5 Tradisi yang Biasa Dilakukan Saat Natal

Setiap perayaan Natal selalu ada tradisi yang menarik untuk dilakukan. Apakah 5 tradisi dibawah ini sering Anda lakukan di Hari Natal bersama keluarga?

natal

Perayaan Natal hanya tinggal menghitung hari. Tahun ini Hari Natal jatuh di hari Jumat dan sekaligus dengan datangnya musim liburan. Tentunya ini menjadi saat-saat yang tepat untuk berkumpul bersama dan menikmati liburan dengan bersuka cita.

Lalu, apa saja yang biasa Anda lakukan di Hari Natal? Selain berkumpul bersama, saat perayaan Natal biasanya ada momen-momen spesial yang biasa orang-orang lakukan. Berikut ini adalah kebiasaaan atau tradisi yang biasa dilakukan ketika Hari Natal:

1. Menyiapkan Hidangan

hidangan natal

Sebuah pesta Natal tidak lengkap jika tidak ada hidangan istimewa. Biasanya hidangan yang disajikan ketika Natal diberbagai Negara umumnya berbahan dasar daging seperti kalkun, daging sapi, ham, dan daging babi yang dilengkapi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Jika di Indonesia masing-masing daerah pun memiliki hidangan khasnya sendiri seperti di Manado ada ayam rica-rica yang biasa tersaji ketika Natal. Ayam dengan sambal pedas disajikan bersama nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun. 

Jika di Ambon ikan kuah kuning menjadi makanan wajib saat perayaan Natal. terdiri dari ikan tuna atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit dan kapur dan biasa dipadukan dengan papeda makanan khas Ambon pengganti nasi.

Selain makanan ada juga aneka kue kering seperti kue putri salju, kue nastar, castengle, kue kacang serta kue jahe yang dihiasi dengan berbagai gambar hiasan khas Natal. Bagaimana dengan Anda? Hidangan apa yang biasa disajikan di meja makan saat perayaan Natal tiba.

2. Menghias Pohon Natal

Menghias Pohon Natal

Hari Natal identik dengan adanya Pohon Natal di ruang tamu Anda. Pastinya disetiap rumah tidak pernah ketinggalan untuk menghias pohon natal bersama-sama sebelum Hari Natal tiba. 

Pohon yang digunakan biasanya pohon pinus, tetapi di beberapa Negara pun jenis pohonnya berbeda-beda. Anda bisa menghiasnya dengan berbagai pernak-pernik dan lampu-lampu yang berkelap-kelip.

3. Mendekorasi Rumah

 Mendekorasi Rumah

Untuk menyambut kemeriahan Hari Natal Anda bisa mendekorasi ulang rumah menjadi lebih semarak. Tradisi ini juga yang bisa dilakukan kebanyakan orang ketika akan menyambut Hari Natal. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah Anda.

Seperti menghadirkan warna merah khas Natal ke dalam rumah, dengan berbagai hiasan di ruang tamu Anda. Taplak meja, gorden, ataupun karpet bisa Anda buat senada berwarna merah dan tambahkan juga hiasan pernak-pernik khas Natal. Anda bisa memasang lampu-lampu yang berkelap-kelip dipekarangan rumah untuk menambah semarak perayaan Natal.

4. Berbelanja

belanja natal

Tradisi ini selalu ada disaat setiap Hari Raya dan biasanya setiap pusat perbelanjaan mengadakan diskon besar-besaran. Tentunya berbelanja bersama keluarga merupakan momen spesial yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berbelanja berbagai keperluan Natal ataupun mencari kado spesial untuk keluarga dan kerabat.

Biasanya beberapa Mall mengadakan promosi besar-besaran dan berbagai promosi kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan. Tetapi Anda tidak boleh boros dan perhatikan kembali kebutuhan belanja serta penggunaan kartu kredit.

5. Bertukar Kado

kado natal

Ketika membuat pesta di Hari Natal pastinya tradisi bertukar kado tidak akan terlewatkan. Sambil berkumpul bersama dan saling bertukar kado antara semua anggota keluarga akan menciptakan keceriaan dan kehangatan.

Anda bisa menyiapkan berbagai jenis barang yang menarik untuk dijadikan kado spesial bagi orang-orang tercinta. Baca juga 8 Ide Kado Natal yang Berkesan untuk menambahkan referensi hadiah spesial Anda.

Itulah beberapa tradisi yang biasa dilakukan saat Hari Natal yang dapat membuat suasana semakin berkesan. Selamat bersuka cita menyambut perayaan Natal tahun ini.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Menghabiskan Malam Natal

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama