaran belanja Anda dengan 6 tips hemat berbelanja pakaian berikut ini.

Mencoba Pakaian Terlebih Dahulu

barang diskon

 barang diskon

Terkadang, sebagian orang enggan mencoba pakaian sebelum membeli. Karena itu, kemudian ia hanya membayarnya dan tidak lama kemudian ia mendapatkan pakaian yang dibeli ternyata ukurannya tidak pas, atau berbahan panas dan menyebabkan kulit gatal.

Mungkin, beberapa pakaian dengan ukuran tidak sesuai bisa ditukar. Namun, bagaimana jika pakaian tersebut adalah barang diskon yang tak dapat dikembalikan. Atau Anda membeli barang tersebut di tempat yang jauh dari tempat tinggal.

Kebiasaan seperti ini akan membuat Anda membeli barang yang kemudian tidak terpakai. Uang ratusan ribu yang dikeluarkan pun jadi sia-sia.

Jangan Mudah Tergiur Potongan Harga

 harga diskon,

Ketika berbicara potongan harga, baik diskon 50% ataupun 70%, tentu akan sama-sama menggiurkan. Hal ini seringkali menggiring Anda sebagai konsumen untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Parahnya lagi, apabila barang tersebut sebenarnya tidak diinginkan.

Cara paling ampuh agar tidak tergiur potongan harga adalah selalu menanyakan kembali pada diri sendiri, seberapa butuhkah Anda pada pakaian ini? Ketika tidak dengan harga diskon, apakah Anda akan membelinya?

Pertanyaan seperti itu perlu dijawab karena terkadang uang yang Anda habiskan bukan untuk membeli sehelai pakaian mahal, tapi untuk beberapa pakaian berharga murah yang tak terpakai.

Belilah Barang yang Benar-Benar Disukai

membeli pakaian

membeli pakaian

Tentu Anda sering melihat saran di berbagai media mengenai padu padan pakaian. Ujung-ujungnya, Anda akan disarankan untuk membeli pakaian yang dapat dipadu padan dengan banyak pakaian lain. Misalnya, celana berwarna hitam atau sepatu pantofel hitam.

Masalahnya, apakah Anda benar-benar orang yang menyukai celana berwarna hitam? Bagaimana jika lebih memilih sepotong rok berwarna merah? Pakaian yang paling Anda sukai pasti akan lebih sering Anda pakai ketimbang pakaian yang orang lain bilang lebih berguna.

Perhatikan Kualitas

QC project

Membeli pakaian layaknya seperti berinvestasi. Oleh karena itu, selalu belilah pakaian dengan kualitas baik. Pilihlah bahan yang kuat, tidak panas, dan akan sering Anda pakai. Begitu juga dengan kualitas resleting atau kancing. Semakin baik kualitas, biasanya akan bertahan lebih lama.

Pakaian berkualitas rendah dan cepat rusak akan membuat Anda lebih sering mengeluarkan uang untuk membeli yang baru.

Bandingkan Harga

 harga-harga pakaian

Sebelum memutuskan membeli pakaian yang sudah diincar, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk langsung membelinya.

Sebaiknya, bandingkan harga baju yang dijual di toko satu dengan toko lainnya. Siapa tahu Anda bisa menemukan pakaian yang diinginkan dengan harga jauh lebih murah.

Misalnya, mencari harga-harga pakaian di situs belanja online, Instagram, dan lain sebagainya. Jika mau sedikit berusaha mencari harga miring, maka Anda bisa berhemat beberapa puluh ribu.

Hitung Kembali

 jumlah anggaran

Sebelum memutuskan membayar pakaian, sebaiknya hitung kembali berapa jumlah anggaran yang harus dikeluarkan. Jangan sampai mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda berhemat dalam belanja pakaian. Anda tetap mendapatkan pakaian incaran, tapi tidak membuat kantong jebol.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Belanja Barang Bekas berkualitas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama