4 Perbandingan Produk E-Money di Indonesia

Kehadiran e-money atau uang elektronik memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai. Inilah 4 perbandingan produk e-money di Indonesia.

Seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat semakin dimudahkan dalam hal bertransaksi. Salah satunya dengan kehadiran e-money atau uang elektronik.

Singkatnya, e-money adalah uang yang tersimpan dalam sistem seperti server atau chip dan terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet.

Menurut data dari Bank Indonesia, transaksi e-money dari waktu ke waktu terus meningkat. Pada tahun 2013 silam, total transaksi melalui e-money di Indonesia mencapai angka Rp 2 triliun. Setahun berikutnya, jumlah tersebut meningkat sebesar 29%.

Penggunaan e-money dapat memudahkan masyarakat, karena tak perlu lagi membawa sejumlah uang tunai.

Masyarakat bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi, mulai dari pembayaran online hingga menyimpan uang untuk keperluan seperti membayar tiket bus, tol, atau tagihan lainnya.

Dengan menggunakan e-money, semua transaksi akan menjadi lebih praktis dan mudah, karena menggunakan sistem prabayar.

Sebelum menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus menempatkan uang dalam jumlah tertentu. Setelah itu, baru Anda dapat melakukan transaksi dengan e-money.

4 Bank Penyedia Produk E-Money

Beberapa bank di Indonesia menghadirkan produk e-money dengan keunggulannya masing-masing. Inilah 5 bank penyedia produk e-money.

Bank Mandiri

Bank Mandiri menghadirkan produk e-money. Banyak keunggulan yang ditawarkan dari produk ini.

Salah satunya adalah Anda dapat melakukan transaksi untuk pembayaran tol dan pembayaran transportasi umum seperti Commuter Line Jabodetabek, Transjakarta, Transjogja hingga Batik Solo Trans.

Selain transportasi dan tol, Anda juga dapat menggunakan Mandiri e-money di berbagai merchant, seperti pom bensin bertanda khusus, minimarket, tempat rekreasi, hingga restoran seperti Solaria, Excelso, dan Es Teler 77.

Top up atau pengisian ulang Mandiri e-money dapat dilakukan melalui ATM Mandiri, merchant-merchant bertanda khusus, bahkan melalui aplikasi di smartphone Android. Anda dapat melakukan isi ulang hingga Rp 1 juta.

BCA

BCA juga turut meramaikan pasar e-money dengan menghadirkan Flazz BCA. Anda bisa bertransaksi di banyak merchant yang telah bekerja sama dengan BCA. Misalnya di tempat makan, restoran, minimarket (Indomaret dan Alfamart), hingga transaksi di pom bensin.

Anda juga dapat melakukan transaksi untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuter Line Jabodetabek dan Transjakarta.

Untuk pengisian ulang, Flazz BCA dapat dilakukan di ATM BCA Non Tunai atau di merchant bertanda khusus. Isi ulang Flazz BCA adalah minimal Rp 50 ribu hingga maksimal Rp 1 juta.

BNI

BNI menghadirkan produk e-money bernama TapCash. Dengan menggunakan produk ini, maka transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. TapCash BNI dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai tempat seperti TransJakarta, Commuter Line Jabodetabek, hingga e-Parking Reska.

Anda juga dapat menggunakannya di BNI UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek, Terminal Parkir Elektronik di lokasi tertentu, Kantin Prima Universitas Indonesia, Joger Bali, Kedai Kopi Kimteng, dan merchant lain berlogo TapCash.

TapCash dapat digunakan tanpa minimum transaksi dan dapat diisi ulang dengan maksimum saldo Rp 1 juta. Isi ulangnya sendiri dapat dilakukan di ATM Tunai dan Non Tunai BNI, mesin EDC di kantor cabang BNI atau merchant akseptasi TapCash.

Baca juga: Kemudahan Transaksi dengan Menggunakan EDC

BRI

BRI menghadirkan produk e-money bernama BRIZZI. Produk yang rilis pada akhir 2011 ini telah bekerja sama dengan banyak merchant.

Dengan menggunakan BRIZZI, Anda tidak perlu repot tentang uang receh ataupun uang kembalian. Karena semuanya telah tersimpan di dalam satu kartu yang terkoneksi dengan sebuah jaringan nirkabel.

Anda dapat melakukan isi ulang BRIZZI pada bank BRI ataupun bank-bank lain yang telah bekerja sama. Dana yang tersimpan dalam BRIZZI maksimal adalah Rp 1 juta dan dapat digunakan tanpa registrasi terlebih dahulu.

BRIZZI dapat digunakan di berbagai tempat. Di antaranya adalah Commuter Line Jabodetabek, Transjakarta, Indomaret, Alfamart, pom bensin Pertamina, dan masih banyak lagi. Produk e-money ini dapat dimiliki oleh siapapun, tanpa harus memiliki rekening BRI.

Itulah perbandingan masing-masing produk ­e-money yang dihadirkan oleh bank-bank di Indonesia. Kehadiran uang elektronik ini tentu memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Apakah Anda pengguna e-money dan sudah merasakan manfaatnya? Yuk, share di sini.

Baca juga: Wah, Asyiknya Menggunakan Uang Elektronik.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama