5 Pilihan Menu Makanan Pengganti Daging di Hari Raya Idul Fitri

Bingung dengan harga daging sapi melonjak tinggi? Mungkin saatnya Anda melirik beragam menu Lebaran berbahan lainnya. Berikut lima alternatif menu makanan lain yang tidak kalah lezatnya.

Kenaikan harga daging menjelang bulan Ramadahan membuat para pedagang dan juga para ibu rumah tangga “berteriak”. Daging merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada di hidangan lebaran. Harga daging sapi yang bagus merupakan jenis kualitas Primary cut dengan daging yang lembut dan lunak serta tidak berlemak yang dipasarkan mulai Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram. 

Daging sapi sendiri terdiri dari beberapa bagian yang sesuai untuk makanan tertentu. Di Indonesia salah satunya dikenal dengan istilah tanjung, sengkel, gandik ataupun sampil. Beberapa jenis daging tersebut biasanya banyak dipergunakan untuk jenis masakan rawon, dendeng, semur, ataupun rendang. 

Melonjaknya harga daging sapi saat Lebaran, ada baiknya Anda melirik beragam bahan masakan lain yang tidak kalah lezatnya. Berikut ini 5 alternatif untuk menggantikan harga daging yang mahal agar menu Idul Fitri tetap meriah.

Udang

Selain daging sapi, udang bisa juga menjadi salah satu alternatif pilihan di hari raya idul fitri. Udang ternyata juga memiliki gizi yang bagus lho. Namun perlu diingat, jika memiliki alergi terhadap makanan laut jangan terlalu mengonsumsi udang berlebihan.

Daging Ayam

Walupun anda terbiasa mengonsumsi daging ayam di kehidupan sehari-hari namun tak ada salahnya juga mengganti daging sapi dengan daging ayam. Kreasikan juga yuk pilihan menu ayam yang ingin di masak di hari lebaran seperti di buat rica-rica, di bakar atau pun di semur. Berbagai pilihan menu rasa yang bisa di buat dengan menggunakan daging ayam bisa di santap di hari lebaran dengan keluarga.

Ikan

Coba yuk tukar daging sapi dengan olahan menu makanan dengan sajian utamanya ikan. Bisa ikan gurame, ika kakap, ikan nila dan berbagai jenis ikan yang biasa di santap. Nilai gizi ikan tak akan kelah dengan daging sapi. Bahkan, menurut penelitian ikan memiliki kandungan protein dan gizi lebih banyak dari daging sapi. Namun jika anda menginginkan langsung menyantap aneka makanan yang berbau hidangan laut. Dengan diskon 20% bagi pengguna kartu kredit danamon anda bisa langsung segera mendatangi Dapur Seafood yang terletak di Jl Marina Raya No 26–27 Bukit Golf Mediterania Rukan Exclusive Bukit Golf Blok B, berlaku hingga 31 Desember 2016.

Daging Bebek

Mengganti daging sapi dengan daging bebek? Mengapa tidak! Mengonsumsi seporsi daging sapi dengan daging bebek ukuran sedang seperti paha atas bisa mengganti pola gizi daging sapi lho. selain itu, daging bebek juga memiliki manfaat yang lain seperti bisa memperbaiki sistem antibodi tubuh.  Namun, disarankan saja konsumsi daging bebek harus di batasi alasannya karena kandungan lemak bebek lebih tinggi dari pada daging sapi

Telur

Telur merupakan salah satu protein hewani yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, nilai gizi seporsi daging sapi juga bisa menggantikan 2 butir telur ayam negeri atau 5 butir telur puyuh.

Dari semua menu makanan pengganti daging sapi di hari raya Idul Fitri, Anda bisa menemukannya di semua outlet Lotte Mart dengan cicilan 0%. Namun promo ini hanya berlaku untuk kartu kredit Danamon. Selamat merayakan hari raya Lebaran dengan penuh sukacit.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Seafood Kaki Lima di Jakarta
Ini Dia Kartu Kredit yang Cocok untuk Hobi Kuliner

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama